Menu
Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Pakar UGM Ajak Masyarakat Memanen Air Hujan

Pakar UGM Ajak Masyarakat Memanen A…

Jogja-KoPi| Pakar Hidrolo...

BKP: Indonesia Fokus Pada Peningkatan Kompetitifitas Produk Agrikultur

BKP: Indonesia Fokus Pada Peningkat…

Bantul-KoPI|Pada tahun 20...

UNIVERSITAS MENYAMBUT R.I KEEMPAT

UNIVERSITAS MENYAMBUT R.I KEEMPAT

Oleh Moh. Mudzakkir(Dosen...

Pakde Karwo : 2/3 Perguruan Tinggi Swasta Sumbangkan Kaum Intelektual di Jatim

Pakde Karwo : 2/3 Perguruan Tinggi …

Surabaya-KoPi| Sebanyak 2...

Pengungsi Korban Gempa di Gumantar Banyak Terserang Ispa

Pengungsi Korban Gempa di Gumantar …

Lombok-KoPi| Sebanyak 30 ...

Prev Next

Ini trik-trik menghadapi anak yang susah makan

Ini trik-trik menghadapi anak yang susah makan
Susahnya membuat anak-anak mau makan! Keluhan tersebut sering dilontaran para ibu. Anak-anak sering kali rewel soal makanan, apalagi terhadap bahan makanan yang baru mereka jumpai. Namun, mengenalkan anak-anak pada bahan makanan dan jenis masakan baru sebenarnya penting untuk tumbuh kembang mereka.

Bagi ibu-ibu yang merasa anak-anaknya suka rewel dan pilih-pilih makanan, berikut beberapa tips dari The Daily Meal yang bisa membuat mereka melahap masakan Anda.

Mencoba masakan baru bersama keluarga

Ada idiom di Indonesia yang berbunyi: Makan tidak makan yang penting kumpul; dan itu benar adanya. Acara makan bersama keluarga pasti membuat suasana jauh lebih menyenangkan. Pada momen seperti ini, lebih baik matikan televisi dan jangan menjawab telepon atau pesan singkat, supaya keluarga lebih berkonsentrasi pada acara makan. Saat seluruh keluarga makan bersama, anak-anak lebih cenderung mau mencoba makanan baru. Selain itu, acara makan bersama membuat suasana yang lebih santai dan gembira. Cobalah berdiskusi mengenai rasa makanan untuk mendapat masukan.

Mengenalkan rasa baru lewat kudapan sehat

Anak-anak suka sekali jajan atau mengudap. Bahkan, mereka lebih menyenangi kudapan daripada makan makanan berat. Apalagi kudapan yang manis. Jurus ini bisa ibu pakai untuk mengenalkan jenis makanan baru, misalnya buah dan sayuran. Anak-anak akan lebih mau mencoba jenis makanan baru tersebut jika rasanya manis. Kombinasikan buah atau sayuran dalam kudapan manis, misalnya dalam puding atau es krim. Ajak juga mereka untuk memilih buah dan menyiapkannya.

Beri bentuk baru yang unik

Kadang makanan yang biasa kemudian dibentuk baru bisa membuat anak-anak tertarik. Cobalah membuat porsi kecil makanan yang biasa Anda masak, lalu sajikan di wadah kecil yang imut. Selain itu, porsi yang lebih kecil membuat mereka merasa lebih mudah menghabiskannya.

Tambahkan jenis makanan baru pada masakan yang mereka sukai

Sekalipun pada anak-anak yang rewel soal makanan, pasti ada masakan yang mereka sukai. Cobalah masukkan bahan makanan baru pada masakan tersebut. Misalnya, tambahkan kacang polong pada mie, atau taburkan parutan keju pada nasi goreng mereka. Jujurlah pada anak tentang apa yang Anda tambahkan, dan selalu masukkan sesuatu yang baru. Suatu saat mereka akan menerimanya atau bahkan akan penasaran pada rasa baru masakan kesukaan mereka.

Buat tekstur yang mudah dicerna

Selain bahan makanan baru, anak-anak juga perlu belajar mengenai tekstur makanan baru. Kenalkan puree buah atau sayuran pada anak-anak yang bukan pengunyah yang baik, atau yang lebih suka menyimpan makanan dalam mulutnya. Dengan cara ini, mereka bisa merasakan makanan tersebut tanpa harus mengunyahnya. Setelah mereka menyukai rasanya, buatlah puree tersebut lebih kasar, dan pelan-pelan kenalkan mereka pada potongan yang lebih besar, hingga mereka mau mencoba makanan tersebut seutuhnya.

Reporter: Amanullah Ginanjar Wicaksono

Sumber: thedailymeal.com

 

back to top