Menu
Mahasiswa UGM Inovasikan Produk Senyawa Atasi Limbah Tambang

Mahasiswa UGM Inovasikan Produk Sen…

Sleman-KoPi| Tim mahasisw...

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letusan Efusif Yang Aman.

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letu…

Jogja-KoPi| Kepala Balai ...

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di Proses Magmatisnya.

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di…

Jogja-KoPi| Balai Penyeli...

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Prev Next

Milner ke Liverpool, City kekurangan pemain asli Inggris

James Milner saat masih berseragam Manchester City James Milner saat masih berseragam Manchester City
KoPi | Liverpool dikabarkan telah menyetujui kesepakatan untuk menandatangani kontrak James Milner dari Manchester City. Dikutip dari BBC Kamis (4/6), The Reds telah memiliki kesepakatan pribadi dengan gelandang berpaspor Inggris itu. Milner datang ke Anfield dengan status bebas transfer karena kontraknya di Etihad berakhir pada 1 Juli nanti.

Dengan kepergian pemain 29 tahun itu, tentu ini menjadi kabar yang kurang baik bagi Manchester City. Pasalnya klub rival sekota Manchester United ini kini hanya menyisakan dua pemain asli Inggris dalam skuadnya. Dua pemain itu adalah Joe Hart dan Richard Wright. Keduanya sama-sama berposisi sebagai penjaga gawang. Namun status Hart sebagai kiper utama, tentu membuatnya lebih sering dimainkan dibanding Wright yang hanya kiper lapis ketiga.

Pada musim lalu, City juga minim pemain asli Inggris dengan hanya memiliki empat. Dua seperti yang disebutkan di atas sedangkan sisanya adalah Frank Lampard dan James Milner yang sama-sama berposisi sebagai gelandang. Lampard bermain untuk City sebagai pemain pinjaman dari New York City. Dan akhir musim ini mantan pemain Chelsea itu pun harus pulang ke klub asalnya mengingat kontrak peminjamannya sudah habis. Sedangkan Milner yang digadang-gadang akan menjadi pemain ‘penyelamat’ The Citizens dari ancaman minimnya pemain lokal justru juga menuju pintu keluar Etihad.

Sebagaimana diketahui, FA (Asosiasi Sepak Bola Inggris) tengah berencana untuk membatasi jumlah pemain asing yang berlaga di Premier League. Hal ini dipicu melihat sejumlah klub lebih banyak mengandalkan pemain asing dibanding pemain lokal. Minimnya pemain Inggris di kompetisi negaranya sendiri tentu berdampak pada prestasi Timnas Inggris sendiri.

Pemain lokal yang dimaksud ini tidak harus pemain berkewarganegaraan Inggris. Melainkan adalah pemain didikan asli akademi klub Inggris apapun kewarganegaraanya yang disebut homeground player. Aturan homeground player sendiri rencananya akan diterapkan pada tahun 2016.

Melihat hal ini, tentu Manuel Pellegrini—pelatih City—harus segera membangun rencana untuk mendatangkan homeground player atau lebih baik jika pemain akademi Manchester City sendiri yang akan mengisi skuadnya. Jika homeground player sendiri sangat minim, bagaimana dengan pemain asli Inggris? | BBC | Aditya Wicaksana WP

back to top