Menu
Buya Syafi'i Ma'arif sebut Donald Trump sebagai orang gila

Buya Syafi'i Ma'arif sebut Donald T…

Sleman-KoPi| Buya Ahmad...

Taiwan Higher Education Fair UMY tawarkan beasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Taiwan

Taiwan Higher Education Fair UMY ta…

Bantul-KoPi Universitas...

Sekdaprov Jatim ajak Kab/Kota ciptakan Skema Pembiayaan Terintegrasi

Sekdaprov Jatim ajak Kab/Kota cipta…

Surabaya-KoPi| Sekdapro...

Mendikbub belum berlakukan UN model esai

Mendikbub belum berlakukan UN model…

Jogja-KoPi|Menteri Pend...

Muhammadiyah menyatakan sikap terkait bencana lingkungan

Muhammadiyah menyatakan sikap terka…

Bantul-KoPi| Majelis Li...

Mendikbud meresmikan Museum dan Galeri Tino Sidin

Mendikbud meresmikan Museum dan Gal…

Jogja-KoPi|Menteri Pend...

Para orangtua harus pahami kebutuhan anak difabel

Para orangtua harus pahami kebutuha…

Bantul-KoPi|Pola asuh ana...

Konektivitas Virtual Global: Peringkat Indonesia dan Jokowi Meningkat

Konektivitas Virtual Global: Pering…

Yogyakarta-KoPi | Kemud...

Gus Ipul Apresiasi Program Kepemilikan Rumah Bagi Driver Gojek

Gus Ipul Apresiasi Program Kepemili…

Surabaya-KoPi| Wakil Gu...

Akbar Tanjung: Munaslub cara utama selamatkan Golkar

Akbar Tanjung: Munaslub cara utama …

Sleman-KoPi| Wakil Dewa...

Prev Next

Melihat cara kerja CIA dari kesaksian agen ganda Raul Capote

Melihat cara kerja CIA dari kesaksian agen ganda Raul Capote

KoPi| Dalam sebuah wawancara baru-baru ini di Havana, mantan kolaborator CIA-Kuba, Raúl Capote mengungkapkan strategi CIA masuk dalam jaringan perguruan tinggi di Venezuela untuk menciptakan jenis gerakan mahasiswa. Dia juga membahas manipulasi media dan menuduh bahwa salah satu diplomat AS diusir Presiden Maduro dari Venezuela September 2014 lalu, ternyata adalah seorang agen CIA. Berikut terjemahan dan catatan yang dibuat oleh Sabina C. Becker. Melihat modelnya, apakah di Indonesia juga diacak-acak dengan model yang sama oleh CIA ini?

Raúl Capote adalah orang Kuba. Tapi tidak sembarang orang Kuba. Di masa mudanya, ia direkrut oleh Badan Intelijen Pusat AS (CIA). Mereka menawarkan sejumlah uang yang tak terbatas untuk persengkongkolan di Kuba. Tapi kemudian berbalik menjadi tamparan bagi AS sendiri. Capote, dalam kenyataannya, bekerja untuk badan intelijen nasional Kuba. Rau Capote menjadi agen ganda. Berikut wawancara eksklusif dengan majalah Chavez Vive di Havana:

Tanya: Seperti apa prosesnya Anda menjadi agen CIA?

Semua ini dimulai melalui proses yang panjang seperti beberapa tahun persiapan dengan pendekatan dan kemudian merekrut.

Saya adalah pemimpin gerakan mahasiswa Kuba yang saat itu tengah melahirkan "The Saiz Brothers Cultural Association", yaitu sekelompok seniman muda seperti pelukis, penulis dan seniman lain.

Saya bekerja di sebuah kota di Kuba, Cienfuegos, yang memiliki karakteristik menarik bagi musuh Kuba. Tempat itu adalah kota di mana peyangga industri yang penting tengah dibangun. Mereka membangun pusat listrik, satu-satunya di Kuba, dan ada banyak orang muda yang bekerja di sana. Di sana banyak insinyur muda lulusan dari Uni Soviet.

Tahun itu sekitar 1980-an, ketika ada proses yang disebut Perestroika. Ada banyak insinyur yang pulang ke Kuba pada waktu itu dan dianggap kembali dengan ide Perestroika. Jadi, wilayah itu menjadi menarik, di mana ada banyak orang-orang muda.

Nah, saya adalah seorang pimpinan pemuda dari organisasi budaya, yang berurusan dengan sektor penting dan para insinyur yang tertarik di bidang seni. Itu menarik bagi orang Amerika Serikat, dan mereka mulai sering menghadiri pertemuan kami. Mereka tidak pernah mengidentifikasi diri mereka sebagai musuh, atau sebagai pejabat CIA.

Tanya: Berapa banyak mereka, atau hanya selalu orang yang sama?

Beberapa. Mereka tidak pernah menampilkan diri mereka sebagai agen CIA, atau sebagai orang yang datang untuk membuat masalah, atau apa pun.

Tanya: Anda mengira siapa mereka itu?

Mereka bilang datang untuk membantu kami dan proyek kami. Mereka bilang bisa membiayainya dan memberikan kesempatan untuk mewujudkan tujuan kami. Proposal, dengan demikian, terdengar menarik, karena, oke, sebuah proyek dalam dunia sastra mengharuskan anda tahu penerbit dan memiliki hubungan dengan editorialnya. Ini adalah pasar yang sangat kompleks. Dan mereka datang atas nama penerbit.

