Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

Kecupan si manis ini memuaskanmu siang malam

Kecupan si manis ini memuaskanmu siang malam
Godaan wanginya selalu membuat orang-orang terkesima. Sentuhkan bibirmu ke lembutnya dan biarkan sensasinya memuaskanmu, siang atau malam. Dia mudah ditemukan di mana-mana. Sederhana, lugu, namun begitu menggoda.
 

Surabaya – KoPi | Siapa yang tak suka bubur kacang hijau? Panganan manis yang disajikan bersama santan gurih ini sudah dikenal di seantero Nusantara. Meskipun penyajiannya sederhana, namun kandungan gizinya tak boleh diremehkan. Kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi sanggup mencukupi energi selama sehari.

Warung bubur kacang hijau bisa di dengan mudah ditemukan di mana saja. Mulai pagi hingga malam hari panganan ini selalu cocok di makan kapan saja. Paling mudah ditemukan di kawasan kampus, di mana mahasiswa perlu pengganjal perut alternatif selain nasi. Di Surabaya, paling mudah menemukan warung es kacang hijau pada malam hari, yang menyajikan bubur kacang hijau dingin dengan es batu. Di Yogyakarta, warung burjo (bubur kacang ijo) juga semakin menjamur. Uniknya, meskipun menyajikan bubur kacang ijo, warung ini juga menyajikan menu nasi dan gorengan. Warung burjo di Yogyakarta sudah jadi pusat nongkrong bagi mahasiswa.

Bahkan para pemilik warung juga semakin kreatif. Penyajian si hijau manis ini pun semakin macam-macam, mulai disajikan dari hangat, dengan serutan es, atau dengan variasi rasa seperti coklat, vanila, dan durian. Ada pula yang menambahkan daging kelapa muda, sehingga gurihnya santan makin  terasa. Sebagian disajikan bersama bubur ketan hitam atau kepingan roti tawar. Hmm, perut pun nyaman terisi tanpa perlu keluar uang banyak.

Kang Maman, salah satu penjual es bubur kacang hijau di kawasan Universitas Airlangga mengatakan, rahasia kelezatan bubur kacang hijau berada pada cara memasaknya. Ia biasa merendam kacang hijau semalam suntuk agar lebih empuk ketika dimasak. Selain itu, ia tidak memasak kacang hijau bersamaan dengan gula. 

“Kalau dimasak bareng gula, kacang hijau jadi lama mekarnya, nggak empuk. Gula, daun pandan, sama santan baru dimasukkan kalau kacang sudah empuk,” ujar Maman dengan logat Sunda yang kental.

Maman mengaku dalam sehari bisa menghabiskan 5 hingga 6 kg kacang hijau. Ia berjualan dengan cara berkeliling dari pagi hingga sore, dan sering kali habis sebelum pukul 4 sore.

back to top