Menu
Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR Hemas Tekankan Penggunaan Teknologi dengan Bijak

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR…

Jogj-KoPi| Universitas At...

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabatan Bagi 2.065 CPNS 2018

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabat…

Surabaya-KoPi| Pemerintah...

UGM dan Twente University Teliti Kandungan Panas Bumi di Bajawa NTT

UGM dan Twente University Teliti Ka…

Flores-KoPi| Peneliti UGM...

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V Pajero Indonesia ONE di Surabaya

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V P…

Surabaya-KoPi| Dalam rang...

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswedan Tekankan Nilai Integritas

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswe…

Jogja-KoPi| Fakultas Huku...

Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Prev Next

Pesan Fatma Saifullah Yusuf tentang perempuan

Pesan Fatma Saifullah Yusuf tentang perempuan

Surabaya-KoPi| Perempuan merupakan posisi setara dalam setiap hubungan sosial masyarakat dengan peran dan fungsi strategis. Masyarakat menghadapi tantangan multidimensi baik secara sosial, ekonomi dan politik. Faktanya kaum perempuan, ibu, merupakan subyek sosial yang masih harus terus ditingkatkan kapasitasnya dalam menjawab tantangan multidimensi.

Demikian pesan Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf kepada para perempuan dan ibu melalui pidatonya di hadapan Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) pada Hari Rabu (3/1/14). Pada perhelatan IIDI dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-87 dan sekaligus serah terima kepengurusan lama periode 2008-2015, mengambil tema "Ikatan Istri Dokter Indonesia Berperan Serta dalam Program Nasional Gerakan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan untuk Menuju Indonesia Sehat".

Fatma hadir di acara IIDI tersebut sebagai Ketua Umum Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jawa Timur yang mana IIDI cabang Kota Surabaya merupakan salah satu anggota BKOW. Fatma menyatakan bahwa IIDI telah menjadi bagian dari pemberdayaan masyarakat secara baik.

"IIDI telah berperan serta dengan seluruh daya upaya mewujudkan masyarakat sehat dan sejahtera selain menjadi garda terdepan mendampingi profesi suami tercinta dalam menjalankan tugas dan baktinya."

Perempuan berkacamata yang aktif menggalakkan kegiatan kemanusiaan dan pemberdayaan ini, menjelaskan bahwa kaum perempuan sesungguhnya berperan sebagai motor perubahan (agent of change). Maknanya, perempuan dimandati oleh masyarakat untuk melakukan banyak hal positif dalam rangka menjawab masalah atau tantangan dalam masyarakat.

Pada kesempatan itu, Fatma yang juga merupakan istri Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jawa Timur, memberi tiga catatan kepada IIDI. Pertama, IIDI Kota Surabaya telah membuktikan eksistensinya sebagai organisasi yang matang. Namun demikian IIDI Kota Surabaya harus bisa menumbuhkan berbagai program kegiatan yang menggalang kepedulian sebagai strategi mencapai visi misi. 

Kedua, IIDI cabang Surabaya perlu membangun jaringan kerjasama dengan organisasi-organisasi perempuan lainnya, organisasi pemerintah dan non pemerintah yang memiliki keberpihakan kepada ibu dan anak. Ketiga, IIDI Cabang Surabaya berhasil menyusun kepengurusan baru periode 2015-2018 yang menandakan organisasi ini memiliki kekuatan untuk terus bekerja untuk masyarakat luas khususnya perempuan dan anak. |YP|

back to top