Logo
Print this page

Arkeolog Amerika menemukan makam raja Mesir Sobekhotep I

Arkeolog Amerika menemukan makam raja Mesir Sobekhotep I

KoPi, Tim Amerika Serikat di Mesir menemukan kuburan raja Mesir Sobekhotep I, yang dipercaya sebagai pendiri dinasti ke-13, 3.800 tahun lalu silam. Mohamed Ibrahim, Menteri Benda Purbakala mengatakan pada haris Senin.

Tim dari University of Pennsylvania telah menemukan sacrhopagus (peti kuburan dari batu) dari Sobekhotep I, yang beratnya kira-kira 60 ton, setahun yang lalu, tapi itu belum diketahui kuburan siapa hingga minggu lalu, kata menteri tersebut.

Identitas kuburan tersebut ditemukan ketika tim tersebut ,menemukan pecahan lemping yang terukir sebuah nama raja mesir dan menunjukkan bahwa dia pernah menjadi raja, Ibrahim menyatakan.

“Kemungkinan besar dia adalah yang pertama memerintah Mesir pada awal permulaan dinasti ke-13 pada masa pertengahan yang kedua,” Ibrahim mengatakan.

Penemuan tersebut sangat penting, karena informasi yang didapat adalah tentang Sobekhotep I yang telah memerintah Mesir selama 4,5 tahun, pemerintahan yang terlama pada waktu itu,” Ayman El-Damarani, pejabat kementerian mengatakan.

Penemuan kuburan di situs purbakala Abydos tersebut diharapkan bisa mengungkap informasi lebih detil dari Sobekhotep I dan pemerintahannya, dia menambahkan.

Tim tersebut juga menemukan sisa-sisa jambangan yang digunakan untuk menyimpan organ-organ dalam tubuh, serta benda-benda yang terbuat dari mas yang dimiliki Sobekhotep I.

 

(Fahrurrazi)

Sumber: News.com.au

Related items

© 2016 www.koranopini.com (PT Proyeksi Indonesia Grup). All rights reserved.