Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Milner ke Liverpool, City kekurangan pemain asli Inggris

James Milner saat masih berseragam Manchester City James Milner saat masih berseragam Manchester City
KoPi | Liverpool dikabarkan telah menyetujui kesepakatan untuk menandatangani kontrak James Milner dari Manchester City. Dikutip dari BBC Kamis (4/6), The Reds telah memiliki kesepakatan pribadi dengan gelandang berpaspor Inggris itu. Milner datang ke Anfield dengan status bebas transfer karena kontraknya di Etihad berakhir pada 1 Juli nanti.

Dengan kepergian pemain 29 tahun itu, tentu ini menjadi kabar yang kurang baik bagi Manchester City. Pasalnya klub rival sekota Manchester United ini kini hanya menyisakan dua pemain asli Inggris dalam skuadnya. Dua pemain itu adalah Joe Hart dan Richard Wright. Keduanya sama-sama berposisi sebagai penjaga gawang. Namun status Hart sebagai kiper utama, tentu membuatnya lebih sering dimainkan dibanding Wright yang hanya kiper lapis ketiga.

Pada musim lalu, City juga minim pemain asli Inggris dengan hanya memiliki empat. Dua seperti yang disebutkan di atas sedangkan sisanya adalah Frank Lampard dan James Milner yang sama-sama berposisi sebagai gelandang. Lampard bermain untuk City sebagai pemain pinjaman dari New York City. Dan akhir musim ini mantan pemain Chelsea itu pun harus pulang ke klub asalnya mengingat kontrak peminjamannya sudah habis. Sedangkan Milner yang digadang-gadang akan menjadi pemain ‘penyelamat’ The Citizens dari ancaman minimnya pemain lokal justru juga menuju pintu keluar Etihad.

Sebagaimana diketahui, FA (Asosiasi Sepak Bola Inggris) tengah berencana untuk membatasi jumlah pemain asing yang berlaga di Premier League. Hal ini dipicu melihat sejumlah klub lebih banyak mengandalkan pemain asing dibanding pemain lokal. Minimnya pemain Inggris di kompetisi negaranya sendiri tentu berdampak pada prestasi Timnas Inggris sendiri.

Pemain lokal yang dimaksud ini tidak harus pemain berkewarganegaraan Inggris. Melainkan adalah pemain didikan asli akademi klub Inggris apapun kewarganegaraanya yang disebut homeground player. Aturan homeground player sendiri rencananya akan diterapkan pada tahun 2016.

Melihat hal ini, tentu Manuel Pellegrini—pelatih City—harus segera membangun rencana untuk mendatangkan homeground player atau lebih baik jika pemain akademi Manchester City sendiri yang akan mengisi skuadnya. Jika homeground player sendiri sangat minim, bagaimana dengan pemain asli Inggris? | BBC | Aditya Wicaksana WP

back to top