Apa yang terjadi adalah bahwa, selama proses kontak dengan kami, apa yang benar-benar mereka inginkan menjadi cukup jelas. Karena setelah mereka membuat kontak, setelah mereka mulai mengunjungi pertemuan kami, setelah mereka mulai menjanjikan pembiayaan, kemudian datang kondisi untuk dibiayai.

Tanya: Bagaimana kondisinya dan apa yang mereka tuntut?

Mereka bilang pada kami: Kami memiliki jaringan pasar yang bisa anda gunakan, untuk menempatkan diri anda di pasar buku atau patung atau film atau apa pun. Tapi kita perlu kebenarannya, karena apa yang kita jual di pasar, adalah gambaran Kuba. Citra Kuba harus mencerminkan realistasnya, kesulitan-kesulitannya, semua apa yang terjadi di negeri ini. Mereka ingin memoles realitas Kuba. Mereka minta kita mengkritik revolusi, berdasarkan anti-Kuba dengan jalur propaganda, yang mereka arahkan.

Tanya: Seberapa besar anggaran yang mereka bawa?

Jumlah uangnya tak terbatas. Karena sumber uangnya, jelas. Misalnya, ada USAID, yang merupakan penyedia besar, kontraktor keseluruhan anggaran ini disalurkan melalui LSM. Banyak program diciptakan hanya untuk Kuba. LSM mereka ciptakan untuk mendesain Kuba. Mereka menggunakan anggaran yang besar. Sebagai contoh, mereka pernah menawari saya sepuluh ribu dolar, hanya untuk memasukkan unsur propaganda anti-Kuba, dalam novel saya yang tengah saya tulis.

Tanya: Tahun berapa itu?

Sekitar 1988-1989.

Tanya: Berapa banyak yang mereka dekati dan terekrut?

Pada faktanya, keberhasilan mereka tidak berlangsung lama, karena di Kuba ada budaya konfrontasi total dengan hal semacam ini, dan orang-orang tahu benar bahwa ada sesuatu di balik cerita dari mereka yang ingin "membantu" kita. Itu bukan hal baru dalam sejarah negeri itu. Itulah mengapa sulit bagi mereka untuk sampai ke tempat kami.

Pada waktu yang ditentukan, sekitar tahun 1992, kami mengadakan pertemuan, semua anggota organisasi, dan kami memutuskan untuk mengusir mereka. Mereka tidak diizinkan untuk menghadiri lagi pertemuan kami. Orang-orang, yang sudah datang dengan usulan konkret, dan juga bantuan ekonomi aspal mereka yang diberikan pada kami. Setelah kami menolak dan mengusir mereka, mereka kemudian melakukan pendekatan personal. Mereka memulai, khususnya saya, dan kawan-kawan lainnya juga, orang-orang muda. Mereka mendapatkan hasil, merekrut diantara kami, di luar negeri juga.

Tanya: Kurang lebihnya apa yang mereka cari atau tentukan?

Pada saat itu, mereka menginginkan sebuah sajian yang menggambarkan Kuba sebagai negara yang penuh kekacauan. Bahwa sosialisme di Kuba tidak mampu memenuhi harapan masyarakat. Bahwa sosialisme mengakibatkan kemiskinan absolut. Mereka ingin sebuah model kegagalan sosialisme dan banyak orang tidak suka. Itulah intinya yang mereka kejar saat itu.

Tanya: Berapa lama Anda menjadi agen CIA?

Kami mulai dari tahun 1994. Pada tahun 1994, saya pergi ke Havana, saya kembali ke ibukota dan di sini, di ibukota, saya mulai bekerja untuk Serikat Pekerja Budaya, sebuah serikat modal yang mewakili pekerja budaya, dan saya menjadi lebih menarik bagi mereka, karena saya dikirm langsung - dari seorang pemimpin sebuah organisasi pemuda dengan 4.000 anggota, untuk mengarahkan serikat dengan 40.000 anggota, hanya di kota Havana. Dan itu jauh lebih menarik.

Dilanjutkan dengan kontak. Dalam periode itu muncul seorang profesor wanita dari sebuah universitas yang baru datang dengan misi memulai produksi karya sastra saya, untuk menjadi wakil saya, untuk mengatur acara.

Tanya: Dapatkah Anda menyebutkan namanya?

Tidak, karena mereka menggunakan nama samaran. Mereka tidak pernah menggunakan nama asli. Dan tugasnya mempromosikan saya sebagai penulis, tujuan mereka ingin mengkonversi saya menjadi pribadi di dunia itu. Mempromosikan saya , dan mengorbankan saya secara langsung.

Kemudian, pada tahun 2004, datang di Havana orang terkenal di Venezuela, Kelly Keiderling. Kelly datang ke Havana untuk bekerja sebagai Kepala Kantor Pers dan Kebudayaan. Mereka mengatur pertemuan. Mereka mengatur pesta koktail, dan di pesta itu saya bertemu dengan 12 fungsionaris Amerika Utara, Amerika Utara dan Eropa. Mereka tidak hanya Amerika Utara. Mereka adalah orang-orang dengan pengalaman, diantaranya pengalaman di Uni Soviet, juga yang telah berpartisipasi dalam pelatihan dan persiapan orang-orang di Yugoslavia, dalam Revolusi Warna, dan mereka sangat tertarik bertemu saya.

