Menu
Pakde Karwo: Suasana Aman dan Nyaman Jadi Bagian Penting dalam Pembangunan di Jatim

Pakde Karwo: Suasana Aman dan Nyama…

Surabaya-KoPi| Suasana am...

Sosialisasikan Pentingnya Kesehatan Ibu Hamil, MMSA Berikan Wawasan Tentang Perdarahan

Sosialisasikan Pentingnya Kesehatan…

Bantul-KoPi| Sepanjang ...

Sambut Imlek, UAJY Gelar Pertunjukan Barongsai dan Liong LED

Sambut Imlek, UAJY Gelar Pertunjuka…

Sleman-KoPi| Sebagai wuju...

TARUNA - TARUNI TINGKAT II MELAKSANAKAN LATIHAN PRAMUKA YUDHA

TARUNA - TARUNI TINGKAT II MELAKSAN…

AKADEMI MILITER – KoPi|...

Creative Hub Fisipol UGM Resmi Luncurkan Kick-Off Program Talent Pitching

Creative Hub Fisipol UGM Resmi Lunc…

Sleman-KoPi | Terobosan...

Koperasi CPW Jatim Lakukan Kunker ke PT. Vitapharm

Koperasi CPW Jatim Lakukan Kunker k…

Surabaya-KoPi| Koperasi...

Pameran patung Komroden Haro

Pameran patung Komroden Haro

Pameran patung Komroden H...

Di Hadapan Peserta Lemhannas, Pakde Karwo Paparkan Budaya Lokal di Jatim

Di Hadapan Peserta Lemhannas, Pakde…

Surabaya-KoPi| Gubernur...

Penyelesaian Kasus Montara “Test Case” Komitmen Persahabatan Australia

Penyelesaian Kasus Montara “Test Ca…

Kupang-KoPi| Laporan In...

Prev Next

Pringgolayan meriahkan HUT RI dari karnaval kritik hingga kethoprak

Pringgolayan meriahkan HUT RI dari karnaval kritik hingga kethoprak

Yogyakarta-KoPi| Dalam memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia ke 70, Dusun Pringgolayan, Banguntapan, Bantul mengadakan serangkaian kegiatan lomba dan karnaval. Rangkaian acara "Semarak Pringgolayan" ini dibuka dengan lomba lari marathon yang diadakan pada Ahad (26/7) dan beberapa lomba lain. 

Sementara itu, untuk anak-anak, diadakan ‘wide games’ yaitu ‘menjelajah’ wilayah dusun dan mengunjungi beberapa pos yang telah disediakan dan harus menyelesaikan tugas di masing-masing pos minggu (2/8). Anak-anak berkelompok sesuai RTnya dan dituntut kreatif dalam membuat yel-yel kelompoknya.

Tidak hanya itu, ada pula lomba gerak jalan yang diikuti oleh anak-anak, bapak-bapak, dan ibu-ibu secara berkelompok pada minggu (2/8). Uniknya, masing-masing kelompok diwajibkan mengusung tema yang kemudian terlihat melalui kostum yang mereka kenakan. Mulai dari kostum hansip, hingga prajurit Pringgoloyo sukses menghibur masyarakat Dusun Pringgolayan dan sekitarnya.

Karnaval Budaya

Selain lomba, Semarak Pringgolayan juga diramaikan dengan karnaval yang cukup menarik. Pasalnya, masing-masing peserta mendapatkan tema yang berbeda-beda yaitu beberapa karakter provinsi di Indonesia seperti DI Yogyakarta, DKI Jakarta, DI Aceh, Bali, dan sebagainya.

Dalam karnaval itu peserta juga bebas memasukkan kritik sosial dan politik yang berkaitan dengan daerah-daerah tersebut, seperti belum meratanya BPJS di daerah NTB, korupsi, dan lain sebagainya.

Tujuan utama diadakan karnaval ini adalah untuk menunjukkan pada masyarakat hasil kerajinan imitasi warga Pringgolayan yang dikemas dalam parade budaya yang dengan kreativitas pesertanya, tidak hanya menampilkan produk kerajinan Pringgolayan dan budayanya, namun juga kritik sosial-politik yang merupakan bukti kepedulian warga Pringgolayan pada negaranya.

Rangkaian acara Semarak Pringgolayan ini rencananya akan ditutup dengan Pagelaran Budaya yang akan diadakan pada Sabtu (29/8) menampilkan pertunjukkan Ketoprak bertajuk “Pedhot Kali Brantas” yang merupakan persembahan warga Dusun Pringgolayan dan merupakan partunjukan yang terbuka untuk umum. |Diaz Septriana|

back to top