Menu
Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi| Gunung Merapi...

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran Persediaan Beras, Gula, dan Minyak Goreng di Yogyakarta Aman.

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran …

Jogja-KoPi| Perum Bulog d...

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan Pokok di Jatim Dipastikan Aman

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan…

Surabaya-KoPi|Menjelang b...

Prev Next

Terpana di hadapan Sang Buddha dan Dewi Welas Asih

Terpana di hadapan Sang Buddha dan Dewi Welas Asih
Surabaya - KoPi | Sebagai kota pesisir, Surabaya memiliki banyak tempat wisata dengan tema pantai dan laut. Tempat-tempat wisata tersebut menawarkan berbagai tema, mulai dari taman hiburan, wisata kuliner, desa nelayan, hingga kawasan religi.

Salah satu ikon pariwisata di pesisir pantai Surabaya yang sekaligus menjadi tempat religi adalah wihara Sanggar Agung yang terletak di dalam kawasan wisata Kenjeran Park. Patung Buddha Empat Wajah (Four Faced Buddha) telah menjadi tujuan wisata yang sangat terkenal. Wisatawan lokal maupun mancanegara kerap mendatangi tempat ini.

Sering ada wisatawan dari luar negeri seperti China dan Thailand yang datang untuk berwisata sekaligus berdoa di wihara tersebut.

Daya tarik wihara Sanggar Agung ini ada pada dua patung raksasa yang dimilikinya. Pertama adalah patung Buddha Empat Wajah yang berada di luar wihara. Seperti namanya, patung Buddha dengan gaya Thailand ini memiliki empat wajah yang menghadap ke empat penjuru angin dan delapan tangan. Empat wajah tersebut menggambarkan sifat kebaikan sang Buddha, yaitu murah hati, pengasih, adil, dan meditasi. Sedangkan delapan tangan melambangkan kekuatan sang Buddha.

Sedangkan daya tarik ke dua adalah patung raksasa Dewi Kwan Im yang berada di dalam wihara Sanggar Agung. Patung setinggi 20 meter tersebut terletak tepat di pinggir laut. Mengapa dibangun di pinggir laut? Karena patung ini dipersembahkan untuk Bodhisatva Kwan Im Laut Selatan. Konon patung ini dibangun setelah seorang karyawan Sanggar Agung melihat sosok wanita berjubah putih yang berjalan di atas air saat menutup wihara pada malam hari. Sosok tersebut dipercaya sebagai penampakan Dewi Kwan Im.

Patung Dewi Kwan Im ini dikawal oleh dua penjaga, yaitu Shan Nan dan Tong Nu. Selain itu, di kedua sisi patung tersebut ada patung empat Maharaja Langit Pelindung Empat Penjuru Dunia. Sedangkan di bawah patung Dewi Kwan Im dijaga sepasang naga surga.

 

 

Meskipun fungsi utama wihara Sanggar Agung adalah tempat ibadah bagi masyarakat China, pengurus Sanggar Agung mempersilakan pengunjung umum untuk masuk dan melihat-lihat ke dalam wihara. Banyak pengunjung yang berfoto di kedua ikon tersebut, yang terkenal karena keindahannya. Pengurus Sanggar Agung hanya meminta para pengunjung untuk menghormati mereka yang sedang beribadah.

back to top