Menu
Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Gerakan Filantropi Islam Sebagai Deradikalisasi

Gerakan Filantropi Islam Sebagai De…

Sleman-KoPi| Dewasa ini, ...

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adalah Persatuan dan Kesatuan

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adala…

Jatim-KoPi| Salah satu ku...

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehakiman Masih Berpusat Pada Institusi Bukan Hakim Secara Personal

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehak…

Sleman-KoPi|Kemerdekaan k...

Prev Next

Pasar Kangen Jogja Bakal Kembali Hadir

Pasar Kangen Jogja Bakal Kembali Hadir

Siaran Perss Taman Budaya Yogyakarta

Taman Budaya Yogyakarta (TBY) untuk keenam kalinya bakal menggelar even tahunan Pasar Kangen Jogja 2014. Kegiatan yang bakal dilaksankan 18-24 Agustus 2014 ini untuk memanjakan masyarakat yang ingin menikmati suasana tempo dulu. Ada 45 stand kuliner tradisi, 41 stand kerajinan, dan 20 kelompok kesenian tradisi bakal tampil di Pasar Kangen Jogja nantinya.

Kegiatan Pasar Kangen Jogja dilakukan untuk memberikan ruang kepada pelaku seni tradisi di Jogja. Untuk pelaksanaan tahun ini, pelaksanaannya nanti mencoba menitik beratkan untuk mengembalikan khitah Pasar Kangen Jogja yang memang dilangsungkan untuk memberikan ruang kepada mereka yang masih memegang teguh nilai-nilai tradisi. Banyak kelompok kesenian tradisi dan pelaku kuliner yang hingga kini masih menjaga nilai tradisi khas Yogya, dan Taman Budaya Yogyakarta bermaksud member ruang melalui agenda tahunan Pasar Kangen Jogja ini. 

“Kami melakukan seleksi ketat untuk pengisi stand kuliner, agar kuliner yang hadir memang yang benar-benar tradisi khas Jogja. Selama pelaksanaannya nanti penjaga standnya diwajibkan mengenakan pakaian tradisi juga, ini yang membedakan dengan event serupa lainnya, “ ujar Sri Eka Kusumaningayu, ketua panitya Pasar Kangen Jogja.

Stand kuliner yang hadir dalam Pasar kangen nanti bakal menyajikan beragam dagangan mulia dari kuliner lawasan seperti hawug-hawug, thiwul, lopis ketan, wedang uwuh, cenil, arak keeling, gatot, tempe bacem dan sejenisnya. Produk kerajinan berbasis lawasan juga digelar seperti wayang kardus, topeng kayu, minitaur prajurit kraton, cincin akik, kaos motif lawasan dan sebagainya.

"Tidak ketinggalan perabot bekas pakai yang digekar mulia dari kotak perhiasan, arca batu kecil, cermin, pigura. Bagi pecandu musik lawasan dapat menawar gramphone lengkap dengan perbagai album musik piringan hitam dan kaset lawasan. Kami mengharapkan kegiatan ini selain dapat dinikmati wisatawan juga dapat mengobati rasa kangen warga Yogyakarta sendiri dan eks Yogya terhadap suasana lawasan. Maka Pasar Kangen dapat menjadi salah satu obat pelepas rindu mereka pada saat suasana lama di Yogyakarta," tandas Sri Eka Kusumaningayu.

Bagi masyarakat yang ingin terlibat dalam acara Pasar kangen ini, panitya membuka kesempatan mulai 14-24 Juli 2014 untuk mendaftarkan diri ke Sekretariat Pasar Kangen Jogja yang ada di Taman Budaya Yogyakarta. Untuk pendaftaran stand panitya mematok harga stand yang murah dan sangat terjangkau, tapi yang terpenting harus menyajikan dagangan yang bernilai tradisi. Panitya juga membuka kesempatan bagi komunitas-komunitas di Yogya untuk bergabung memeriahkan Pasar Kangen Jogja.(*)


Yogyakarta, 10 Juli 2014

Salam Budaya
Ketua Panitya Pasar Kangen Jogja (Sri Eka Kusumaningayu/08170419881)
Humas Pasar Kangen Jogja (Eko Nuryono/087738371295)

back to top