Menu
Buya Syafi'i Ma'arif sebut Donald Trump sebagai orang gila

Buya Syafi'i Ma'arif sebut Donald T…

Sleman-KoPi| Buya Ahmad...

Taiwan Higher Education Fair UMY tawarkan beasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Taiwan

Taiwan Higher Education Fair UMY ta…

Bantul-KoPi Universitas...

Sekdaprov Jatim ajak Kab/Kota ciptakan Skema Pembiayaan Terintegrasi

Sekdaprov Jatim ajak Kab/Kota cipta…

Surabaya-KoPi| Sekdapro...

Mendikbub belum berlakukan UN model esai

Mendikbub belum berlakukan UN model…

Jogja-KoPi|Menteri Pend...

Muhammadiyah menyatakan sikap terkait bencana lingkungan

Muhammadiyah menyatakan sikap terka…

Bantul-KoPi| Majelis Li...

Mendikbud meresmikan Museum dan Galeri Tino Sidin

Mendikbud meresmikan Museum dan Gal…

Jogja-KoPi|Menteri Pend...

Para orangtua harus pahami kebutuhan anak difabel

Para orangtua harus pahami kebutuha…

Bantul-KoPi|Pola asuh ana...

Konektivitas Virtual Global: Peringkat Indonesia dan Jokowi Meningkat

Konektivitas Virtual Global: Pering…

Yogyakarta-KoPi | Kemud...

Gus Ipul Apresiasi Program Kepemilikan Rumah Bagi Driver Gojek

Gus Ipul Apresiasi Program Kepemili…

Surabaya-KoPi| Wakil Gu...

Akbar Tanjung: Munaslub cara utama selamatkan Golkar

Akbar Tanjung: Munaslub cara utama …

Sleman-KoPi| Wakil Dewa...

Prev Next

Berbagi bahagia bersama 1000 anak panti di Masjid KH Ahmad Dahlan UMY

Berbagi bahagia bersama 1000 anak panti di Masjid KH Ahmad Dahlan UMY

Bantul-KoPi| Bulan Ramadhan adalah bulan Ibadah, bulan berbuat baik, bulan kebaikan, bulan simpati, bulan pembebasan dari neraka, bulan kemenangan atas nafsu, dan kemenangan. Pada bulan tersebut, Allah melimpahkan banyak kerunia kepada hamba-hamba-Nya dengan dilipatgandakan pahala dan diberi jaminan ampunan dosa bagi siapa yang bisa memanfaatkannya dengan semestinya.

Bahkan semua orang berbondong-bondong untuk saling berbuat kebaikan di bulan yang suci ini. Dan salah satunya adalah Shadaqah. Hal ini dilakukan tak lebih untuk mengharapkan ridha-Nya dan berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang berhak menerimanya.

Hal ini pulalah yang juga dilakukan oleh Mahasiswa UMY yang tergabung dalam kegiatan Ramadhan di Kampus (RDK) dalam acara bertajuk “Bingkisan untuk 1000 Anak Panti” yang dilaksanakan di Aula Masjid KH. Ahmad Dahlan UMY pada Minggu (11/6).

Tampak ada yang berbeda saat menjelang berbuka kemarin sore. Jamaah yang biasanya didominasi oleh mahasiswa, kini bertambah dengan kehadiran 1000 anak yang berasal dari 16 Panti Asuhan Muhammadiyah di seluruh wilayah Yogyakarta. Acara ini memang dijadikan sebagai sarana untuk saling berbagi dengan sesama, terutama untuk berbagi kebahagiaan dengan anak panti.

Rizki Anfasa Farasmada, selaku koordinator acara RDK UMY saat diwawancarai BHP menjelaskan bahwa RDK kali ini berbeda dari RDK sebelumnya karena bekerjasama dengan Majelis Pelayanan Sosial (MPS) PP Muhammadiyah dan Lazismu.

“Acara ini melibatkan 1000 anak panti dari 16 Panti Asuhan Muhammadiyah di seluruh DIY. Untuk pelaksanaan kali ini kami bekerja sama dengan Majelis Pelayanan Sosial (MPS) PP Muhammadiyah dan Lazismu. MPS yang mendata Panti Asuhan yang diundang, dan Lazismu sebagai sponsor bingkisan,”terangnya.

Disela-sela acara, terdapat juga penampilan hiburan dari anak panti yang berasal dari dua panti berbeda. Yaitu Penampilan gerak dan lagu Islami dari Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan Kulonprogo. Dengan senyum riang, sebanyak lima anak perempuan bernyanyi dan bergerak bersama mengikuti alunan musik.

Sementara Panti Asuhan dari Kulonprogo lainnya, Panti Asuhan Binausadah Muhammadiyah juga turut menampilkan empat anak dalam pagelaran parody bertajuk “Santri Cinta Budaya” yang mengundang gelak tawa seluruh peserta yang hadir. Mereka berhasil mencairkan suasana dengan aksi yang mereka tampilkan.

Di penghujung acara, sebanyak 1000 bingkisan dibagikan kepada 1000 anak panti yang telah datang. Bingkisan tersebut berupa paket alat sekolah yang meliputi buku, bulpen, pensil dan crayon. Penyerahan simbolik diberikan oleh Miftahul Haq S.H.I., M.S.I selaku Ketua Takmir Masjid KH. Ahmad Dahlan UMY. Acara kemudian dilanjutkan dengan buka puasa dan sholat maghrib berjamaah.

Dalam penutupnya, Rizki berharap pemberian bingkisan ini dapat memberi manfaat kepada anak-anak panti yang datang. “Semoga bingkisan ini dapat bermanfaat bagi adik-adik panti untuk keperluan sekolah. Untuk kedepannya, pelaksanaan RDK semoga lebih baik lagi dan kerjasama dengan Lazismu dan MPS tetap berjalan,”pungkasnya. (bagas)

back to top