Menu
Teroris mencoba mengebom Masjidil Haram

Teroris mencoba mengebom Masjidil H…

Makkah-KoPi| Aksi teroris...

Segera daftarkan kompetisi usaha kreatif  SOPREMA sebelum tutup 9 Juli 2017

Segera daftarkan kompetisi usaha kr…

Jogja–KoPi| Ratusan peser...

Mosul segera akan dibebaskan dari cengkeraman ISIS

Mosul segera akan dibebaskan dari c…

Baghdad-KoPi| Pembebasan ...

Instagram desainer muslimah Jogja kena hack

Instagram desainer muslimah Jogja k…

Yogyakarta-KoPi | Akun me...

Basarnas minta masayarakat cepat hubungi lewat Call Center 115 bila ada masalah

Basarnas minta masayarakat cepat hu…

Bantul-KoPi|Plt Kepala Ba...

KASAD SAFARI RAMADAHAN DI AKADEMI MILITER

KASAD SAFARI RAMADAHAN DI AKADEMI M…

Akmil – Kepala Staf Angka...

Basarnas siagakan anggotanya mengawal liburan Idul Fitri1438

Basarnas siagakan anggotanya mengaw…

Bantul-KoPi|Badan SAR Nas...

PLN janjikan tak ada pemadaman listrik selama lebaran di Jateng dan DIY

PLN janjikan tak ada pemadaman list…

Jogja-KoPI|PLN Jawa Tenga...

Inilah 5 alasan PLN mencabut subsidi istrik

Inilah 5 alasan PLN mencabut subsid…

Jogja-KoPi| Audi Damal, M...

Wakil Rektor UMP jadi Doktor ke-40 UMY

Wakil Rektor UMP jadi Doktor ke-40 …

Bantul-KoPi| Wakil Rektor...

Prev Next

10 hal tentang KOPI dan satu diantaranya mampu melihat hantu

10 hal tentang KOPI dan satu diantaranya mampu melihat hantu

 

KoPi| Di Amerika, lebih 50% penduduknya minum kopi dan terus meningkat setiap tahunnya. Di Indonesia pun kopi adalah minuman yang sangat digemari. Tetapi tahukah Anda, bahwa kandungan kopi memiliki banyak hal bagi tubuh kita, termasuk melihat hantu?

 

Kopi adalah biji yang penuh misteri. Banyak kandungan dalam biji kopi yang memberikan efek beragam pada tubuh manusia. Sebagian lain berefek positif dan di sisi lain berefek negatif. Dan ternyata kopi tidak hanya memiliki kandungan kafein, para peneliti terus bekerja untuk membongkar misterinya.

 

Sebuah studi, misalnya, menunjukkan perempuan yang minum empat cangkir kopi per hari memiliki risiko 20% lebih rendah terkena depresi dibandingkan mereka yang minum secangkir atau kurang per minggu.

 

Berikut adalah 10 hal tentang kopi yang wajib Anda ketahui. Sengaja kami pecah menjadi dua kelompok positif dan negatif.

Positif:

1. Kopi adalah obat nyeri

Bila anda memutuskan berhenti meminun kopi, itu bisa menjadi penyebab sakit kepala dan gejala nyeri yang lain. Bahkan bila Anda bukan peminum kopi yang biasa. Kafein sesungguhnya membantu mempercepat hilangnya rasa sakit. Menurut WebMD, kafein dapat menghilangkan rasa sakit 40% lebih efektif dalam mengobati sakit kepala, dan juga mempercepat reaksi tubuh terhadap obat-obatan. Inilah sebabnya mengapa banyak obat sakit kepala memiliki unsur kafein.

2. Kanker tidak menyukai kopi

Mungkin diksi benci tidak terlalu cocok, jadi penggunaan kalimat "tidak menyukai" lebih tepat di sini. Tentu, banyak penelitian yang menunjukkan korelasi antara minum kopi dengan penurunan risiko terkena kanker; tarif oral / faring, esofagus, payudara, hati dan kanker prostat. Hasil riset menunjukkan kecenderungan lebih rendah terkena kanker di kalangan peminum di Jawa. Masalahnya, memang harus ada penelitian lebih lanjut yang bisa membuktikan secara signifikan.

3. Kopi kemungkinan memiliki efek pencegahan terhadap diabetes tipe 2

Sementara studi tentang hubungan antara meminum kopi dan kanker bukan hal yang terlalu menarik, Frank Hu seorang epidemiologi dari Havard menyebutkan data tentang kopi dan diabetes tipe 2 "cukup solid," hal itu didasarkan pada lebih dari 15 studi terbaru yang diterbitkan:

Sebagian besar penelitian mereka menunjukkan manfaat kopi pada pencegahan diabetes. Dan sekarang ada juga bukti bahwa kopi tanpa kafein mungkin memiliki manfaat yang sama dengan kopi biasa.

Hu mengatakan manfaat minuman ini mungkin kuncinya pada saat penyajian yang mendidih yang berisi kandungan antioksidan dan mineral -mineral magnesium dan kromium, khususnya, dianggap membantu tubuh memanfaatkan hormon insulin, yang membantu tubuh Anda mengatur gula darah.

