Menu
SKK Migas Wilayah Timur Berharap Adanya Dorongan di Luar Bidang Migas.

SKK Migas Wilayah Timur Berharap Ad…

Sleman-KoPi| Kepala Sat...

Pejabat AS-Korea Utara Adakan Pembicaraan Soal Pengadaan Pertemuan Kembali Kedua Pemimpin.

Pejabat AS-Korea Utara Adakan Pembi…

Seoul-KoPi| Departemen lu...

Mahasiswa UGM Inovasikan Produk Senyawa Atasi Limbah Tambang

Mahasiswa UGM Inovasikan Produk Sen…

Sleman-KoPi| Tim mahasisw...

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letusan Efusif Yang Aman.

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letu…

Jogja-KoPi| Kepala Balai ...

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di Proses Magmatisnya.

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di…

Jogja-KoPi| Balai Penyeli...

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

Prev Next

aRT08 mengingatkan PERSAGI

aRT08 mengingatkan PERSAGI

aRT08 lahir Juni 2015 sebelum ArtJog ke 8 digelar dan munculnya Jogja Artweek. Joseph Beuys begitulah tulisan kecil berlatar topi coboy berwarna hitam tertera di atas pintu rumah tua dari kertas seperti tak berpenghuni, disanalah aRT08 berada sebagai Studio. aRT08 termasuk tempat yang aneh di Yogyakarta, tidak lebih baik dari tempat para perupa yang open studio. Namun perhelatan aRT08 menjadi sangat penting seperti juga ArtJog. Dimana bulan Mei hari raya seni rupa Yogyakarta berlangsung. Begitu padat event seni rupa di bulan Mei ini.

Kini event aRT08 lebih tertata dan terencana, setelah banyaknya saran dari seniman baik hati. Di studio ini dapat menikmati bagaimana suasana pada saat anggota Persatuan Gambar Indonesia (PERSAGI) berkumpul, semangat berkarya seperti semangat patriotisme dan nasionalisme. Suasana tahun 1940-an dan aura pada tahun itu akan terasa nikmatnya di aRT08 apalagi sambil minum kopi atau minum teh hangat dan diskusi tentang karya. Apalagi membangun tradisi kritik seni.

Di bulan Mei 2017 ini aRT08 menggelar sepuluh karya perupanya, diantaranya Riki Antoni, Dadang Imawan, Khairul Agustian, Khairul El Kamal, M. Alfairuz Boi, Suhanda Z, Wahyu Gunawan, Yurnalis Best. Kedelapan perupa itu karyanya lukis, Joni Waldi karyanya patung dan lukis, Jajang Kawentar karyanya seni Grafis.

Kemunculan aRT08 itu mengisyaratkat kepada sebuah perkumpulan yang puitis, ‘a’ kecil yang di gabung dengan ‘RT’ yang bermakna seni. ‘a’ kecil kependekan dari Antologi atau biasa di gunakan bagi buku kumpulan puisi atau cerita pendek (Cerpen). Sementara RT singkatan dari Rukun Tetangga, yang menandakan para perupanya antar tetangga yang rukun dan tempatnya berada di Keloran RT 08 Tirtonirmolo Kasihan Bantul, Yogyakarta, Indonesia dan persis di depan gangnya ada POS Kamling RT 08. Contact Khairul Agustian 082 3 2499 0047 - 082137361018

Ini kali kedua menggelar karya di aRT08, pertama kali Juni 2015 menggelar karya 9 perupa, Khairul Agustian, Khairul El Kamal, Heryanto Maidil, M. Alfairuz Boi, Riki Antoni, Al Latif, Rojal Fikri, Jhoni Waldi, dan Andi Ramdani. Pada 2016 tidak ada gerakan dari aRT08, hanya mengamati perkembangan ArtJog.

Puluhan karya terpajang dan masih dapat menikmati ratusan karya lainnya dari seluruh perupa itu. Proses berkarya perupa juga bisa menjadi bagian dari kenikmatan tersendiri bagi pengunjung. Kita bangun tradisi diskusi dan kritik yang sehat segar, ayolah! *)| JajangKawentar

back to top