Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

Mahluk kecil aneh menjadi santapan lezat!

Mahluk kecil aneh menjadi santapan lezat!

KoPi | Tidak lengkap rasanya bila datang ke Surabaya tidak menyantap lontong kupang. Makanan yang terkenal di daerah Surabaya dan sekitarnya. Uniknya makanan ini ketika bersantap lontong kupang harus berdampingan dengan minuman es kelapa muda sebagai mitra makanan yang tidak dapat dipisahkan.

Lontong kupang biasanya disajikan dengan sate kerang dan es kelapa muda. Masyarakat percaya apabila memakan lontong kupng dengan es kelapa muda semua penyakit di dalam tubuh menjadi hilang. Bahan utama yang digunakan adalah kupang putih (corbula fabah), yaitu hewan laut semacam kerang bentuknya kecil sebesar biji beras dan biji kedelai.

Kupang yang telah dikupas dan dimasak, ditambah dengan lontong dan lentho, kemudian diberi kuah petis dan sedikit perasan jeruk nipis. Untuk menghidangkan biasanya dihidangkan dengan sate kerang, serta minuman es kelapa muda.

Menurut para ahli gizi, kupang mengandung asam amino esensial yang baik. Kupang putih dan kupang merah memiliki 17 asam amino, sedangkan dari 17 asam amino tersebut terkandung 10 macam asam amino efensial yang dibutuhkan untuk tubuh antara lain: treonin, valin, metionin, isoleusin, leusin, fenilalanin, lisin, tripsin, histidan, dan arginin. Asam amino esensial tidak dapat dibentuk oleh tubuh manusia, tetapi harus didapat dari makanan seahari-hari. Sebenarnya kupang hanyalah sebutan masyarakat Jawa Timur terhadap kerang-kerang yang berukuran mini.

Untuk orang tua yang takut kolestrol akan naik setelah makan seafood ini, tidak perlu kuatir, karena menurut penelitian para ahli kandung, kolestrol kupang tergolong rendah. Jadi apabila merasa pusing setalah mengonsumsi kupang bukan berarti kolestrol naik melainkan efek alergi terhadap kupang itu sendiri.

Selain menjadi kupang lontong aja, kupang dapat juga diolah menjadi krupuk kupang dan petis kupang. Buah tangan ini akan banyak dijumpai di pusat oleh-oleh dan di sepanjang Pantai Ria Surabaya.

Apabila Anda membeli di warung –warung harga yang di patok sekitar Rp 5000 sampai dengan Rp 7000 per porsi. Lain halnya bila Anda membeli di pusat oleh-oleh dan mall harga biasanya lebih dari Rp 10.000 per porsinya.* |Ligina Joni (Mahasiswa Sosiologi Universitas Airlangga)

back to top