Menu
Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR Hemas Tekankan Penggunaan Teknologi dengan Bijak

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR…

Jogj-KoPi| Universitas At...

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabatan Bagi 2.065 CPNS 2018

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabat…

Surabaya-KoPi| Pemerintah...

UGM dan Twente University Teliti Kandungan Panas Bumi di Bajawa NTT

UGM dan Twente University Teliti Ka…

Flores-KoPi| Peneliti UGM...

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V Pajero Indonesia ONE di Surabaya

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V P…

Surabaya-KoPi| Dalam rang...

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswedan Tekankan Nilai Integritas

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswe…

Jogja-KoPi| Fakultas Huku...

Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Prev Next

8 rahasia James Bond yang tak diketahui publik

8 rahasia James Bond yang tak diketahui publik
KoPi. James Bond, siapa yang tak kenal tokoh mata-mata asal Inggris ini? Sejak novel pertamanya terbit pada tahun 1953, James Bond punya banyak penggemar. Dari masa ke masa, tokoh rekaan Ian Flemming ini terus berubah, dengan semakin banyak wanita cantik dan teknologi yang makin ‘wah’. Tahun depan James Bond akan kembali dengan film terbarunya, "Spcetre". Namun rupanya James Bond masih punya rahasia yang belum banyak diketahui. Apa saja itu?
 

Nama James Bond diambil dari nama seorang ahli burung

Ian Flemming awalnya ingin menjadikan James Bond sebagai tokoh yang membosankan dan tidak menarik, namun selalu mengalami berbagai kejadian. Karena itu, ketika memilih nama yang tepat untuk tokoh itu, ia ingat salah satu buku favoritnya ketika kecil, sebuah ensiklopedia burung yang dikarang oleh James Bond. Ia menganggap nama itu sungguh membosankan, sehingga memiilih nama tersebut untuk tokoh mata-mata karangannya. Sekarang, nama yang membosankan tersebut dikenal sebagai nama tokoh paling menarik di dunia. Dan nampaknya, keluarga Bonds sangat berterimakasih pada Flemming atas pemilihan nama tersebut.

Pierce Bronsnan menjadi James Bond paling mematikan

James Bond dikenal sebagai mata-mata yang punya “Surat Ijin Membunuh” (License to Kill). Aktor Inggris Pierce Bronsnan memerankan James Bond dalam 4 film, yaitu “Goldeneye”, “Tomorrow Never Dies”, “The World Is Not Enough”, dan “Die Another Day”. Selama diperankan oleh Pierce Brosnan, Bond telah membunuh total 349 orang! 

Tokoh James Bond menjadi orang Skotlandia setelah diperankan Sean Connery

Awalnya Flemming tidak menjelaskan secara detil asal-usul James Bond hingga novel ke-7. Namun, setelah melihat akting Sean Connery di film James Bond pertama, “Dr. No”, Flemming memutuskan bahwa agen 007 ini berasal dari Skotlandia, tempat yang sama dengan asal Sean Connery.

Lagu tema James Bond berasal dari lagu tentang bersin

Percaya atau tidak, lagu tema James Bond yang menjadi ikon film ini sebenarnya berasal dari lagu drama musikal yang bercerita mengenai bersin. Drama yang diangkat dari sebuah novel tersebut gagal dan komposernya diminta memasukkan melodi lagu tersebut untuk film pertama Bond, “Dr. No”. Aslinya melodi tersebut berjudul “Bad Sign Good Sign”, yang kental dengan nuansa India dengan iringan sitar dan tabla.

Tokoh Q dalam James Bond dibuat berdasar ahli senjata yang menjadi penggemar James Bond

Dalam novel aslinya, Q sebenarnya merupakan nama unit yang menangani segala peralatan Bond. Namun, dalam film film “Dr. No”, Flemming merombak Q dan menjadikan sosok ahli senjata. Flemming melakukan hal itu se3telah seorang penggemar menulis surat padanya yang mengkritik senjata pilihan James Bond. Fans tersebut menulis senjata jenis Beretta yang dipakai Bond lebih mirip senjata yang dipakai wanita, dan ia mengusulkan Bond untuk memegang revolver.

Roald Dahl menulis skenario untuk film “You Only Live Twice”

Siapa yang menyangka film aksi mata-mata seperti James Bond ternyata ditulis oleh seseorang yang lebih dikenal sebagai penulis buku anak-anak? Skenario film “You Only Live Twice” ditulis oleh Roald Dhal, yang menjadi pengarang buku anak-anak seperti “Charlie and Chocolate Factory” dan “Matilda”.

Aktor Clint Eastwood pernah ditawari menjadi James Bond

Setelah Sean Connery tidak lagi menjadi tokoh James Bond, Clint Eastwood pernah didekati oleh sutradara film James Bond dan ditawari peran agen rahasia tersebut. Namun, Eastwood menolaknya karena merasa James Bond seharusnya diperankan oleh orang Inggris, bukan Amerika.

Presiden Kennedy penggemar berat 007 dan berharap punya staf seperti James Bond

President Amerika John F. Kennedy menjadi penggemar James Bond sejak istrinya menghadiahinya novel mata-mata Inggris tersebut. Ia sempat berceletuk bahwa ia ingin punya staf seperti James Bond ketika menghadapi isu Krisis Misil Kuba. Kennedy juga mengatakan novel “From Russia with Love” merupakan salah satu dari 10 buku favoritnya. “From Russia with Love” juga menjadi film terakhir yang ditonton Kennedy sebelum ia terbunuh.

Dari berbagai sumber

back to top