Menu
Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Doa bersama Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Masjid Al-Jihad Akmil Magelang

Doa bersama Memperingati Hari Kesak…

KoPi-Lembah Tidar. Minggu...

Prev Next

Beragam Khasiat Cucumis Sativus

Beragam Khasiat Cucumis Sativus

Banyak dijumpai di pasar tradisional maupun swalayan. Sayuran berkulit hijau yang memiliki daging yang lembab dan renyah ternyata menyimpan banyak khasiat. Memiliki nama ilmiah Cucumis Sativus tergolong ke dalam jenis Cucurbita (tanaman merambat).

Siapa yang tak mengenal mentimun,bukan?Sayuran yang mengandung banyak air ini dapat dijadikan sebagai bahan minuman pelepas dahaga. Sayuran ini dapat mengganti cairan tubuh akibat dehidrasi, karena mengadung banyak air dan elektrolit. Selain itu mentimun juga nikmat dimakan saat menyantap hidangan bersambal  sebagai lalapan.
Sayuran hijau menyegarkan ini banyak mengandung manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Mentimun memiliki berbagai kandungan zat seperti Elektrolit, Kalium, Mineral, Kalsium, Besi, Magnesium, Mangan, Fosfor, Seng, Karoten, Vitamin A,B,C, dan K.

Manfaat mentimun yang sudah sangat terkenal yaitu membuat kulit jadi lebih segar, menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekas noda jerawat. Biasanya mentimun dijadikan sebagai masker wajah. Sebab mentimun mengandung antioksidan seperti beta-karoten, alfa karoten, vitamin A, B, dan C yang bertindak sebagai zat perlindungan terhadap radikal bebas yang  dapat membantu untuk melembutan kulit, membuatnya lebih bening dan berkilau. Zat tersebut juga dapat mencegah efek penuan.

Sayuran hijau yang rendah kalori, tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol dapat mengurangi lemak dalam tubuh. Mentimun memiliki kandungan air 95% dan 5% serat, sehingga buah ini mampu membantu membersihkan racun yang ada di pencernaan dan tubuh. Selain itu juga dapat membantu memperlancar pencernaan hingga mampu memaksimalkan metabolisme tubuh. Maka mentimun dapat dijadikan sebagai makanan diet alami.

Sayuran mentimun yang dimakan setiap harinya dapat melangsingkan perut. Mentimun bisa dijadikan bahan lalap, salad, atau minuman jus. Untuk malam hari, sebaiknya mentimun dimakan tidak bersama karbohidrat. Kadar air dan serat yang cukup dapat membuat perut kenyang lebih lama dan dapat menunda lapar.

Mentimun juga mengandung kalium yang tinggi. Zat tersebut berperan sebagai penghasil elektrolit baik bagi hati sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium yang terdapat pada mentimun juga dapat mengatur irama detak jantung dengan melawan efek buruk dari natrium.
Sungguh luar biasa, pada sayuran lonjong berkulit hijau ini juga mengandung vitamin K sekitar 17 mg per 100 gramnya. Vitamin K memiliki peran untuk menguatkan tulang. Tidak hanya itu, vitamin K juga dapat mengobati pasien penyakit Alzheimer, yaitu dengan membatasi kerusakan pada saraf otak.

Untuk mendapatkan khasiat dari sayuran mentimun ini, konsumen harus pandai memilih mentimun yang segar. Memilih mentimun yang segar dapat dilihat dari warna mentimun yang hijau terang dan tekstur yang kokoh. Jangan membeli mentimun yang sudah berwarna kuning karena sudah lama dan dehidrasi. Jangan pula membeli mentimun berkerut karena  cenderung mengandung serat yang lebih larut dan biji keras. Usahakan menyimpan sayuran yang satu ini di lemari pendingin (kulkas) agar kadar air yang terkandung tidak habis.



 

 

 

back to top