Menu
Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi| Gunung Merapi...

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran Persediaan Beras, Gula, dan Minyak Goreng di Yogyakarta Aman.

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran …

Jogja-KoPi| Perum Bulog d...

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan Pokok di Jatim Dipastikan Aman

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan…

Surabaya-KoPi|Menjelang b...

Prev Next

Pameran patung di Yogyakarta

Pameran patung di Yogyakarta

Yogyakarta-KoPi. Taman Budaya Yogyakarta (TBY) bersama Asosiasi Pematung Indonesia (API) Yogyakarta akan melakukan pameran patung "RUANG-RUANG KECIL" pada bulan Maret 2014 pada tanggal 20 s/d 27 Maret 2014 bertempat di Taman Budaya Yogyakarta. Pembukaan Pameran ini akan dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta Bapak Drs. GBPH YUDANINGRAT, MM, pada 20 Maret 2014 pukul 19.30 WIB.

Pameran ini melibatkan seniman patung dari berbagai media penciptaan. Karya-karya patung akan dipamerkan dalam ruang pamer yang terbuka untuk seluruh masyarakat kota Yogyakarta.Asosiasi Pematung Indonesia (API) adalah organisasi yang mewadahi pematung Indonesia mengaktualisasi profesinya.

 

Organisasi ini terbentuk karena seni patung di Indonesia belum berperan optimal di masyarakat. Adapun organisasi API dibentuk pada tahun 2000, API diprakarsai pembentukannya di Yogyakarta oleh sekelompok pematung senior seperti G.Sidharta Soegijo (alm), Pamungkas Garjito, Soewardi, Anusapati, Kasman KS (alm) dan para pematung muda seperti Syahrizal Koto, Komroden Haro, Rudi Mantofani, dan lain-lain.

 

Organisasi ini dibentuk menanggapi aspirasi dari para pematung Yogyakarta yang menginginkan suatu terobosan dalam pengembangan seni patung di Indonesia dan Yogyakarta pada khususnya. Menandai berdirinya API pada November 2000 Drs. Diah Tutuko Suryandaru, kepala TBY, kegiatan ini sebagai upaya nyata TBY untuk memberi ruang ekspresi bagi seniman-seniman Yogya pada umumnya dan seniman patung secara khusus. Ruang ekspresi bagi seniman sangat penting agar seniman mampu menunjukan karya-karya kepada publik kesenian.

 

"Terciptanya ruang-ruang ekspresi bagi seniman ini menjadi jembatan agar publik bisa mengapreasi karya mereka. Pameran Patung ini adalah salah satu wujud agar komuniasi seniman dan publik ini terbangun, sehingga karya seniman tidak mandeg dan selalu ada unsur-unsur kebaruan dalam setiap karyamereka," ujar Drs. Diah Tutuko Suryandaru,Rabu (19/2).

 

Masih menurut Drs. Diah Tutuko Suryandaru, TBY membuka peluang seluas-luasnya bagi seniman Yogya untuk menampilkan karya seninya. Masih banyak space-space kosong di TBY yang bisa direspon seniman patung untuk menampilkan karya terbaik mereka.

 

"Kreativitas seniman tidak boleh terhambat agar kreativitas seniman tidak mandeg. TBY berupaya mendorong seniman untuk menampilkan hal-hal baru dalam berkarya. Pameran patung ini, juga sebagai upaya TBY untuk mendorong agar tercipta regenerasi bagi seniman patung di Yogya yang saat ini bisa dibilang mandeg," tandas Drs. Diah Tutuko Suryandaru.

 

Pameran patung ini terbuka untuk umum dan gratis, setiap harinya dibuka mulai 10.00 WIB sampai 21.00 WIB.(*)

 

 

back to top