Kelly menjadi sangat dekat dengan saya. Dia mulai mempersiapkan saya. Dia mulai mengajar saya. Saya mulai mendapatkan pelatihan yang sangat padat: Penciptaan kelompok alternatif, kelompok independen, organisasi dan pelatihan kepemimpinan pemuda, yang tidak berpartisipasi dalam karya-karya lembaga kebudayaan kita.

Dan itu terjadi pada tahun 2004-2005. Kelly praktis menghilang dari tempat kejadian pada tahun 2005-2006. Dan ketika saya mulai bekerja, dia menempatkan saya di kontak langsung dengan para pejabat CIA. Seharusnya, saya sudah berkomitmen untuk mereka, saya sudah siap untuk misi berikutnya, dan mereka menempatkan saya berhubungan dengan Renee Greenwald, seorang pejabat CIA, yang bekerja dengan saya secara langsung, juga dengan seorang pria bernama Mark Waterhein, yang, pada saat itu, kepala Proyek Kuba dari Yayasan Pengembangan Pan-Amerika.

Orang ini, Mark, dikenal sebagai direktur Proyek Kuba, memiliki link langsung ke Kuba, dalam hal pembiayaan proyek anti-revolusioner, serta terlibat dalam pekerjaan melawan Venezuela. Artinya, dia adalah pria yang banyak bersama dengan tim fungsionarisnya proyek terkenal itu, juga bekerja melawan Venezuela pada waktu itu. Mereka berhubungan erat.

Pada saat itu, ia memberitahu saya tentang bagaimana saya harus bekerja dengan Kuba, dan yang tidak, karena seringkali mereka saling bertautan. Misalnya, ada Venezuela yang datang untuk bekerja dengan saya, yang bekerja di Washington, yang bawahan dari Pan-American Foundation dan CIA, dan mereka datang ke Kuba untuk melatih saya juga, dan untuk memberikan arahan. Dari sana muncul gagasan untuk menciptakan sebuah yayasan, sebuah proyek bernama Genesis.

Semua ini mungkin hanya rancangan, sebagai ide, banyak hal yang terjadi di dunia saat ini, karena sasarannya adalah proyek yang bertujuan untuk mahaiswa muda di universitas Kuba. Mereka melakukan sesuatu yang serupa di Venezuela. Mengapa? Idenya adalah untuk mengubah universitas - yang selalu revolusioner, yang telah menghasilkan semangat revolusioner.

Di dua negara ini merka datang - dan mengubahnya menjadi pabrik-pabrik yang reaksioner. Jadi, bagaimana Anda melakukannya? Dengan membuat pemimpin. Apa yang mereka lakukan di Venezuela? Mereka mengirim mahasiswa ke Yugoslavia, dibiayai oleh International Republican Institute (IRI), USAID dan oleh Institut Albert Einstein. Mereka dikirim dalam kelompok, sepuluh orang, bersama profesor mereka.

Tanya: Apakah Anda memiliki nama-nama di Venezuela?

Tidak, karena ratusan yang dikirim. Saya berbicara dengan profesor, dan menyaksikan salah satu kelompok dan diikuti yang lain. Karena mereka bekerja dalam jangka panjang. Rencana yang sama juga berlaku di Kuba. Modelnya dipromosikan, melalui universitas, rencana beasiswa pelatihan bagi para pemimpin mahasiswa Kuba dan profesor. Rencananya sangat mirip. Juga, pada tahun 2003, mereka siap di sini, di Havana, kuliah dengan minat AS, yang disebut “Deposing a leader, deposing a dictator”, yang didasarkan pada pengalaman Otpor dalam menghilangkan Slobodan Milosevic dari kekuasaan.

Itu idenya, di dalam universitas Kuba, bekerja dalam jangka panjang, karena proyek-proyek ini selalu memakan waktu lama untuk menuai hasilnya. Untuk alasan itu, mereka juga mengawali di Venezuela. Saya percaya juga - saya tidak punya bukti, tapi saya percaya bahwa di Venezuela itu dimulai sebelum pemerintahan Chavez, karena rencana konversi universitas di Amerika Latin, yang selalu menjadi sumber proses revolusioner, menjadi universitas reaksioner, lebih tua daripada proses Venezuela [Bolivarian], untuk membalikkan keadaan dan membuat sayap kanan baru.

Tanya: Apakah itu satu-satunya pekerjaan CIA di Caracas?

Tidak, seluruh Venezuela. Sekarang, Genesis memiliki rencana beasiswa untuk menciptakan pemimpin di Kuba. Mereka menyediakan beasiswa kepada siswa untuk universitas di Amerika Utara yang besar, untuk melatih mereka sebagai pemimpin, dengan semua biaya ditanggung. Mereka membayar biayanya, mereka memberikan beasiswa lengkap.

