Menu
Inkubasi Tahap 1 Resmi Buka Gelaran Soprema 2018

Inkubasi Tahap 1 Resmi Buka Gelaran…

Jogja-KoPi| Kegiatan Inku...

Lestarikan Budaya Tradisional, UAJY Adakan Lomba Jemparingan

Lestarikan Budaya Tradisional, UAJY…

Jogja-KoPi| Universitas A...

Niagahoster Devcussion 2.0 Dorong ​Web-Professional Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Dorong ​…

Yogyakarta, 25 September ...

Lantik Heru Tjahjono, Pakde Karwo Ingatkan Dua Fungsi Sekda

Lantik Heru Tjahjono, Pakde Karwo I…

Surabaya-KoPi| Sesuai UU ...

Kepa BNPT Ajak Mahasiswa UGM Jauhi Paham Radikal

Kepa BNPT Ajak Mahasiswa UGM Jauhi …

 JogjaKoPi| Kepala B...

Bupati dan Walikota Harus Mengacu dengan Visi Misi Presiden

Bupati dan Walikota Harus Mengacu d…

Surabaya-KoPi| Bupati dan...

FISIPOL UGM Gelar Inkubasi Bisnis Soprema 2018 untuk Sociopreneur Muda dari 16 Provinsi Indonesia

FISIPOL UGM Gelar Inkubasi Bisnis S…

Jogja-KoPi| Rangkaian gel...

Kreatifitas Itu Bukan Bawaan, Tapi Bisa Dilatih

Kreatifitas Itu Bukan Bawaan, Tapi …

Jogja-KoPi| Pakar Manajem...

Raih Doktor Usai Meneliti Transformasi Budaya Organisasi Perguruan Tinggi

Raih Doktor Usai Meneliti Transform…

Jogja-KoPi| Transformasi ...

Prev Next

Rahasia kesehatan dalam semangkuk soto ayam Lamongan

Rahasia kesehatan dalam semangkuk soto ayam Lamongan
KoPiNenek moyang kita telah meninggalkan warisan yang ternilai harganya dalam berbagai tradisi yang ada. Salah satunya adalah masakan. Tanpa kita sadari berbagai masakan tradisional yang kita miliki saat ini memiliki berbagai macam khasiat bagi kesehatan.
 

Salah satunya adalah soto. Masakan jenis sup khas Indonesia ini telah menyebar di seluruh Indonesia. Setiap daerah memiliki soto khas masing-masing. Tak terkecuali Kota Lamongan di Jawa Timur. Soto Lamongan telah menjadi salah satu ikon kuliner Jawa Timur yang dikenal seantero negeri karena rasanya yang khas. Soto Lamongan tak hanya terkenal lezat, tapi juga memiliki berbagai khasiat.

Kuah kuning soto Lamongan berasal dari kunyit. Kandungan kurkuminoid-lah yang membuat warna kuning tersebut. Zat tersebut dikenal dalam dunia kesehatan sebagai anti-inflamasi atau anti-peradangan dan mampu melawan radikal bebas. Karena itu, kunyit sangat baik dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit sendi atau rematik.

Selain itu, sifat anti-oksidan kunyit juga dikenal dapat melindungi tubuh dari pembentukan sel kanker, termasuk kanker hati, kanker usus besar, kanker darah/leukimia, dan kanker prostat. Zat kurkumin dalam kunyit juga dikenal mampu meningkatkan fungsi hati sebagai penyaring racun serta mencegah penumpukan kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi resiko penyakit jantung.

Bahan utama soto selain kunyit adalah serai. Serai memberi sensasi asam dan segar pada kuah masakan. Sama seperti kunyit, serai juga berkhasiat sebagai bahan pencegah kanker dan anti-radang. Hebatnya lagi, serai mengandung zat anti-kolesterol yang membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus. Selain itu, serai juga memiliki kemampuan membunuh bakteri jahat dan parasit yang berkembang dalam usus, sehingga membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah sembelit. Bisa dibilang, serai membantu membersihkan tubuh kita dari kandungan lemak jahat yang kita makan.

Bahan yang tak boleh dilupakan dalam soto Lamongan tentu saja kaldu ayam. Kaldu ayam membuat cita rasa soto ini tak bisa dilupakan. Tentu saja, kaldu ayam yang baik didapat dari rebusan ayam utuh, bukan kaldu instan. Menikmati soto ayam di tengah udara dingin terasa sangat nikmat, karena kaldu ayam dalam soto membantu memperlancar peredaran darah.

Selain itu, kaldu ayam juga kaya akan kalsium dan protein, sehingga sangat baik bagi mereka yang sedang dalam masa pertumbuhan. Kaldu ayam yang baik dan murni juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan berfungsi sebagai anti-radang, sehingga mencegah kita dari berbagai penyakit. Karena itu, orang sakit akan lebih cepat sembuh jika mengkonsumsi sup atau bubur yang mengandung kaldu ayam.

Satu khasiat lagi dari kaldu yang tak banyak disadari manusia adalah sebagai obat awet muda. Air rebusan kaldu mengandung banyak kolagen, yang memiliki fungsi memperbaiki kulit, rambut, dan kuku. Kolagen banyak digunakan dalam industri kecantikan. Mengkonsumsi kaldu ayam adalah salah satu cara mendapatkan asupan kolagen alami yang aman dan tidak memiliki efek samping.

back to top