Logo
Print this page

Smartphone mengacaukan jam tidur remaja

Smartphone mengacaukan jam tidur remaja

Inggris-KoPi, Akademisi Universitas Hertfordshire menemukan bahwa sinar biru yang memancar dari smartphone dan tablet dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang.

Ada banyak remaja yang manghabiskan waktu dengan berbaring di tempat tidur sembari berkirim pesan dan melihat akun jejaring sosial mereka sebelum mereka tidur setiap malamnya—ternyata, hal ini dapat merusak istirahat malam yang berkualitas.


Akademisi Universitas Hertfordshire menyatakan kepada BBC Newsbeat: “Sinar biru yang berasal dari perangkat tersebut menekan produksi hormon melatonin yang dapat mempengaruhi tidur seseorang, maka dari itu, sangatlah penting untuk menghindari pancaran sinar biru tersebut sebelum tidur”.


Umumnya, remaja diharuskan untuk beristirahat malam selama 9 jam. Akan tetapi, penggunaan smartphone dan tablet sebelum tidur membuat waktu istirahat malam menjadi berkurang.


“Ini sangat mengkhawatirkan karena istirahat malam yang kurang dari tujuh jam itu, yang berada dibawah aturan istirahat yang semestinya, dapat beresiko menimbulkan berbagai masalah seperti meningkatnya resiko penambahan berat badan, serangan jantung, diabetes dan kanker,” papar Profesor Wiseman.

 


(Ana Puspita Sari)
Sumber: The Independent

© 2016 www.koranopini.com (PT Proyeksi Indonesia Grup). All rights reserved.