Kita bicara 2004-2005 di sini. Itu sangat jelas. Kemudian nanti, para pemimpin kembali ke universitas untuk beberapa waktu. Mereka siswa. Mereka pergi untuk sekolah. Para komprador itu, ketika mereka selesai, menempatkan diri ke berbagai pekerjaan, sebagai insinyur, atau pemegang di berbagai sektor masyarakat Kuba, tetapi ada orang lain yang ditempatkan untuk mempersiapkan ‘pemimpin’ di lingkungan universitas.

Salah satu misi yang paling penting dalam universitas adalah untuk menempati pimpinan organisasi pemuda utama universitas. Dalam kasus Kuba, kita sedang berbicara tentang Persatuan Pemuda Komunis, dan Federasi Mahasiswa Universitas. Artinya, itu tidak membuat grup paralel pada waktu itu, tetapi untuk menjadi pemimpin organisasi yang sudah ada di Kuba. Juga, untuk membentuk sekelompok pemimpin dalam strategi kudeta "lunak". Artinya, melatih orang-orang pada saat yang tepat untuk memulai yang dikenal sebagai "warna revolusi" atau "perang non-kekerasan", yang, seperti yang Anda ketahui, tidak ada hubungannya dengan non-kekerasan.

Tanya: Apa mereka juga mencari profesor di universitas dan direkrut?

Profesor sangat mudah. Mengidentifikasi profesor universitas yang puas dengan lembaga, orang yang frustrasi, karena mereka menganggap bahwa lembaga tidak menjamin mereka apa-apa, atau tidak mengakui jasa-jasa mereka padahal lebih senior, bahkan lebih baik. Mereka tidak menentukan. Carilah orang yang lebih tua, sehingga Anda dapat memilih mereka. Jika Anda mengirim rencana beasiswa, atau Anda kirimkan dan gagal di awal, mereka menerima undangan untuk berpartisipasi dalam kongres internasional besar ilmu tertentu, mereka akan berterima kasih kepada Anda, karena Anda adalah orang yang menemukan bakat mereka, yang tidak pernah diakui oleh universitas.

Kemudian Anda dikirim untuk belajar di luar negeri, jika Anda dari universitasnya, dan berpartisipasi dalam acara besar, dan mempublikasikan karya-karyanya, dan membangun kurikulum dirinya. Ketika orang itu kembali ke Kuba, dia kembali dengan kurikulum yang luar biasa, karena dia telah berpartisipasi dalam acara ilmiah urutan pertama, telah lulus program dari universitas besar, dan kurikulumnya sampai ke atap, maka pengaruh dia di universitas bisa akan lebih besar, karena ia dapat diakui sebagai seorang tokoh terkemuka dalam spesialisasinya, meskipun dalam prakteknya orang bisa menjadi bodoh.

Tanya: Dan seberapa efektifnya strategi dalam misi mereka di sini?

Dalam kasus Kuba, mereka tidak memiliki banyak hasilnya. Pertama, karena ada alasan yang paling penting, karena saya adalah orang mengarahkan proyek, dan saya, pada kenyataannya, bukan agen CIA, saya adalah agen keamanan Kuba, dan sebagainya. Seluruh proyek melewati tangan saya, dan mereka pikir saya adalah orang yang akan melaksanakannya. Dan rencananya selalu melewati pekerjaan yang bisa saya lakukan, dan apa yang kita lakukan ialah memperlambat itu turun sebanyak mungkin, mengetahui langsung apa yang sedang direncanakan.

Tapi coba pikir saja tujuan rencana mereka, mereka menghitung waktu di mana tokoh-tokoh bersejarah Revolusi akan menghilang. Mereka menghitung jangka lima atau sepuluh tahun, di mana Fidel akan menghilang dari panggung politik, dan Raúl, dan para pemimpin bersejarah mati. Itu adalah saat yang mereka tunggu, dan ketika itu terjadi, saya meninggalkan universitas, dengan semua dukungan dari pers internasional dan LSM, USAID, dan semua orang yang bekerja di sekitar uang CIA, dan bahwa akan muncul sebuah organisasi yang akan lahir dengan sendirinya sebelum masyarakat sadar, sebagai alternatif untuk apa Revolusi lakukan. Itulah apa yang akan terjadi dengan "Genesis, Founding for Freedom."

Tanya: Apa sasaran dari yayasan itu?

Sasaran Freedom Institute adalah untuk menguasai wacana, tampak seperti revolusioner, tetapi ide ini adalah untuk membingungkan rakyat. Idenya adalah bahwa mereka akan mengatakan mereka revolusioner, bahwa apa yang mereka inginkan adalah untuk membuat perubahan dalam pemerintahan, tapi, ketika hadir dalam pelatihan, ketika Anda mendapatkan esensi dari proyek, Anda bertanya pada diri sendiri "Proyek apaan ini ? "wacana itu, dan proyek ini, persis sama dengan orang-orang dari sayap kanan tradisional. Karena perubahan yang mereka promosikan, yang sama bahwa sayap kanan, untuk waktu yang lama, telah dipromosikan di negara ini.

