Menu
Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredaran Tembakau Gorila di Yogyakarta.

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredara…

Sleman-kopi| Direktorat R...

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ketat Dengan Terjunnya 29 Ekor Anjing Pelacak dan Body Scanner.

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ke…

Sleman-KoPi| Komandan sat...

Prev Next

Lapisan ozon pelindung bumi

Lapisan ozon pelindung bumi

Bumi adalah tempat dan surga bagi para makhluk hidup. Bumi sendiri berada pada posisi paling akhir di planet dalam. Tidak seperti planet lain, pada bagian stratosfer (15-30Km) di atas bumi kita terdapat lapisan Ozon (O3). Ozon adalah lapisan yang sangat penting dan banyak manfaatnya bagi bumi dan makhluk hidup.

Lapisan ozon melindungi bumi dari pancaran sinar matahari yang berdampak negatif bagi kehidupan di bumi, salah satunya adalah melindungi dari Sinar UV (Ultraviolet) matahari yang sangat berlebihan, bahkan sinar tersebut dapat menyebabkan kanker bagi manusia. Peran lapisan ozon ini sangat penting untuk penyerapan UV dan melindungi seluruh bagian permukaan bumi.

Sinar Ultraviolet terbagi atas 3 jenis, yaitu UV-A, UV-B, dan UV-C. Sinar UV-A ini dapat menembus lapisan–lapisan  atmosfer dan memasuki permukaan bumi dengan begitu mudah. Sinar UV-B yang terpancar ke bumi akan terhalang oleh lapisan ozon,  tetapi tidak semua sinar UV-B dapat di halang oleh lapisan ozon. Sementara itu sinar UV-C dapat diserap hampir seluruhnya (97 – 99% ) oleh lapisan ozon sehingga tidak menjadi masalah bagi kehidupan di bumi.

Jika lapisan ozon rusak dan menipis, fungsi dan peran penting lapisan ini akan terganggu. Ozon tidak dapat menyerap sinar UV-B dan UV-C yang membahayakan bagi bumi dan manusia. Sinar UV-B dan UV-C akan masuk ke bumi dalam jumlah yang sangat besar.
Beberapa hal yang menyebabkan lapisan ozon menipis dan rusak adalah sinar UV sendiri, penebangan hutan illegal yang di lakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, efek rumah kaca dan gedung gedung tinggi yang didirikan oleh manusia, AC, Kulkas, bahan dorong dalam penyembur (aerosol), diantaranya kaleng semprot untuk pengharum ruangan, dan masih banyak lagi.

Ancaman terhadap keseimbangan ozon adalah kloroflorokarbon (CFC) yang mengakibatkan menipisnya lapisan ozon. CFC digunakan oleh masyarakat modern dengan cara yang tidak terkira banyak, misalnya dengan AC, kulkas, bahan dorong dalam penyembur (aerosol), diantaranya kaleng semprot untuk pengharum ruangan, penyemprot rambut atau parfum pembuatan busa, bahan pelarut terutama bagi kilang-kilang elektronik.

Satu buah molekul CFC memiliki masa hidup 50 hingga 100 tahun dalam atmosfer sebelum dihapuskan. Dalam waktu sekitar 5 tahun, CFC bergerak naik secara perlahan ke dalam stratosfer. Molekul CFC akan terurai setelah tercampur dengan sinar UV dan membebaskan atom klorin. Atom klorin ini berupaya memusnahkan ozon dan menghasilkan Lubang Ozon.

Akibat dari lapisan ozon yang menipis diperkirakan menjadi penyebab meningkatnya penyakit kanker kulit dan katarak. Sebaliknya jika terlalu banyak ozon di bagian bawah atmosfer membantu terjadinya kabut yang bercampur dengan asap, yang berakibat iritasi saluran pernapasan dan penyakit pernapasan akut.

Lubang ozon di Antartika di sebakan oleh penipisan lapisan ozon. Pembentukan “lubang” tersebut terjadi setiap bulan september dan pulih ke keadaan normal pada musim semi atau musim panas. Dalam bulan Oktober di tahun 1987, 10989, 1990, dan 1991, lubang ozon telah membesar dan melebar di seluruh Antartika dengan kenaikan 60%  .

Jika hal ini terus terjadi, sedikit demi sedikit gunung es yang ada di antariksa akan mencair dan volume air laut di bumi akan bertambah setiap tahunnya. Pulau pulau kecil yang ada di mumi akan tenggelam akibat hal ini. Kalau ini terus terjadi, bukan hanya pulau-pulau keci saja yang tenggelam, seluruh pulau dan benua yang ada di dunia akan tenggelam.

Ozon mempunyai manfaat bagi manusia yaitu dapat menghancurkan kuman dan bakteri yang menyebabkan penyakit, meningkatkan kemampuan darah untuk menyerap dan mengangkut lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh. Ozon juga dapat menghilangkan pencemaran di dalam air, membantu proses pencucian atau memutihkan kain, membantu dalam proses pewarnaan kain.

Ozon tidak dapat tercipta dengan cepat dan lubang ozon yang tercipta tidak dapat tertutup dalam waktu yang singkat. Cara yang tepat untuk mecegah pelebaran dan pembesaran ozon adalah dengan mengurangi kerusakan lapisan ozon. Beberapa cara untuk mengurangi kerusakan ozon adalah dengan beberapa kegiatan ramah ozon (ozone friendly).

Kurangi pemakaian barang-barang yang memiliki bahan yang dapat merusak ozone, salah satunya adalah barang yang mengandung CFC. Meminimalkan jumlah Air Conditioner (AC) yang di gunakan baik di rumah maupun di perkantoran. Selalu menerapkan 4R (melakukan : reduce, reuse, recycle, replace/replant). Mengurangi pembangunan rumah kaca atau gedung – gedung pencakar langit yang menggunakan banyak kaca.

Reboisasi dan menanam pohon di ruang yang terbuka adalah hal yang paling baik. Banyak fungsi dari pohon karena pohon adalah penghasil oksigen di muka bumi ini. Menanam pohon di bagian atas gedung agar sinar matahari yang terpantul akibat kaca gedung tertutup oleh pohon yang ditanam di atas gedung. Jika kendaraan pribadi tidak begitu di butuhkan lebih baik menggunakan alat transportasi publik yang ramah lingkungan dan juga selalu menghemat energi.| Diolah dari berbagai sumber

back to top