Menu
Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Prev Next

5 Wanita Tertua di Dunia dan Rahasia Mereka

5 Wanita Tertua di Dunia dan Rahasia Mereka
KoPi | Mencapai umur 100 tahun selalu dianggap sebagai sebuah pencapaian. Namun lebih luar biasa lagi jika mereka tetap hidup sehat di atas usia 100 tahun. Para supercentenarian, sebutan mereka, lahir sejak abad 19. Mereka telah menjalani hidup di dalam dua Perang Dunia dan melihat bagaimana perang bintang antara Amerika dan Uni Soviet. Apa sebenarnya rahasia mereka? Berikut jawabannya.
 

Okawa Misao, 116 tahun, Jepang

Okawa Misao lahir di Jepang pada tahun 1898 dan saat ini menjadi warga tertua di Jepang. Centenarian asal Jepang lain, Kimura Jiroemon, meninggal pada tahun 2013 lalu. Meskipun sudah sangat sepuh, Okawa masih menggemari sushi, dan makan makanan tersebut setidaknya satu kali sebulan. Apa rahasia panjang umurnya? “Makan dan tidur akan membuatmu berumur panjang. Belajarlah untuk santai,” pesannya pada The Telegraph pada ulang tahunnya yang ke 116 lalu. Okawa mengatakan tidur 8 jam sehari memberinya kesehatan dan umur panjang.

Gertrude Weaver, 116 tahun, Arkansas

Weaver menjadi orang tertua di Amerika Serikat. Ia merayakan ulang tahunnya yang ke 116 pada 4 Juli lalu, bersamaan dengan Hari Kemerdekaan Amerika. Meskipun tinggal di panti werda, ia masih sangat aktif. Ia mengatakan bahwa keyakinannya pada Tuhan yang membuatnya berumur panjang. “Ikutilah Tuhan. Jangan ikuti orang lain. Taatlah dan ikuti hukum, jangan khawatir pada hal lain. Saya mengikuti-Nya selama bertahun-tahun dan saya tak pernah merasa lelah,” ujarnya pada Camden News.

Jeralean Talley, 115 tahun, Michigan

Salah satu supercentenarian asal Amerika. Jeralean Talley kini hidup bersama putrinya dan sering bermain bersama cicit-cicitnya, bahkan sering memancing bersama mereka. Bagi Talley rahasia umur panjang adalah: "Perlakukan orang lain sebagaimana dirimu ingin diperlakukan". Nasehat yang bagus, Oma.

Susannah Mushatt Jones, 115 tahun, New York

Meskipun sudah berusia 115 tahun, Susanna Mushatt Jones mengaku tidak membatasi makannya. Ia tetap menyukai bacon dan telur dadar untuk sarapannya. Satu-satunya kemunduran dalam fisiknya adalah kebutaan karena glaukoma. Rahasianya berumur panjang: selalu memakai pakaian yang trendi! “Kamu tak akan pernah terlalu tua untuk memakai pakaian trendi,” ungkapnya pada majalah TIME.

Emma Morano-Martinuzzi, 115 tahun, Italia

Morano-Martinuzzi lahir tepat sebelum pergantian abad, yaitu pada November 1899. Dietnya yang tidak lazim konon menjadi rahasia umur panjangnya. Pada usia 20 tahun, seorang dokter memberitahu Morano-Martinuzzi untuk memakan satu telur mentah dan satu telur matang setiap hari. Hal itu ia lakukan sampai hari ini. selain itu, ia mengatur makan malamnya, hanya minum segelas susu. Baginya, tidur yang cukup juga menjadi kunci hidup sehat selama seratus tahun. Ia dengan patuh mengikuti tradisi “tidur awal, bangun lebih pagi”; tidur pukul 7 malam dan bangun sebelum pukul 6 pagi.

 

back to top