Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Lima ribu warga Jombang geruduk alun-alun kota gara-gara...

foto: Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf (Ketua Pengurus Provinsi Perwosi Jawa Timur) @YelloVivo foto: Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf (Ketua Pengurus Provinsi Perwosi Jawa Timur) @YelloVivo

Jombang-KoPi | Lima ribu warga Jombang geruduk alun-alun kota gara-gara ada aktivitas menarik. Mereka terlihat berbahagia berkumpul pada hari Minggu pagi ini (20/06). Pasalnya, pukul 06.00 pagi mereka mengikuti senam yang sedang populer di Jawa Timur, yaitu senam Rekreasi Perwosi Jawa Timur.  

 

Acara senam bersama tersebut digelar oleh Pengurus Provinsi Perwosi (Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia) Jawa Timur dan Pengurus Kabupaten Perwosi Jombang bersama masyarakat. Alunan musik dan gerakan senam yang dinamis membuat masyarakat secara riang mengikuti.

 

“Setiap minggu saya selalu ikut senam. Senang sekali ikut senam pagi ini, berkumpul dengan ribuan masyarakat Jombang lainnya” Ujar Enok salah satu peserta.

 

Kegiatan ini merupakan implementasi dari pelatihan dan sosialisasi Senam Rekreasi Perwosi 2 yang akan dilaksanakan di 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. 

 

Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf, selaku Ketua Pengurus Provinsi Perwosi Jawa Timur mengaku bangga dengan masyarakat Jombang yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

 

“Salah satu tujuan Perwosi adalah untuk menggerakan masyarakat untuk cinta olahraga. Ini dalam upaya membentuk Jawa Timur sehat dan tentunya Indonesia sehat” ujar Fatma.

 

Acara yang digelar di alun-alun kabupaten Jombang tersebut mendapat tanggapan sangat positif dari masyarakat.

 

“Suka banget sama gerakan senam Perwosi. Gerakannya enak, musiknya enak. Jadi setiap minggu selalu kepengen untuk senam di alun-alun. Perwosi sukses banget pokoknya,” tutur Ella, salah satu peserta setelah melakukan senam.

 

Ketua pengurus Kabupaten Perwosi Jombang, Ir. Hj. Tjaturina Wihandoko, MM, mengatakan bahwa masyarakat Jombang umumnya telah sadar kepentingan olahraga.

 

“Alhamdulillah mayoritas masyarakat Jombang telah sadar akan pentingnya olahraga untuk kesehatan. Setiap desa, kecamatan kita dukung untuk melakukan senam setiap minggu. Dan ini merupakan upaya untuk membentuk Jombang sebagai kabupaten sehat, ujar Tjatur sesaat setelah mengikuti senam.

 

Menurut Tjatur, olahraga merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan seseorang.

 

“Pilihan olahraga bisa bermacam, tenis, golf, senam, renang dan lain sebagainya. Namun, senam adalah olahraga yang tanpa mengeluarkan biaya dan bisa dilakukan oleh semua orang,” ujar istri Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko ini.

 

Sebelumnya, Fatma mengatakan bahwa senam merupakan upaya memberantas masalah kesenjangan sosial di Jawa Timur.  Sebab, baginya ketika masyarakat jarang berolahraga akan menyebabkan beberapa penyakit. Hal itu memunculkan masalah sosial dan kesenjangan di jawa Timur.

 

Keceriaan yang optimis masih menyelimuti paras manis Fatma Saifullah Yuruf ketika melihat antusiasme masyarakat dalam mengikuti senam tersebut.

 

“Semua sangat bersemangat mengikuti, suasananya meriah dan kompak. Terima kasih saya kepada Pengkab Perwosi Jombang yang sudah bekerja keras mewujudkan visi misi Perwosi untuk mengajak masyarakat mencintai olahraga, ” tuturnya.

 

Nantinya masih banyak kabupaten dan kota di Jawa Timur yang akan disambangi dalam upaya road show senam Rekreasi Perwosi 2.

 

“Pacitan, Pasuruan, kabupaten dan kota lainnya, Insya Allah akan menjadi tujuan kita selanjutnya,” tutup Fatma yang hari ini didapuk menjadi instruktur senam dadakan. |Labibah

back to top