Menu
Merapi Naik ke Status Waspada, Gempa Tremor dan Vulkanik Sempat Muncul Saat Letusan Freaktif.

Merapi Naik ke Status Waspada, Gemp…

Jogja-KoPi|Setelah Gunung...

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi| Gunung Merapi...

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran Persediaan Beras, Gula, dan Minyak Goreng di Yogyakarta Aman.

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran …

Jogja-KoPi| Perum Bulog d...

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Prev Next

Teater Lilin UAJY di TBY

Komunitas Gamelan Lumbung Artema ketika sedang menampilkan karyanya Komunitas Gamelan Lumbung Artema ketika sedang menampilkan karyanya

Akhir-akhir ini, berbagai kasus mengenai kekerasan seksual yang melibatkan pelajar kerap terlihat dalam pemberitaan. Berawal dari keprihatinan tersebut, Teater Lilin Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dibentuklah “Se’olah Kritis” dalam upaya mengkritisi dunia pendidikan di Indonesia.

“Se’olah Kritis” merupakan tema yang diangkat dalam “Lambe” (Lilin Art Movement to Build Education). Makna dari tema ini adalah pendidikan di Indonesia yang seolah sangat kritis akan berbagai hal namun juga seolah sedang dalam masa kritis.

“Tema kegiatan ini sebenarnya berawal dari keresahan teman-teman Teater Lilin sendiri karena banyak kejahatan yang melibatkan pelajar akhir-akhir ini”, kata Arnanda Lucky Wardhana selaku ketua Teater Lilin.

Kegiatan yang dilaksanakan di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) ini terdiri dalam rangkaian acara antara lain, seminar rembug pendidikan, pameran buku, dan pementasan seni JAKA.

Pada pembukaan acara yang dilaksanakan Sabtu (04/06/2016), diungkapkan oleh Drs. Diah Tutuko Suryandaru selaku Pimpinan dari Taman Budaya Yogyakarta bahwa pendidikan akan menjadi lebih baik ketika dipadupadankan dengan seni.

“Supaya bisa mengembangkan kreatifitas dan kemampuannya”, kata Drs. Diah Tutuko Suryandaru.

Pendidikan yang perlu dilengkapi dengan komponen pendukung juga diungkapkan oleh R. Sigit Widiarto, S.H., LLM selaku Wakil Rektor III UAJY pada pembukaan acara “Se’olah Kritis”. Dikatakan oleh R. Sigit Widiarto, tipe pembelajaran dari abad 21 ini dituntut untuk menguasai berbagai macam nilai, di antaranya kritis dan memecahkan persoalan, kolaborasi dan komunikasi dengan pihak lain, inovasi dan berkreatifitas, dan digital literacy skill.

Maka diperlukan pendidikan co-kurikuler yang salah satunya melalui seni untuk menunjang seperti kegiatan “Se’olah Kritis” ini. “Kegiatan ini menegaskan komitmen UAJY sebagai tempat bertemunya pendidikan dan kebudayaan”, kata R. Sigit Widiarto.

Seni sebagai salah satu komponen yang mampu mengubah atau merestorasi pendidikan juga ditegaskan oleh Asa Jatmiko. Dengan berseni, setiap orang “dipaksa” untuk memasuki hutan yang sama dan akan mencoba menyelesaikan permasalahan yang ada. Dalam penggarapannya, seni perlu didukung oleh banyak orang. Setiap orang melakukan kegiatan dengan tujuan yang sama.

“Tetapi semua orang akan memiliki pengalaman yang berbeda dan itulah yang akan menjadikan setiap orangnya berkembang.” kata Asa Jatmiko.

Pembukaan acara “Se’olah Kritis” ini dimeriahkan dengan penampilan Teater Lilin UAJY (Tim Tari), Komunitas Gamelan Lumbung Artema, penampilan dari Doni Suwung, dan Giarian Harik.

Rangkaian acara Se’olah Kritis masih akan berlanjut hingga 9 Juni 2016. Kegiatan yang masih akan dilaksanakan antara lain pameran buku pada yang dibuka hingga 9 Juni 2016 di Lobby Societet Militair TBY dan Pementasan Teater Jaka yang dilakan pada 9 Juni 2016 di Societet Militair TBY. |Setia

back to top