Menu
Pengakuan Baru: Perjanjian RI-Australia 1972 cacat hukum

Pengakuan Baru: Perjanjian RI-Austr…

Kupang-KoPi| Penulis Bu...

AKMIL Magelang manfaatkan lahan tidur untuk pertanian

AKMIL Magelang manfaatkan lahan tid…

Akademi Militer - Gubernu...

Gus Ipul berharap semua terbiasa baca shalawat

Gus Ipul berharap semua terbiasa ba…

  Surabaya-KoPi| Wa...

Perayaan Natal Keluarga Besar UAJY

Perayaan Natal Keluarga Besar UAJY

Sleman-KoPi| Universita...

Teliti isu multikultur dalam film Indonesia

Teliti isu multikultur dalam film I…

Bantul-KoPi| Sejarah pe...

Karwo Dorong Penerapan K3 Hingga Sektor UMKM

Karwo Dorong Penerapan K3 Hingga Se…

Surabaya-KoPi| Gubernur...

Susi Pudjiastuti diminta tegakkan kedaulatan Laut Timor

Susi Pudjiastuti diminta tegakkan k…

Kupang-KoPi|Pembela nel...

Kapolda DIY segera lakukan operasi pasar kontrol harga beras

Kapolda DIY segera lakukan operasi …

Sleman-KoPi|Kepala Pold...

Beberapa pejabat tinggi Polda DIY digeser

Beberapa pejabat tinggi Polda DIY d…

Sleman-KoPi|Polda DIY m...

Pengedar Sabu di Sleman berhasil ditangkap jajaran Polres Sleman

Pengedar Sabu di Sleman berhasil di…

Sleman-KoPi| Satuan res...

Prev Next

Usia agama Islam sudah mendekati titik akhir

Usia agama Islam sudah mendekati titik akhir

KoPi| Agama-agama samawi memiliki batas usia. Artinya ada periode kapan agama tersebut 'berakhir' dan ditandai oleh kehadiran periode yang sudah digariskan oleh Allah. Nabi Muhammad sendiri telah memberi isyarat usia agama Islam. Berakhirnya agama Islam ditandai oleh wafatnya Isa Al-Masih. Lantas sudah pada usia mana agama Islam ini? Kurang berapa tahun lagi?

Ulama Al Hafidz Ibnu Hajar menjelaskan bahwa usia agama Yahudi adalah umur umat Nasrani ditambah umur umat Islam. Jarak waktu (usia) umat Yahudi sampai diturunkannya Nabi Isa adalah 1500 tahun. Umur ummat Nasrani sejak diutusnya Nabi Muhammad SAW adalah 600 tahun. Sehingga umur Yahudi sama dengan umur agama Nasrani ditambah umur Islam.

Rumusnya menjadi umur Yahudi (1500) = Nasrani (900) + Islam (600). Ibnu Hajar menyebutkan bahwa ada tambahan 500 tahun sesuai hadis dari Sa'ad bin Abu Waqqash bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya saya berharap agar ummatku (Islam) tidak akan lemah di depan Tuhan mereka dengan mengundurkan umur mereka selama setengah hari. Kemudian Sa'ad ditanya: Berapakah lama setengah hari itu? Sa'ad menjawab: Lima ratus tahun" (HR Ahmad, Abu Dawud, Al Hakim, Abu Nu'aim disahihkan oleh Al Albani).

Maka menurut Ibnu Hajar usia Islam adalah 900+500= 1400 tahun, belum termasuk tambahan. Jika saat ini adalah 1436 Hijriah (2015 M) sesungguhnya sudah terlewati tahun batas usia Islam. Tambahan yang dimaksud adalah umur Nabi Muhammad SAW, sebab Islam adalah agama yang dirisalahkan melalui beliau. Selain itu ditambah 13 tahun sebab awal penulisan tahun Hijriah dimulai pada saat Nabi Muhammad hijrah ke Madinah dan 13 tahun selama tinggal di Mekah.

Perhitungan ini menyimpulkan bahwa usia Islam adalah 1400+63 (usia Rasulullah) + 13 (tahun Hijriah_ = 1476 tahun. Maka 1476 dikurang 1436 adalah 40 tahun. Maka 40 tahun adalah sisa ummat Islam. Lantas apa yang terjadi jika usia Islam berakhir? Selama 40 tahun matahari terbit dari barat, tobat sudah tidak diterima, sudah tidak ada mualaf lagi. 

Berdasar kalkulasi ini tahun 2055 apakah Islam sudah selesai di muka bumi ini? Artinya sabda Nabi Muhammad bahwa usia dunia tidak lebih dari jarak ujung jari telunjuk dan jari tengah (pendek) sangat relevan. Dan itu sebenarnya berarti kiamat sudah dekat. Bahasan ini sebenarnya adalah pengetahuan yang muktabar di kalangan ulama ahlul sunnah waljam'ah. Wallahu'alam* | Ucup |

back to top