Dalam prakteknya, mereka hampir memiliki kesempatan besar itu seperti sasaran yang ingin dicapai, saat itu tahun 2006, ketika Fidel keluar di berita TV, karena alasan kesehatan, mengundurkan diri dari tanggung jawab pemerintah, dan mereka selalu mengatakan bahwa Revolusi Kuba akan mati ketika Fidel meninggal. Karena Revolusi adalah Fidel, dan pada hari Fidel tidak lagi ada, baik dengan mati atau meninggalkan pemerintah, hari berikutnya Revolusi akan jatuh. Dan mereka menghitung bahwa akan ada konfrontasi internal, bahwa akan ada ketidakpuasan dengan ini atau itu. Perhitungan yang saya tidak tahu dari mana mereka peroleh, tetapi mereka percaya itu. Dan pada saat itu, mereka percaya bahwa sudah waktunya untuk bertindak.

Tanya: Kita bicara tentang 2006, apa rencananya?

Mereka menelepon saya secara otomatis. Kami bertemu, kepala pangkalan CIA dan saya, di sini di Havana. Fungsionaris diplomatik juga muncul, dan salah satu dari mereka berkata kepada saya, kita akan mengatur provokasi. Kita akan mengatur pemberontakan rakyat di lingkungan pusat di Havana. Akan ada orang yang pergi ke sana untuk bangkitkan demokrasi, dan kita akan mengeksekusi sekelompok provokasi, di lokasi yang berbeda, sedemikian rupa bahwa pasukan keamanan Kuba akan dipaksa untuk bertindak melawan orang-orang ini, dan kemudian kami 'akan memulai kampanye pers besar dan mulai menjelaskan bagaimana semua ini akan berfungsi.

Bagian yang menarik dari itu, apa yang benar-benar menarik perhatian saya, adalah ini: Bagaimana mungkin bahwa pejabat Bagian Kepentingan AS bisa memiliki kekuatan untuk memanggil media utama, dan bahwa orang-orang akan mematuhi dengan perbudakan seperti itu? Itu benar-benar menarik perhatian. Idenya adalah - dan saya bahkan mengatakan kepada mereka ini - apa kau gila. Orang ini yang Anda sebutkan kepada saya, yang disebut ALCI Ferrer - orang yang mereka ambil, seorang agen muda, dokter - mereka memilih dia untuk menjadi biang keladi pemberontakan.

Saya katakan kepada mereka, orang itu tidak mau mengalah pada siapa pun. Tidak ada yang akan bangkit di pusat Havana. Tanggal yang mereka pilih tak lain adalah ulang tahun Fidel, dan mereka mengatakan kepada saya hari itu! Dan aku katakan,

"Dengar, sobat, jika orang itu, pada hari itu, memutuskan untuk pergi membuat pernyataan, atau untuk memulai semacam pemberontakan di tengah-tengah Havana, orang-orang akan merespon keras. Itu bahkan, mereka mungkin membunuhnya. Mengapa, bagaimana Anda bisa menempatkannya di lingkungan kelas pekerja sederhana untuk memulai hal-hal itu di penduduk setempat ... "

Dan dia bilang, Flat, hal terbaik bagi kita adalah jika mereka membunuh orang itu, itu akan menjadi sempurna, dan mereka menjelaskan kepada saya apa yang akan terjadi. Semua yang harus ia lakukan adalah memprovokasi. Mereka akan pergi ke jalan, dan akan ada bentrokan di sana.

Jika itu terjadi, pers akan melakukan sisanya, dan mereka mengatakan kepada saya, kita akan memulai kampanye di media besar untuk menunjukkan bahwa ada kekacauan di Kuba, bahwa Kuba bisa diatur; bahwa di Kuba, Raul tidak dapat memegang kendali pemerintahan; bahwa penduduk sipil dibunuh; bahwa siswa sedang ditekan di jalan, dan orang-orang di jalanan, bahwa polisi melakukan kejahatan. Apa kemiripan dengan Venezuela! Ini bukan suatu kebetulan. Semua seperti itu.

Tanya: Jadi, apa yang seharusnya terjadi dalam situasi seperti itu?

Setelah semua matriks opini diciptakan, dan semua matriks media telah membangun gambaran Kuba, seluruh dunia seharusnya akan melihat citra Kuba sebagai sumber bencana besar, bahwa mereka membunuh orang-orang, bahwa mereka membunuhi rakyat. Kemudian, organisasi saya akan menyelesaikan tugas akhir.

Tanya: Tugas akhir seperti apa?

Nah, untuk mengumpulkan pers internasional, dalam kapasitas saya sebagai seorang profesor universitas, dan sebagai penulis, dan sebagai pemimpin organisasi, saya pergi keluar secara terbuka meminta pemerintah Amerika Serikat untuk campur tangan di Kuba, untuk menjamin kehidupan warga sipil dan membawa perdamaian dan ketenangan bagi rakyat Kuba. Untuk berbicara dengan negara atas nama rakyat Kuba. Bayangkan saja!

Rencana tersebut runtuh. Tidak ada hasil, tetapi Anda bisa melihat, kemudian di Libya, dan cara itu digunakan. Lebih dari 80% dari informasi yang kita lihat, fabrikasi (palsu). Mereka melakukan hal yang sama di Suriah, dan mereka melakukan hal yang sama di Ukraina. Saya memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan banyak kawan Ukraina, karena mereka berada di pangkalan.