4. Menghalau gangguan kognitif

Meminum kopi juga telah lama dikaitkan dengan resiko penurunan kognitif, seperti demensia, terutama penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 dan diikuti oleh peminum tetap kopi selama 20 tahun, menemukan bahwa dari 1.400 orang, mereka yang melaporkan minum 3-4 cangkir kopi per hari adalah 65% lebih kecil kemungkinannya terkena demensia dan penyakit Alzheimer ketimbang mereka yang hanya minum 2 cangkir atau kurang.

Negatif

5. Penyebab sakit kepala

Ternyata ada penelitian lain yang tampaknya bertentangan satu sama lain bahwa kopi menyebabkan sakit kepala.

Ambil penelitian ini, misalnya, diterbitkan pada tahun 2009 dalam Journal of Headache dan Pain. Para penulis menemukan hubungan antara konsumsi kafein yang tinggi (~ 500 mg / hari) dan prevalensi sakit kepala , tetapi mereka juga menunjukkan bahwa gejala sakit kepala kronis (lebih dari 14 hari / bulan) yang sebenarnya lebih sering terjadi pada konsumen kafein rendah sampai sedang (~ 125mg kafein / hari). (Sebagai titik acuan, kopi diseduh tinggi dari rata-rata Starbucks sekitar 270 mg kafein.) Para penulis menulis bahwa "hasilnya mungkin menunjukkan bahwa perubahan konsumsi kafein tinggi sakit kepala kronis menjadi sakit kepala jarang terjadi." Dengan kata lain: menggoreng mungkin ide yang baik untuk menghasiilkan ambang batas yang dibutuhkan dalam kopi.

6. Kopi meningkatkan kolesterol

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007 di fakultas kedokteran Baylor menetapkan bahwa menelan molekul cafestol dan kahweol (keduanya ditemukan secara eksklusif dalam biji kopi) dapat menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam kadar LDL manusia.

Tapi kabar baiknya: sesungguhnya filter kertas kopi dapat mengikat cafestol dan kahweol dalam proses pembuatan bir, sehingga molekul tidak pernah sampai ke cangkir pagi Anda dalam jumlah besar. Dengan kata lain, kopi benar-benar hanya meningkatkan kolesterol Anda jika Anda lebih suka tanpa menyaringnya.

7. Kopi bikin maag

Jika Anda pernah sakit maag, Anda tahu bagaimana menyakitkannya terkena maag. Kopi dapat mendatangkan malapetaka pada lapisan saluran pencernaan Anda, sehingga menimbulkan bisul dan bentukkerusakan lain seperti iritasi lambung . Tambahkan saja ke faktanya bahwa minum kopi sering menyebabkan kecemasan dan mudah tersinggung.

8. Kopi bikin gugur kandungan

Sejumlah penelitian menunjukkan korelasi antara konsumsi kopi pada ibu hamil dan kemungkinan peningkatan keguguran.
Sebuah penelitian pada tahun 2008 di American Journal of Obstetri dan Ginekologi, menemukan bahwa risiko keguguran, dua kali lipat memimpa pada wanita yang mengkonsumsi lebih dari 200 mg atau lebih kafein per hari. 200 mg / hari dari batas kafein yang direkomendasikan oleh American College of Obstetricians dan Gynecologists.

9. Kopi bikin kita pup

Bayangkan saja, Anda tengah berkumpul bersama teman-teman -dan ketika kopi disuguhkan lalu Anda teguk, tiba-tiba Anda merasa mulas dan harus pup. Pasti tidak asik suasananya.
Patut Anda ketahui, kopi adalah stimulan yang merangsang gerak peristaltik yang menyebabkan kontraksi otot saluran pencernaan Anda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Gut:

Adanya respon yang cepat (dalam waktu empat menit setelah minum kopi), menunjukkan tindakan tidak langsung pada usus besar karena tampaknya tidak mungkin bahwa kopi akan mencapai usus besar saat ini baik melalui lumen usus atau aliran darah. Kami menduga bahwa kopi dapat menyebabkan "respon gastrocolonic" dengan bertindak pada reseptor epitel pada lambung atau usus kecil. Mekanisme tersebut dapat dimediasi oleh mekanisme saraf atau hormon gastrointestinal. Kopi telah ditunjukkan untuk mempromosikan rilis Gastrin yang dapat meningkatkan lonjakan kolon dan aktivitas motorik.

10. Kopi dan halusinasi

Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Durham pada tahun 2009, menemukan bahwa orang yang mengonsumsi setidaknya 315 mg kafein (sekitar tiga cangkir kopi diseduh), sehari tiga kali, cenderung untuk berhalusinasi daripada peminum kopi biasa. Melihat sesuatu, mendengar suara-suara, dan merasakan kehadiran hantu adalah pengalaman yang dilaporkan oleh peserta tes dan dihitung sebagai "halusinasi" oleh para peneliti.

Menurut para peneliti, pertanyaan utamanya adalah: apakah halusinasi akibat dari minum kopi, ataukah memium kopi membantu mereka berhalusinasi?

Setidaknya ada penelitian yang dilakukan oleh peneliti Harold Koenigsberg pada tahun 1993, tampaknya menguatkan kesimpulan.

Koenigsberg dan rekan-rekannya menemukan bahwa kafein, diberikan secara intravena untuk menguji peserta selama tidur mereka, memiliki efek penasaran yang merangsang halusinasi penciuman. Ketika peserta tes terbangun, mereka melaporkan mengalami berbagai bau aneh. Salah satu peserta bahkan melaporkan mencium aroma seperti "plastik atau kopi dibakar.| Robert T. Gonzalez

back to top