Menu
Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredaran Tembakau Gorila di Yogyakarta.

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredara…

Sleman-kopi| Direktorat R...

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ketat Dengan Terjunnya 29 Ekor Anjing Pelacak dan Body Scanner.

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ke…

Sleman-KoPi| Komandan sat...

Prev Next

Binatang peliharaan bantu tingkatkan kemampuan sosial anak autis

Binatang peliharaan bantu tingkatkan kemampuan sosial anak autis
KoPi| Bagi beberapa orang, binatang peliharan tidak hanya sekedar menjadi teman bermain yang lucu. Mereka kadang sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga. Namun, baru-baru ini diketahui memiliki binatang peliharaan ternyata mampu membantu perkembangan anak.
 

Memiliki binatang peliharaan mampu membuat anak mengembangkan rasa empati, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawab. Lebih jauh lagi, binatang peliharaan, terutama anjing, diketahui mampu membawa manfaat pada anak yang menderita autisme.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh beberapa peneliti dari Unviersity of Misouri, binatang peliharaan, khususnya anjing, mampu menjadi “pelumas sosial” bagi penderita autisme. Memelihara anjing mampu membangun kepercayaandiri dan ketegasan dalam berinteraksi dengan orang lain.

Gretchen Carlisle, peneliti dari Unviersity of Misouri meneliti 70 keluarga yang memiliki anak dengan autisme. Hampir 70 persen keluarga yang berpartisipasi dalam penelitian Carlisle memiliki peliharaan anjing, sedangkan setengahnya memiliki kucing. Beberapa keluarga memiliki peliharaan lain, seperti burung, ikan, binatang pengerat, kelinci, dan reptil.

Carlisle menemukan bahwa anak-anak dengan autisme cenderung lebih bersedia melakukan interaksi sosial ketika berada di dekat binatang peliharaan. “Kalau saya bandingkan, kemampuan sosial anak dengan autisme yang memiliki peliharaan anjing  lebih tinggi. Meski demikian, data yang saya temukan juga menemukan bahwa anak-anak yang memiliki peliharaan apa pun lebih mau berinteraksi sosial,” ungkap Carlisle dalam penelitiannya.

Interaksi sosial tersebut termasuk mengenalkan diri, bertanya dan mencari informasi, atau merespon pertanyaan orang lain. Interaksi sosial tersebut umumnya sulit dilakukan oleh anak-anak dengan autisme. 

Carlisle mengatakan kepercayaandiri anak-anak tersebut lebih besar ketika mereka tinggal bersama binatang peliharaan. Dari pengamatannya, anak-anak dengan autisme mengembangkan ikatan paling kuat dengan anjing kecil. Namun, para orangtua juga melaporkan bahwa anak-anak mereka juga menyukai binatang lain seperti kucing dan kelinci.

“Memiliki anjing merupakan hal yang bagus bagi beberapa anak dengan autisme, namun mungkin bukan pilihan terbaik bagi beberapa anak lain. Anak dengan autisme sangat individualis dan unik, jadi peliharaan lain mungkin juga sama menguntungkannya dengan anjing,” ujar Carlisle.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Unviersity of Queensland pada tahun 2013 anjing yang dilatih secara khusus, kuda, serta binatang lain mampu memfasilitasi interaksi sosial pada anak autis. Selain itu, binatang peliharaan juga membantu menurunkan stress dan masalah perilaku. |The Huffington Post

 

back to top