Orang-orang yang mendukung menyatukan dengan Eropa. Saya mencoba untuk berbicara dengan mereka hari ini. Mencoba untuk mencari tahu, apa proses-prosesnya seperti ini? Dan mereka terkejut melihat gambar yang ditransmisikan di seluruh dunia. Apa yang terjadi di Miami, dan mereka sendiri yang bilang begitu, tapi kami sudah protes ke sana, tapi hal-hal yang muncul di TV, itu sebuah kelompok, atau lebih tepatnya, ada sektor-sektor, ada tempat di mana ada kelompok-kelompok sayap kanan, dari paling kanan, di mana ada insiden dari tipe tersebut, di mana mereka membakar sesuatu, tetapi sebagian besar demonstrasi tidak memiliki karakteristik tersebut. Atau bahwa ini adalah, sekali lagi, pengulangan skema, menggunakan semua media komunikasi.

Tanya: Hubungan antara CIA dan kedutaan di setiap negara apakah bersifat langsung?

Ya, benar-benar langsung. Dalam setiap kedutaan di Amerika Latin, semua kedutaan AS memiliki pejabat CIA, bekerja dalam diri mereka, dengan menggunakan fasad (tameng)dari fungsionaris diplomatik.

Tanya: Dari yang Anda tahu, apakah ada kehadiran CIA yang lebih besar di wilayah tersebut?

Nah, pada saat tertentu, Ekuador merupakan kekuatan utama dalam hal itu, memiliki konsentrasi yang kuat atas mereka, dan tentu saja, Venezuela, karena pada tahun 2012, ketika saya menghadiri Pameran Buku di Caracas, semua orang yang telah bekerja dengan saya di Kuba, semua pejabat CIA, termasuk Kelly Keiderling, berada di Caracas pada waktu itu. Dan saya berada di sebuah acara TV, pada VTV, di mana kita berbicara tentang subjek ini, menjadi sangat berhati-hati, karena kita berbicara tentang dua negara yang memiliki hubungan.

Itu tidak terjadi dengan Kuba, atau lebih tepatnya, Kuba tidak memiliki hubungan dengan Amerika Serikat. Itu sudah jelas. Tapi kami berbicara tentang fungsionaris yang memiliki hubungan diplomatik, dan itu sangat canggung untuk melakukannya, tanpa bukti konkret Anda bisa hadir. Namun, wawancara terjadi, dan kecaman itu terbuat dari apa yang sedang terjadi. Kelly Keiderling adalah seorang ahli dalam jenis perang ini. Saya tidak memiliki keraguan sedikit pun. Ketika seseorang mengikuti jadwal dia, di negara-negara di mana dia dan ketika saya berada di satu jenis konflik.

Dia telah melakukan serangkaian tur negara di dunia, di mana situasi yang sangat mirip telah terjadi, seperti apa yang ia coba lakukan di Venezuela. Dan ketika Anda menganalisis Venezuela, dan apa yang terjadi saat ini, atau cara di mana ia bertindak. Saya berpikir bahwa di Venezuela, karakteristik mereka sangat agresif dalam memanipulasi informasi. Sangat-sangat agresif.

Ke titik di mana Anda mengatakan itu blunder, karena ada gambar yang begitu jelas tidak dari Venezuela. Saya melihat salah satu yang sangat terkenal, di mana seorang tentara muncul dengan wartawan, dengan kamera. Berlangsung di Korea. Ini adalah gambar dari Korea. Mereka Asia. Mereka tidak terlihat seperti Venezuela sama sekali. Juga, seragam yang mereka kenakan. Mereka sudah sangat agresif dengan image yang telah diproyeksikan apa yang terjadi di Venezuela ke dunia. Sebagian besar dari penduduk dunia, gambar ini adalah salah satu yang mereka lihat, dari apa yang mereka katakan.

Tanya: Mereka mengendalikan media. Apakah Anda tahu ada kasus jurnalis seperti yang Anda lihat, yang dikenal atau tidak dikenal, yang telah Anda lihat dalam proses pelatihan?

Tidak

Tanya: CNN, misalnya?

Tidak, ada seorang pria yang memiliki banyak hubungan dengan saya pada saat itu di sini, yang memberikan semacam link untuk bertemu seorang pejabat dari CIA, Antony Golden, dari Reuters. Tapi, baiklah, dia adalah unsur independen Reuters. CNN selalu dikaitkan sangat erat dengan semua hal ini.

CNN, dari saat pertama operasinya, di atas semua langkah terbaru ini, dan di atas semua, CNN en Español, telah menjadi alat yang sangat diperlukan untuk orang-orang ini, tapi masalahnya adalah bahwa Anda harus memahami satu hal: untuk memahami apa yang terjadi, dan untuk dapat meningkatkan kampanye, Anda harus memahami bahwa saat ini, tidak ada stasiun TV yang bertindak sendiri.

Ada konglomerat, dan konglomerat perusahaan media - yang mengarahkan mereka? Karena, misalnya, Time Warner dan AOL, dan semua perusahaan-perusahaan media besar - TV kabel, TV film, TV secara umum – yang ada adalah bos, pada akhirnya?

Berikut ini Westinghouse, ada itu General Electric. Hal yang sama yang membangun pesawat tempur, industri senjata AS yang sama, orang yang sama yang adalah pemilik dari jaringan TV, studio film, publikasi, penerbit buku. Jadi, orang yang sama yang memproduksi pesawat tempur, biskuit yang akan anda makan di malam hari, yang menyajikan seorang artis untuk Anda, adalah sama yang menguasai surat kabar dari seluruh dunia. Siapa orang-orang ini yang mampu menjawab?

