Menu
Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi | Balai Penyel...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Gerakan Filantropi Islam Sebagai Deradikalisasi

Gerakan Filantropi Islam Sebagai De…

Sleman-KoPi| Dewasa ini, ...

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adalah Persatuan dan Kesatuan

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adala…

Jatim-KoPi| Salah satu ku...

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehakiman Masih Berpusat Pada Institusi Bukan Hakim Secara Personal

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehak…

Sleman-KoPi|Kemerdekaan k...

Merapi Naik ke Status Waspada, Gempa Tremor dan Vulkanik Sempat Muncul Saat Letusan Freaktif.

Merapi Naik ke Status Waspada, Gemp…

Jogja-KoPi|Setelah Gunung...

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi | Gunung Merap...

Prev Next

Tur wisata Sedina Mampir di Desa Mangir bersama finalis Dimas-Diajeng Bantul 2016

Tur wisata Sedina Mampir di Desa Mangir bersama finalis Dimas-Diajeng Bantul 2016

Bantul-KoPi| Sepuluh Finalis Dimas Diajeng Bantul 2016 berkolaborasi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Mangir akan menyelenggarakan Semampir atau Sedino Mampir Ning Jumat, 15 Juli 2016 di Dusun Mangir, Sendangsari, Pajangan, Kabupaten Bantul. Sebuah acara tur wisata berbasis kultur pedesaan di Bantul Yogyakarta.

Menurut Benecdictus Prabandanu, ketua panitia dan salah satu finalis Dimas Bantul 2016 tur wisata ini akan dimulai pukul 01:00 hingga 17:00 WIB.

"Setelah rehat dua jam, nanti akan dilanjutkan dengan prosesi Gedir pada pukul 19:00 hingga pukul 22:00 WIB. Pada acara gedir ini akan menampilkan kesenian tari dan gamelan dari Mangir dan guest star seorang budayawan serta penampilan dari finalis Dimas Diajeng Bantul 2016." Jelas Benecdictus.

Sementara itu Asalia Noor Hanjani, salah satu finalis mengatakan rangkaian kegiatan tur wisata ini bertujuan untuk mempromosikan Desa Wisata Mangir dan kearifan lokalnya kepada masyarakat luas.

New Picture 8

 

Acara ini juga bagian rangkaian seleksi Dimas Diajeng Bantul 2016 dimana para finalis akan mendapat kesempatan untuk terjun langsung ke desa wisata yang ada di Bantul, merancang dan melaksanakan program kegiatan untuk promosi serta bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

Benecdictus juga menjelaskan program wisata Semampir ini adalah untuk mengenalkan masyarakat pada akar kultur lokal di Desa Wisata Mangir.

"Ada 4 pos yang nantinya akan dikunjungi oleh peserta. Pos pertama adalah kunjungan di Watu Gilang dimana, konon disinilah Ki Ageng Mangir bertapa, pos kedua berada di sebuah joglo yang tidak jauh dari pos pertama.

Nah, di pos kedua ini peserta akan mencicipi makanan khas tradisional dari Mangir dan makanan khas Bantul serta stand makanan lain yang dapat dibeli sebagai oleh – oleh. Selanjutnya, pos ketiga adalah di Petilasan Ki Ageng Mangir Wonoboyo yang merupakan kompleks candi kecil namun menawan," terang Benecdictus dalam rilisnya.

Pos yang terakhir atau pos ke empat berada di Tempuran Ngancar atau di sebuah rumah yang berada di pertemuan antara Sungai Bedog dan Sungai Progo. Di sini peserta tur akan menikmati pertunjukan kesenian reog warga Mangir, mengunjungi pameran seni kayu hasil kreatifitas warga Desa Wisata Mangir, dan pemandangan alam yang indah untuk berfoto.

Setelah mengunjungi pos terakhir, peserta akan diantar untuk menuju sebuah joglo tempat dimana perayaan Gedir dilaksanakan. Peserta akan disambut dengan penampilan gamelan dari warga Mangir sambil menikmati minuman dan snack yang tersedia.

Setelah itu, peserta yang hendak pulang akan diantar dengan menggunakan kereta mini menuju parkiran.

Target peserta dari Tur wisata Semampir ini terbuka untuk umum yang berjumlah 100 peserta saja tanpa dipungut biaya.

Semua peserta boleh mengikut photowalk atau lomba foto yang hadiah utamanya adalah action camera. Sedangkan acara Gedir sendiri terbuka untuk umum yang diperkirakan akan dihadri oleh 200 orang, baik itu warga Mangir, masyarakat sekitar dan tamu undangan.

Hingga saat ini pendaftaran masih dibuka sampai hari Rabu, 13 Juli 2016. Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat di Instagram @semampirmangir atau dapat menghubungi CP 089608242461(Dimas DIka), 081904148449 (Diajeng Dera).

back to top