Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Pustakawan Perpusnas RI Rilis Buku “Glosarium Istilah Perpustakaan”

Pustakawan Perpusnas RI Rilis Buku “Glosarium Istilah Perpustakaan”

Jakarta – KoPi - Pustakawan Perpustakaan Nasional RI, Suharyanto, merilis buku terbarunya berjudul “Glosarium Istilah Perpustakaan”. Buku yang diterbitkan FAM Publishing, Divisi Penerbitan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia, itu terbit September 2014.

Suharyanto yang pernah meraih predikat pustakawan berprestasi peringkat pertama di Tingkat Nasional tahun 2012 itu menyebutkan, buku karyanya itu ia rilis mengingat buku-buku terkait ilmu perpustakaan terutama mengenai glosarium dan sejenisnya di Indonesia bisa dikatakan masih belum banyak.
 
“Buku glosarium ilmu perpustakaan ini berisi istilah-istilah tentang perpustakaan dan  bidang lain yang terkait seperti arsip, dokumentasi, dan informasi. Buku-buku sejenis masih langka,” ujar Suharyanto, Ahad (28/9).
 
Dia mengungapkan, buku tersebut dimaksudkan sebagai buku pegangan atau rujukan bagi pustakawan, mahasiswa, pengajar, dan praktisi di bidang ilmu perpustakaan dan informasi, serta dapat digunakan oleh kalangan umum sebagai buku referensi untuk mengenal tentang ilmu perpustakaan dan informasi.
 
“Buku ini sebagai upaya menambah khasanah keilmuan, khususnya Ilmu Perpustakaan dan Informasi,  menambah nuansa keberadaan koleksi perpustakaan terutama untuk koleksi jenis rujukan, dan meningkatkan gerakan literasi Indonesia,” kata Suharyanto yang juga pustakawan berprestasi peringkat pertama di Provinsi DKI Jakarta pada 2012.
 
Suharyanto lahir di Jakarta 1 November 1969. Dia adalah Pustakawan Madya pada Pusat Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Pustaka, Perpustakaan Nasional RI.
 
Pendidikan formal di bidang perpustakaan yang pernah ditempuhnya, di antaranya: D2 Ilmu Perpustakaan IPB, S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Padjadjaran, dan S2 Ilmu Perpustakaan Universitas Gadjah Mada.
 
Karirnya ia awali di Perpustakaan Daerah Timor Timur (tahun 1993) dan pindah ke Perpustakaan Nasional RI (tahun 2000). Aktivitas lainnya yaitu sebagai tenaga pengajar pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI.
 
Ia sering tampil sebagai pemateri/narasumber pada berbagai kegiatan konferensi/seminar/workshop/bimtek, dan lainnya. Ia aktif menulis artikel yang dimuat di Majalah Visi Pustaka, Media Pustakawan, Academia.edu serta menyusun berbagai pedoman/standar/pedoman di bidang perpustakaan.
 
Putra dari Bapak Soemarto dan Ibu Sukinah ini memiliki seorang istri (Muliati Mallawa), dan tiga anak, yaitu: Afif Heryanto, Afifah Nurhayati, Aqilah Nur Arifah. (rel)
 

back to top