Menu
Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredaran Tembakau Gorila di Yogyakarta.

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredara…

Sleman-kopi| Direktorat R...

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ketat Dengan Terjunnya 29 Ekor Anjing Pelacak dan Body Scanner.

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ke…

Sleman-KoPi| Komandan sat...

Prev Next

Bebek "fotokopi" ini laris di mana-mana

Bebek "fotokopi" ini laris di mana-mana
Surabaya-KoPi| Surabaya tak bisa lepas dari menu bebek goreng. Menu nikmat ini bisa dijumpai di mana saja, mulai dari pedagang di pinggir jalan hingga di mall-mall. Bahkan, bebek goreng di pinggir jalan kadang justru jauh lebih enak dan lebih terkenal dibandingkan yang ada di mall.
 

Jika Anda jeli, salah satu warung bebek goreng pinggir jalan yang paling sering dijumpai adalah Bebek Goreng Purnama. Warung-warung bebek goreng ini punya ciri khas, berupa kain penutup (geber) berwarna kuning dengan tulisan Bebek Goreng Cabang Purnama. Warung-warung bebek goreng cabang Purnama ini bisa Anda temui di mana pun di Surabaya. Setidaknya, satu kawasan di Surabaya pasti memiliki satu warung bebek Purnama.

Anda pasti berpikir, bebek goreng macam apa yang bisa punya berbagai cabang seperti ini? Saya mencoba mencicipi menu bebek goreng di salah satu warung cabang Purnama. Sebenarnya tidak ada yang istimewa pada bebek goreng ini. Bumbu yang dipakai terasa sama dengan bebek goreng yang lain. Namun sambalnya oke punya. Pedas mantap! Buat yang suka pedas, boleh mengambil sambal sesuka hati, karena penjualnya biasanya meletakkan sambal di meja. Selain itu, baik menu bebek maupun ayam goreng, pasti ditemani dengan taburan serundeng kelapa gurih, yang membuat rasa bebek semakin sedap.

Karena penasaran, saya bertanya pada pemilik warung bebek goreng Purnama, Diah, tentang warung pusatnya. "Wah saya gak tau mas di mana warung pusatnya. Nama ini dipilihkan sama suami saya. Katanya kalau pakai nama "Cabang Purnama" pasti laku. Dan benar, memang banyak yang datang," akunya.

Lho jadi nama warungnya "fotokopi" alias menjiplak? Lantas resepnya dari mana? "Kebetulan saya bisa masak, jadi saya masak dengan resep saya sendiri," ujar Diah. 

Wah saya makin penasaran dengan bebek Purnama pusat. Selidik punya seldik, nama warung bebek goreng Purnama berasal dari sebuah warung bebek yang buka di depan bioskop Purnama. Bioskop yang dulu terletak di jalan Pajajaran, Surabaya, tersebut telah lama tutup sejak tahun 1958. Warung bebek tersebut juga tutup menyusul ditutupnya bioskop tersebut.

Setelah bioskop tersebut tutup, justru bermunculan "cabang-cabang" bebek Purnama. Uniknya, meski menggunakan nama Purnama, pemilik warung tersebut mengaku memiliki resep sendiri-sendiri. Meski demikian, rasa bebek dan sambal di semua warung Purnama tersebut hampir sama.

Lalu apa yang membuat bebek goreng Purnama ini begitu digemari hingga ada "cabang" di mana-mana? Agung, salah seorang pelanggan bebek Purnama mengaku, selain enak, bebek goreng Purnama juga ramah di kantong. "Sambalnya enak, bebeknya empuk dan gurih. Tapi yang paling penting, murah Mas," ungkapnya.

back to top