Menu
Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredaran Tembakau Gorila di Yogyakarta.

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredara…

Sleman-kopi| Direktorat R...

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ketat Dengan Terjunnya 29 Ekor Anjing Pelacak dan Body Scanner.

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ke…

Sleman-KoPi| Komandan sat...

Prev Next

Awas Sindrom Mata Komputer!

Awas Sindrom Mata Komputer!
Surabaya – KoPi | Di era digital seperti sekarang ini, hampir setiap hari kita berhadapan dengan layar komputer atau telepon pintar. Berdasarkan penelitian The Vision Council Amerika Serikat, gangguan kesehatan mata di antara pekerja yang menggunaan komputer terus meningkat.

Menurut dokter spesialis mata dari Erry Dewanto Center, Dr. Erry Dewanto, Sp.M., gangguan kesehatan mata akibat terlalu lama di depan layar komputer disebut computer eye syndrome. “Komputer, tablet, telepon seluluer, dan semua alat elektronik yang memiliki layar bisa menyebabkan mata lelah. Gejala itu disebut dengan computer eye strain,” ungkap Dr. Erry.

“Biasanya jika orang terlalu lama beraktivitas dengan komputer atau telepon seluler, gejala yang paling sering dikeluhkan adalah mata kering, merah, pandangan buram, sakit kepala, pegal di leher, pundak, dan punggung,” sambung Dr. Erry.

Hal tersebut tentu saja berefek pada meningkatnya kesalahan kerja dan menurunkan produktivitas. Karena itu, dokter spesialis mata yang berpraktek di Surabaya, Mojoagung, dan Warujayeng tersebut berbagi beberapa tips untuk meminimalkan resiko computer eye syndrome.

A. Pemeriksaan Mata Komprehensif

“Hal pertama dan paling penting dilakukan adalah melakukan pemeriksaan mata secara komprehensif. Ini untuk mencegah computer eye syndrom semakin parah,” kata Dr. Erry.

Dr. Erry menyarankan, untuk pekerja yang sering berada di depan layar komputer, pemeriksaan mata sebaiknya dilakukan satu tahun sekali. Selain itu, sebaiknya pasien juga menjelaskan kepada dokter seberapa sering ia menggunakan komputer, baik di kantor maupun di rumah.

B. Gunakan Pencahayaan yang Tepat

Computer eye syndrome umumnya terjadi ketika mata menegang akibat terlalu banyak cahaya yang masuk ke mata. Cahaya matahari dari luar ataupun lampu ruangan yang terlalu terang bisa berakibat buruk pada mata. Karena itu, sebaiknya atur pencahayaan ruangan secara seimbang.

Hal itu bisa dilakukan dengan mengurangi cahaya berlebih dari luar ruangan menggunakan tirai. Ruang kerja seharusnya juga tidak terlalu banyak menggunakan lampu fluoroscent. Sebaiknya jangan posisikan layar komputer tepat di bawah lampu fluoroscent. Jika memungkinkan, posisikan layar komputer sehingga cahaya dari jendela datang dari samping, bukan dari belakang atau depan layar.

C. Meminimalkan Pantulan Cahaya

Panutlan cahaya dari dinding serta dari layar komputer sendiri bisa meningkatkan terjadinya computer eye syndrome. Akan lebih baik jika Anda memilih layar komputer yang memiliki teknologi anti-glare. Mengecat dinding dengan warna yang sedikit gelap juga bisa membantu mengurangi terjadinya computer eye syndrome.

D. Upgrade Layar Komputer

Jika Anda masih menggunakan layar komputer berbentuk tabung, sebaiknya segera ganti dengan layar LCD. LCD memberi tekanan lebih kecil pada mata dan biasanya memiliki permukaan anti-pantulan.

Layar yang baik adalah yang memiliki ukuran cukup besar. Ukuran terbaik untuk komputer meja adalah setidaknya 19 inch. Jika Anda sudah menggunakan layar LCD, setel ke resolusi tertinggi untuk mengurangi tekanan pada mata.

E. Mengatur Setelan Layar Komputer

Setelan layar komputer yang tepat dapat membantu mengurangi tekanan pada mata. Setel kecerahan layar hingga sama terang dengan sekeliling Anda. Untuk ukuran teks, pilih yang paling nyaman untuk mata. Selain itu, mengurangi temperatur warna juga dapat mengurangi tekanan pada mata.

F. Sering Berkedip

Berkedip sangat penting bagi mereka yang bekerja di hadapan layar komputer, karena dapat melembabkan bola mata. Saat orang menatap layar komputer, mereka berkedip lebih jarang dan menyebabkan mata lebih cepat kering. “Untuk mengurangi resiko mata kering, bisa melakukan olahraga mata ringan. Caranya, setiap 20 menit kedipkan mata sebanyak 10 kali sepelan mungkin, seperti mau tidur. Dengan itu, bola mata bisa kembali dibasahi,” saran Dr. Erry.

G. Olahraga Mata

Penyebab lain dari computer eye syndrome adalah mata terlalu lelah berfokus. Melihat obyek di tempat jauh dapat melemaskan otot mata dan mengurangi kelelahan. Dr. Erry menyarankan melakukan aturan 20-6-20. Caranya, alihkan pandangan dari layar komputer setiap 20 menit sekali dan tatap obyek yang jauh (setidaknya 6 meter) selama 20 detik.

H. Istirahat Secara Teratur

Untuk mengurangi computer eye syndrome, terutama kaku di leher, pundak, dan punggung, ambil istirahat rutin selama menggunakan komputer. Lakukan istirahat dengan bangkit berdiri dari kursi kerja, berjalan, merenggangkan tangan, kaki, leher, dan pundak.

I. Memakai Kacamata Komputer

Saat ini ada banyak produk kacamata yang dapat membuat lensa kacamata khusus untuk bekerja di depan komputer. Untuk kenyamanan selama bekerja menggunakan komputer, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kacamata khusus untuk komputer, terutama jika Anda menggunakan lensa kontak. Lensa kontak dapat mempercepat mata kering karena aliran udara ke bola mata tersendat. Hubungi dokter spesialis mata langganan Anda untuk mendapatkan saran terbaik. | Amanullah Ginanjar W.

back to top