Tanya: Ketika Anda melihat apa yang terjadi di Venezuela, dan Anda membandingkannya dengan apa yang Anda lakukan di sini [di Kuba], apa kesimpulan yang dapat Anda gambarkan?

Ini adalah strategi baru, mereka telah mengembangkan berdasarkan pengalaman mereka di seluruh dunia, tapi saya melihat, saya yakin, bahwa mereka hanya mendapatkan hasil ketika orang-orang di tempat-tempat itu tidak mendukung revolusi. Mereka berhasil dengan Milosevic, karena Milosevic adalah seorang pemimpin Yugoslavia yang citranya telah jatuh jauh, berkat hal-hal yang terjadi di Yugoslavia.

Hal yang sama terjadi di Ukraina, karena Yanukovych adalah tokoh dengan dukungan rakyat yang sangat sedikit, dan hanya memberikan hasil di tempat-tempat lain di mana pemerintah memiliki sedikit dukungan dari rakyat. Di mana pun mereka memiliki pemerintahan yang sah, pemerintahan yang solid, dan orang-orang dibuang untuk mempertahankan revolusi, rencana tersebut telah gagal pada mereka.

Tanya: Dan fase apa yang mereka lanjutkan ketika rencana gagal?

Mereka akan terus melakukannya, mereka akan terus menyempurnakan itu. Kami adalah musuh. Artinya, Venezuela, Kuba, segala sesuatu yang terjadi di Amerika Latin sebagai alternatif. Kami adalah para pembangkang dunia. Kita hidup di dunia yang didominasi oleh kapitalisme.


Dimana model Neo- kapitalis mendominasi, sehingga sekarang bahkan kita tidak bisa menyebutnya imperialis, itu adalah sesuatu yang baru, sesuatu yang berjalan jalan di luar apa yang penganut Marxisme tulis dalam sejarah tahun lalu.

Ini sesuatu yang baru, baru. Ini kekuatan, praktis global, perusahaan trans-nasional besar, orang-orang megalopolies yang mereka buat. Oleh karena itu, kita adalah musuh. Kami sedang melakukan presentasi proyek alternatif. Sebuah solusi yang dunia mengusulkan kepada kita, bukankah seperti itu. Kita tahu bagaimana melakukannya, dan Kuba, Venezuela, negara-negara ALBA, telah menunjukkan bahwa hal itu dapat dilakukan.

Revolusi Kuba telah ada selama 55 tahun, dan dengan kemauan politik, telah mencapai hal-hal yang pemerintah AS, dengan semua uang di dunia, belum mampu dilakukan. Jadi itu adalah contoh buruk.

Dan saya sudah katakan pada murid-murid saya: Dapatkah Anda membayangkan kemarahan di Spanyol, ribuan dan jutaan pekerja yang kehilangan pekerjaan di Spanyol, juga orang-orang Yunani, bahwa semua orang di seluruh dunia, tahu apa yang kita lakukan? Dapatkah Anda bayangkan bahwa orang-orang ini bisa tahu siapa Chavez? Atau siapakah Fidel? Atau hal yang kita lakukan di sini?

Atau hal-hal yang kita lakukan dengan hanya sedikit sumber daya, hanya keinginan untuk melakukan revolusi dan berbagi kekayaan? Apa yang akan terjadi pada kapitalisme? Berapa lama lagi kapitalisme, harus menghabiskan miliaran dolar, setiap hari, untuk membangun citra dan membodohi orang-orang? Apa yang akan terjadi jika orang-orang tahu siapa kita sebenarnya? Seperti apa sebenarnya Revolusi Kuba, dan apa yang terjadi pada Revolusi Venezuela?

Karena, jika Anda berbicara dengan orang Spanyol dan bertanya tentang Chavez, dia memberikan pendapat mengerikan tentang Chavez, karena semua itu telah mereka bangun dalam pikirannya . Dan jika Anda bertemu orang yang menganggur mereka akan katakan pada Anda bahwa Chavez adalah orang jahat –karena media telah meyakinkannya itu, tetapi jika orang-orang ini tahu bagaimana sebenarnya, mereka tidak bisa membiarkan itu sebagai musuh tangguh.

Tanya: Dari sudut pandang kedaulatan nasional rakyat kita, bagaimana kita bisa menghentikan CIA? Kami sudah berbicara tentang kesadaran orang-orang, yang merupakan hal mendasar dalam sebuah aksi, tetapi, seperti berdiri di depan beton, bagaimana seseorang bisa mengenali oprasi CIA? Apa yang bisa dilakukan? Rekomendasi apa yang Anda miliki?

Saya pikir, seperti Chavez bilang, bahwa Fidel selalu mengatakan, kunci untuk mengalahkan kekaisaran, adalah "PERSATUAN". Ini bukan slogan, itu kenyataan. Ini satu-satunya cara Anda mengalahkan proyek seperti itu. Sebuah proyek yang berasal dari Special Services dan dari kapitalisme. Kita hanya bisa melakukannya dengan Rakyat yang Bersatu.

Tanya: Apakah kita berbicara tentang sipil-militer?

