Menu
Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Prev Next

Krul Dan Peran Krusial Kala Penalti

Salah Satu Momen Krusial dan Langka Salah Satu Momen Krusial dan Langka Foto: Reuters

Salvador-KoPi. Pergantian kiper di laga yang krusial memang hal yang tidak lazim dan beresiko. Namun bukan Van Gaal kalau tidak memiliki rencana alternatif di tiap pertandingan.

 

Van Gaal mengaku meyiapkan Tim krul jika saja Belanda harus melakoni duel adu penalti. Pada menit akhir sebelum peluit babak kedua tambahan waktu dibunyikan, penonton pertandingan antara Belanda melawan Kosta Rika dini hari tadi WIB (6/6) terheran-heran dengan pergantian kiper Jasper Cilessen dengan Tim Krul. Mungkin ini adalah yang pertama di sepakbola modern mengganti kiper di momen krusial, kiper disiapkan "hanya" untuk menghadapi duel adu penalti.

Van Gaal mengatakan perjudiannya itu, "Kami berpikir kami bisa melaluinya. Setiap pemain memiliki kemampuan dan kualitas tertentu dan itu bukanlah suatu kebetulan. Kami merasa Tim akan menjadi kiper yang paling tepat untuk menghadapi penalti.

Ia berkata bahwa ia telah berdiskusi dengan Krul, karena ia memiliki jangkaun yang lebih panjang membuat Van Gaal berpikir ini akan membantunya saat adu penalti, namun tidak dengan Cilessen. "Kami (Van Gaal dan Krul) tidak bicara apa-apa pada Cilessen karena kami tidak ingin ia tahu hal ini sebelum pertandingan. Tapi seperti yang sudah saya jelaskan, setiap kiper memiliki kemampuan spesifik. Tim memliki jangkuan yang lebih panjang dan memiliki rekam jejak yang lebih baik daripada Cilessen."

Saya telah mendiskusikannya dengan Tim. saya tahu dan saya menyuruhnya untuk bersiap-siap. Dan ini berhasil, namun jika tidak, ini akan menjadi kesalahan saya.

krul berkata  ia memiliki firasat ia akan turun ke lapangan di akhir pertandingan.

"Saya tidak menyadari hal ini sudah sangat terlambat. saya sudah menghabiskan sepanjang pertandingan di bangku cadangan. kami memiliki peluang demi peluang dan tidak bisa menyelesaikannya." katanya.

"lalu tiba-tiba kamu masuk ke lapangan dan tidak memiliki waktu untuk berpikir, menyelamatkan dua penalti dan sekarang kami berada di Semi-final Piala Dunia."

Van Gaal juga tak lupa mengalamatkan pujian pada Cilessen yang telah melaku penyelamatan peluang emas Kosta Rika tiga menit sebelum peluit meunuju adu penalti ditiup. "Pertandingan ini sangat menakjubkan, mendebarkan. Mereka hanya memiliki satu-satunya peluang di menit ke-117. Kami memiliki banyak peluang tapi jika Cilessen tidak melakukan penyelamatan itu, maka dipastikan kami tersingkir."


"Saya tidak tahu berapa banyak peluang yang kami memiliki dan berapa tembakan kegawang yang membentur tiang. Ini menunjukkan sebuah gol menjadi hal yang sangat penting. tidak ada yang lebih penting, apalagi turnamen semacam ini."

Belanda sudah ditunggu Argentina di Semifinal setelah tim tango megandaskan tim kuda hitam belgia 1-0 berkat Gol Gonzalo Higuain. Pertemuan ini imengulang pertemuan kedua tm di ajang yang sama di tahun 1998 di perempat finak yang berkesudahan 2-1 untuk Belanda.

 

Nora

back to top