Menu
Merapi Naik ke Status Waspada, Gempa Tremor dan Vulkanik Sempat Muncul Saat Letusan Freaktif.

Merapi Naik ke Status Waspada, Gemp…

Jogja-KoPi|Setelah Gunung...

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi| Gunung Merapi...

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran Persediaan Beras, Gula, dan Minyak Goreng di Yogyakarta Aman.

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran …

Jogja-KoPi| Perum Bulog d...

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Prev Next

Tim SAR Selayar mendapat apresiasi

Tim SAR Selayar mendapat apresiasi

Selayar-KoPi| Apresiasi yang tinggi disertai penghargaan tulus disampaikan Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, H. Saiful Arif, SH terhadap capaian keberhasilan tenaga tim potensi SAR kabupaten Kepulauan Selayar yang dalam dua hari penyisirannya telah berhasil mengumpulkan ceceran benda yang diduga merupakan serpihan pesawat Air Asia QZ 8501.

Pernyataan ini dilontarkan Saiful Arif dengan mendasari instruksi Wakil Presiden Republik Indonesia, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla yang sejak awal telah memerintahkan pengerahan segenap tenaga potensi SAR, baik Basarnas, institusi kepolisian, anggota TNI-AD, bersama personil TNI-AL dan segenap komponen pemerintahan lainnya untuk dapat mengerahkan seluruh potensi yang dimilikinya.

Wapres H.Muhammad Jusuf Kalla bahkan turut meminta bantuan nelayan serta warga masyarakat untuk menyampaikan sekecil-kecilnya informasi yang berkaitan dengan peristiwa hilang dan jatuhnya pesawat Air Asia QZ 8501, tandas Saiful Arif sembari menirukan instruksi Wapres.

Terkait hal tersebut, Wabup H. Saiful Arif, SH menegaskan, informasi dan temuan sekecil apapun yang telah berhasil dikumpulkan oleh tim tenaga potensi SAR di lapangan, patut untuk  diperhitungkan dan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur yang ada.

Berdasarkan pengalaman dan letak geografisnya yang memanjang dari utara ke selatan, Kabupaten Kepulauan Selayar memang kerap menjadi lokasi tempat terdamparnya beberapa puing-puing kapal maupun pesawat yang mengalami musibah di udara  dan kemudian terhempas ke laut.

Selain itu, Kabupaten Kepulauan Selayar juga dinyatakan telah beberapa kali menjadi tempat terdamparnya barang, mayat ataupun jenazah korban kecelakaan laut dan udara, tandas Wabup, H. Saiful Arif, SH.

Dalam kaitan itu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar menyatakan kesiapan untuk melakukan koordinasi dan memberikan bantuan penanganan jika jenazah korban pesawat Air Asia sampai terdampar di perairan laut Kepulauan Selayar.

Bilapun nanti, ada mayat yang terdampar dan diperoleh kepastian bahwa jenazah tersebut adalah korban pesawat Air Asia QZ 8501, maka pemerintah kabupaten akan berupaya maksimal untuk melakukan hubungan kontak kepada tim posko crisis centre, tempat dipusatkannya pencarian korban maupun bangkai pesawat.| Fadly Syarif

 

back to top