Ya, kesatuan dalam semua indra. Persatuan berbasis di keragaman, dalam masyarakat, tetapi kesatuan sebagai bangsa, kesatuan sebagai sebuah proyek. Dimanapun orang dibagi, ada kenyataan lain.

Tanya: Di mana mereka harus berkonsentrasi? Di bidang atau kekuatan apa yang harus mereka konsentrasikan untuk melawan serangan seperti itu?

Saya percaya bahwa pengalaman Kuba telah mengajarkan dengan sangat baik. Ada pengalaman di dunia yang menandai Anda dengan sangat jelas. Apa yang terjadi di dunia, ketika orang-orang belum protagonis dalam membela Revolusi? Dan ketika orang-orang telah protagonis, apa yang terjadi? Dan ada kasus Kuba. Kami telah berhasil mengalahkan CIA dan kekaisaran , karena orang-orang telah protagonis.

Tanya: Apakah CIA menggunakan database dari jaringan sosial, dan hal semacam itu, untuk menentukan rencana mereka?

Mereka adalah master. Mereka adalah master dari semua itu. Baik, ada pembatalan dari Snowden atau semua yang datang dari Wikileaks, dan semua hal tidak ada rahasia kepada siapa pun, karena kita dicurigai, tapi sudah dibuktikan.

Ini bukti bahwa server Internet adalah milik mereka. Semua server di dunia, pada akhirnya, dikendalikan di server Amerika Utara. Mereka adalah ibu dari Internet, dan semua jaringan dan jasa dikendalikan oleh mereka. Mereka memiliki akses ke semua informasi. Dan mereka tidak ragu-ragu untuk merekamnya. Facebook adalah sebuah basis data yang luar biasa. Orang-orang meletakkan segala sesuatu di Facebook. Siapa teman Anda? Apa yang selera mereka, film apa yang mereka lihat? Apa yang mereka konsumsi? Dan itu adalah sumber informasi langsung.

Tanya: Anda pernah kontak dengan Kelly Keiderling, setelah apa yang terjadi di Venezuela?

Tidak, saya tidak punya kontak dengan dia. Saya tidak tahu apa yang menjadi tujuan terakhirnya, setelah apa yang terjadi (ia diusir dari Venezuela setelah kepergok membiayai terorisme).

Tanya: Dengan pengalaman dia, sejauh ini ia mampu menembus ke Venezuela, dan universitas Venezuela?

Saya yakin bahwa dia mendapat cukup banyak. Dia agen yang sangat cerdas, sangat siap, sangat mampu, dan sangat yakin apa yang dia lakukan. Kelly adalah orang yang yakin akan pekerjaan yang dia lakukan. Dia yakin adilnya, dari sudut pandangnya, apa yang dia lakukan. Karena dia adalah perwakilan tanpa syarat kapitalisme.

Karena dia berasal dari elit kapitalisme. Dia organik dari aksi yang dia lakukan. Tidak ada kontradiksi apapun. Dan, berdasarkan pengalaman dari pekerjaannya, kemampuan dia, saya yakin bahwa dia berhasil mendapatkan hasil yang sangat jauh, dan memberikan kontinuitas untuk pekerjaan yang tidak hanya untuk saat ini, pekerjaan dia itu akan terus dilakukan untuk waktu yang lama, untuk membalikkan proses di universitas-universitas di Venezuela.

Apa yang terjadi adalah bahwa sampai titik apa pun yang mereka bisa mencapai, dalam jangka panjang, itulah yang akan menunjukkan proses Bolivarian, dalam ukuran yang orang-orang menyadari apa yang bisa terjadi. Jika sayap kanan fasis menjadi tak terkendali, itu bisa menjadi kekuatan lagi.

Tanya: Apakah dari jenis orang yang memiliki jaringan dan aktifis gerakan, LSM bisa digunakan oleh CIA?

Mereka akan menemukannya, mereka akan mencoba untuk melakukannya. Jika orang muda dan calon pemimpin, mereka akan mencoba untuk memanfaatkan mereka untuk kepentingan mereka. Kita harus melatih para pemimpin kita. Kita tidak bisa mengabaikan untuk hal-hal yang spontanitas, kita tidak bisa meninggalkannya untuk musuh.

Jadi, jika kita meninggalkan mereka untuk musuh, mereka punya ruang yang musuh akan menempati. Setiap proyek alternatif yang kita tinggalkan tanpa pengawasan, setiap proyek alternatif yang kita tidak menyadari perlunya semakin dekat merupakan proyek yang musuh akan mencoba, dengan segala cara, untuk mengambil keuntungan darinya. Menggunakan uang besar yang mereka miliki untuk itu, yang tidak terbatas, juga sumber daya yang akan digunakan. Karena mereka bermain dengan masa depan atas proyek itu semua, jadi, kaum muda adalah kunci.

Bahwa ada hal yang baik dari anak muda masa kini dari Amerika Latin. Revolusi Amerika Latin yang ada, yang di mana-mana, adalah dukungan kaum muda. Jika tidak, tidak akan pernah ada hasil. Dan jika Anda berhasil membuat orang muda berpikir secara berbeda, jika Anda berhasil dalam mendapatkan anak-anak ini meyakini bahwa kapitalisme biadab adalah solusi untuk semua masalah mereka, maka tidak akan ada revolusi Latin Amerika. Ya hanya sederhana itu.

back to top