Menu
Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Pakar UGM Ajak Masyarakat Memanen Air Hujan

Pakar UGM Ajak Masyarakat Memanen A…

Jogja-KoPi| Pakar Hidrolo...

BKP: Indonesia Fokus Pada Peningkatan Kompetitifitas Produk Agrikultur

BKP: Indonesia Fokus Pada Peningkat…

Bantul-KoPI|Pada tahun 20...

UNIVERSITAS MENYAMBUT R.I KEEMPAT

UNIVERSITAS MENYAMBUT R.I KEEMPAT

Oleh Moh. Mudzakkir(Dosen...

Pakde Karwo : 2/3 Perguruan Tinggi Swasta Sumbangkan Kaum Intelektual di Jatim

Pakde Karwo : 2/3 Perguruan Tinggi …

Surabaya-KoPi| Sebanyak 2...

Pengungsi Korban Gempa di Gumantar Banyak Terserang Ispa

Pengungsi Korban Gempa di Gumantar …

Lombok-KoPi| Sebanyak 30 ...

Prev Next

Temu redaktur kebudayaan dan festival wartawan seni 2014

Temu redaktur kebudayaan dan festival wartawan seni 2014

SIARAN PERS

- Menyoal Pers, Politik Kebudayaan dan Kebudayaan Politik

Jakarta, 11 Maret 2014

Di tengah tahun politik, Temu Redaktur Kebudayaan (TRK) ke-3 akan digelar di Siak-Riau, 20-22 Mei 2014. Mengangkat tema “Pers, Politik Kebudayaan dan Kebudayaan Politik”. Kelak hasilnya akan diserahkan kepada pemerintahan yang baru, sekaligus mendesak agar Indonesia memiliki Strategi Kebudayaan jangka pendek-menengah dan panjang yang transparan, agar bangsa ini punya pegangan, arah dan program dalam persaingan global.

"Pers, khususnya para redaktur kebudayaan dan wartawan seni budaya, saatnya sadar dan tampil kedepan menolong bangsanya yang belakangan ini makin tidak memahami dan menghargai budayanya sendiri, cenderung bermental korup, bahkan rela menjadikan dirinya sebagai ‘pasar besar’ bagi kebudayaan asing,” tutur Yusuf Susilo Hartono, Departemen Wartawan Film, Kebudayaan dan Pariwisata PWI Pusat.

 

“Diharapkan pemerintahan yang baru nanti, pro kebudayaan Indonesia,” tandasnya.

 

Menurut Yusuf, TRK digelar setiap tahun oleh PWI Pusat bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sejak 2012. Kali ini mitranya ditambah Pemerintah Kabupaten Siak dan PWI Provinsi Riau. Pesertanya sekitar 100 orang, terdiri dari unsur Redaktur Kebudayaan mewakili Propinsi, PWI Propinsi se-Indonesia, para redaktur/wartawan senior, para pemerhati kebudayaan hingga lembaga kesenian dan kebudayaan, serta para direktur dibawah jajaran Direktorat Jenderal Kebudayaan.

 

Mengiringi pelaksanaan TRK III/2014 kali ini, akan digelar Festival Wartawan Seni (Feswani) tanggal 20-25 Mei 2014, yang merupakan kerjasama PWI (Pusat, Riau, Siak) dengan Pemkab Siak. Bupati Siak Drs.Syamsuar dalam ratap persiapan mengaku merasa terhormat mendapat kesempatan sebagai tuan rumah TRK III dan Feswani pertama, dan bersama-sama jajarannya bertekad menyukseskan acara ini. “Siak juga akan turut menampilkan potensi seni budayanya yang terbaik, “ tuturnya.

 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan diharapkan dapat membuka acara ini. Adapun tempat pembukaan rencananya di Istana Siak. Sidang-sidang TRK berlangsung di Gedung Lembaga Adat Melayu. Sedangkan Feswani, dipusatkan di Panggung Siak Bermadah (untuk pertunjukan), dan Gedung Tengku Mahratu (untuk pameran dan penayangan film), keduanya berada di tepi Sungai Siak.

 

Berbagai cabang seni yang akan di gelar dalam Feswani yaitu balas/perang pantun, mendongeng, membaca sastra (puisi, cerpen), pementasan tari, musik, teater, pameran seni rupa, kartun, foto, pemutaran film pendek, dan pameran buku seni budaya karya wartawan. “Para peserta Feswani adalah wartawan seni budaya yang sudah punya prestasi dibidangnya masing-masing. Keterangan lengkap bisa dibaca di laman PWI Pusat. Yang berminat dapat mendaftarkan diri paling lambat 31 Maret via email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. untuk calon peserta di kawasan Sumatera. Dan bagi wartawan yang berada diluar kawasan Sumatera dapat mendaftar di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.. Setiap pendaftar tidak langsung menjadi peserta, karena akan di seleksi oleh Tim Artistik. Peserta akan ditanggung penginapan dan makan, sedangkan tiket pp ditanggung sendiri,” jelas Yusuf.

 

Disamping itu, ada kegiatan workshop kartun, foto dan sketsa dengan peserta para pelajar, mahasiswa dan umum. Akan bertindak sebagai instruktur, masing-masing Arbain Rambey(fotografi), Yusuf Susilo Hartono (melukis/sketsa) dan Gatot Eko Cahyono (kartun). (*)

 

Keterangan lebih lanjut :

Silakan hubungi via email

Yusuf Susilo Hartono ( This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.)

Wina-Sekretariat PWI Pusat ( This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.)

Novi-PWI Riau (This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.)

back to top