Menu
UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan Pokok di Jatim Dipastikan Aman

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan…

Surabaya-KoPi|Menjelang b...

Pemerintah Bantul Siap Dukung Kontes Robot Indonesia di UMY

Pemerintah Bantul Siap Dukung Konte…

Sleman-KoPi| Menjelang pe...

Tahun Politik, Akun Buzzer di Media Sosial Bermunculan

Tahun Politik, Akun Buzzer di Media…

Sleman-KoPi| Menjelang pi...

Prev Next

Awas! Lama gadget-an, wajah menua dini

Awas! Lama gadget-an, wajah menua dini
KoPiLama bermain atau bekerja di depan komputer dan gadget bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit wajah. Pengerutan lebih cepat terjadi pada kulit wajah sehingga menyebabkan laki-laki dan perempuan tidak terlihat segar lagi. Ciri penuaan kulit wajah adalah kerut wajah, noda kehitaman atau kecoklatan (flek), dan bintil-bintil kecil (spruten). Anda tidak lagi tampan atau tidak lagi cantik karenanya.

News Medical misalnya, menjelaskan bahwa penuaan dini pada wajah makin dipengaruhi oleh kondisi gaya hidup termasuk berlama-lama di depan komputer atau gadget. Laporan penelitian dari Public Health Centre  di Universitas Maryland menyebutkan rata-rata lama individu di depan komputer atau gagdget untuk berbagai aktivitas adalah 18 jam per hari. Artinya wajah kena radiasi ultra violet selama lebih dari 60 persen waktu dalam sehari.

Menurut dokter Nisfu Laily, pakar kesehatan estetika, penuaan dini memang disebabkan oleh faktor intrinsik (dari dalam) dan ekstrinsik (dari luar). Faktor intrinsik adalah berkurangnya kadar kolagen dan elastin sebagai penyangga kulit. Tanpa dua dzat itu kulit wajah mudah berkeriput. Selain itu imbuh dokter cantik ini, berkurangnya asam hialuronat menyebabkan kulit wajah kering dan kurang kelembabannya.

Faktor ekstrinsik adalah radikal bebas akibat paparan radiasi sinar ultra violet (UV). Faktor ekstrinsik inilah yang juga menyebabkan rusaknya sel kulit. Dokter yang sehari-hari berjilbab ini menyarankan agar pria dan wanita tidak terlalu sering terpapar radiasi UV seperti dari matahari maupun di depan komputer berlama-lama.

"Hindari radiasi sinar UV ya. Usapkan krim pelindung radiasi. Jika peduli pada kesehatan kulit wajah, beri nutrisi yang dibutuhkan kulit. Selain itu jangan lupa cek kondisinya pada dokter".

Dokter Laily sering dimintai konsultasi kesehatan kulit wajah dari berbagai kalangan dan usia. Menurutnya salah satu kunci menjaga wajah dari penuaan dini adalah mengetahui cara-cara merawat, mencegah dan menangani wajah. Dokter yang menjadi konsultan estetika kesehatan kulit di Light Skin Clinic (LSC) juga menyarankan agar siapapun mau belajar tentang cara merawat kulit wajah. Beberapa informasi kesehatan kulit wajah bisa juga diakses di lightskinclinic.com. |Proyeksi Indonesia

back to top