Menu
Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Pakar UGM Ajak Masyarakat Memanen Air Hujan

Pakar UGM Ajak Masyarakat Memanen A…

Jogja-KoPi| Pakar Hidrolo...

BKP: Indonesia Fokus Pada Peningkatan Kompetitifitas Produk Agrikultur

BKP: Indonesia Fokus Pada Peningkat…

Bantul-KoPI|Pada tahun 20...

UNIVERSITAS MENYAMBUT R.I KEEMPAT

UNIVERSITAS MENYAMBUT R.I KEEMPAT

Oleh Moh. Mudzakkir(Dosen...

Pakde Karwo : 2/3 Perguruan Tinggi Swasta Sumbangkan Kaum Intelektual di Jatim

Pakde Karwo : 2/3 Perguruan Tinggi …

Surabaya-KoPi| Sebanyak 2...

Pengungsi Korban Gempa di Gumantar Banyak Terserang Ispa

Pengungsi Korban Gempa di Gumantar …

Lombok-KoPi| Sebanyak 30 ...

Prev Next

Pulau Merah ini bikin geger dunia

Pulau Merah ini bikin geger dunia

Indonesia menawarkan berbagai keindahan pantai di setiap daerahnya, khusus kali ini kita berada dalam wilayah jawa timur tepatnya di daerah kabupaten Banyuwangi. Bumi blambangan atau yang biasa dijuluki dengan the sunrise of java begitu memesona dengan keeksotisan pantainya.

Banyuwangi the sunrise of java berada pada ujung pulau jawa bagian timur. Banyuwangi memiliki segudang panorama alam yang begitu memukau siapapun yang mengunjunginya. Tak akan afdhol rasanya jika mengunjungi banyuwangi tanpa singgah ke pantai-pantainya. Salah satu pantai yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi yakni pantai pulau merah.

Pantai pulau merah dalam bahasa inggrisnya disebut red island beach tentu bukan hanya ada dalam negeri dongeng atau negeri hayalan. Pantai pulau merah ini tepatnya berada pada desa Sumber Agung kecamatan pesanggaran kabupaten Banyuwangi. Jarak tempuh untuk mengunjungi pantai pulau merah jika dari Banyuwangi kota atau pusat yakni sekitar 60 km, jarak sejauh ini dapat ditempuh dengan lama perjalanan 2,5 jam jika menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil namun akan lebih cepat jika menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor.

Selain mengunakan dua alternatif kendaraan juga ada dua jalur alternatif jalan untuk menuju pulau merah yakni jalur pertama melalui kecamatan purwoharjo, kecamatan bangorejo dan terakir yakni kecamatan pesanggaran. Untuk jalur kedua yakni melalui kecamatan benculuk, kecamatan jajag dan kecamatan pesanggaran. Tidak hanya beda rute saja namun yang membedakan antar jalur alternatif satu dengan jalur alternatif kedua yakni terletak pada kondisi jalan atau infrstruktur keadaan jalannya.

Pada jalur alternatif satu kondisi jalannya yang berlubang-lubang besar namun jarak tempuh perjalan menuju ke pulau merah lebih dekat. Untuk alternatif jalur kedua kondisi jalan lebih baik dan tidak berlubang namun jarak tempuh lebih jauh dari pada jalur ke satu.

Sepanjang perjalanan menuju pulau merah pengunjung akan disuguhi panorama indah berupa perbukitan tidak begitu hijau namun kuning keemasan jika musim kemarau. Tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk dapat masuk ke pantai pulau merah sebab harga tiket masuk atau istilahnya “HTM” hanya 3000 rupiah untuk hari biasa dan 5000 rupiah untuk akhir pekan.

Dengan harga tiket masuk sebesar itu pengunjung dapat menikmati panorama indah pantai pulau merah. Selain itu pengunjung dapat menikmati fasilitas payung pantai dengan menyewanya pada petugas pantai setiap jamnya dihargai sebsar 20.000. dengan harga tiket masuk yang relative sangat terjangkau hal itu menyebabkan banyaknya pengunjung yang datang dari berbagai daerah maupun manca negara

Apa sih yang membedakan pantai pulau merah ini dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Banyuwangi lantas apa yang menyebabkan pantai ini diberi nama pulau merah yang berarti pulau berwarna merah?

Tentu pulau merah memiliki daya tarik tersendiri dan memiliki pembeda dari pantai-pantai yang lainnya , daya tarik dan pembeda dari pantai yang lainnya yakni pada pantai pulau merah terdapat pulau kecil setinggi 200 meter berada di sebrang bibir pantai. Pulau kecil setinggi 200 meter ini memiliki tanah yang berwarna merah kecoklatan nah hal inilah yang menjadi salah penyebabnya kenapa pantai ini diberi nama pantai pulau merah. Pulau kecil ini dapat dikunjungi oleh pengunjung apabila keadaan pantai sedang mengalami surut. Ketika pantai sedang surut pengunjung dapat mengunjungi pulau ini dengan berjalan kaki melewati batu-batuan karang.

Pantai pulau merah selain dikatakan unik karena memiliki pulau kecil di sebrang pantai, pantai ini juga memiliki keunggulan yakni tidak memiliki banyak batu karang dan memiliki ombak yang bergulung hingga dua meter jadi sangat cocok dan ideal untuk digunakan berselancar. Pada bulan mei hingga bulan desember pengunjung dapat memanfaatkan pantai pulau merah untuk berselancar, sebab pada bulan mei hingga desember cuaca dapat dibilang lebih ideal untuk berselancar.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam agar dapat menikmati indahnya sunset disore hari maupun sunrise dipagi hari tidak perlu susah-susah untuk mencari tempat penginapan ataupun membangun tenda untuk berkemah. Pengunjung dapat menyewa home stay milik warga sekitar pantai pulau merah dengan harga terjangkau. | sumber: banyuwangi.us | Ela Yuliasri

back to top