Menu
Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi | Balai Penyel...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Gerakan Filantropi Islam Sebagai Deradikalisasi

Gerakan Filantropi Islam Sebagai De…

Sleman-KoPi| Dewasa ini, ...

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adalah Persatuan dan Kesatuan

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adala…

Jatim-KoPi| Salah satu ku...

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehakiman Masih Berpusat Pada Institusi Bukan Hakim Secara Personal

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehak…

Sleman-KoPi|Kemerdekaan k...

Merapi Naik ke Status Waspada, Gempa Tremor dan Vulkanik Sempat Muncul Saat Letusan Freaktif.

Merapi Naik ke Status Waspada, Gemp…

Jogja-KoPi|Setelah Gunung...

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi | Gunung Merap...

Prev Next

Natal “Go Green” di UAJY

Natal “Go Green” di UAJY

Jogja-KoPi| Penanaman pohon dan penggunaan bahan daur ulang ternyata bisa juga dikaitkan dengan perayaan Natal. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dalam perayaan Natal 2015 dibalut dalam nuansa Go Green.

Semangat ini dimunculkan dalam lomba suasana natal. Hiasan-hiasan Natal yang dibuat oleh tiap unit sarat dengan aksesoris dari barang-barang bekas seperti koran bekas, disk, dan barang-barang yang sudah tidak terpakai lainnya. Merayakan suka cita Natal dengan semangat Go Green, bukan saja merupakan kesadaran terhadap nilai-nilai kearifan yang hidup dalam setiap ajaran agama di dunia ini.

Lebih dari itu, semangat tersebut kemudian diaplikasikan ke dalam kehidupan nyata. Sebuah tanggung jawab yang senantiasa diletakkan di pundak generasi sekarang untuk peduli dan tetap melestarikan lingkungan hidup sebagai warisan terhadap generasi mendatang. Selain itu, berbagai macam lomba Natal juga diselenggarakan, mulai lomba untuk anak-anak sampai lomba yang diperuntukkan dosen serta karyawan.

Dalam sambutan pembukaannya, Rektor UAJY, Dr. Gregorius Sri Nurhartanto, SH. LL.M. menegaskan, “Di tengah era globalisasi yang ditengarai oleh lunturnya nilai-nilai kepedulian, kita memiliki tugas mulia, yakni membangkitkan kembali dan sekaligus menyemaikan nilai-nilai kearifan melalui gerakan Go Green ini. Bahwa perayaan Natal tidak hanya dirayakan dengan penuh sukacita yang tanpa batas, akan tetapi dengan kesadaran terhadap pelestarian lingkungan dan kepedulian untuk berbagi dengan sesama.” Demikian pungkas Rektor.

Melalui lomba suasana natal antar unit yang menyaratkan pemakaian barang bekas, Panitia hendak mengajak seluruh komunitas untuk ikut melestarikan lingkungan dan menerapkan pola-pola ramah lingkungan di dalam kehidupan sehari-hari. Lomba ini kemudian dilanjutkan dengan berbagai lomba pada Minggu, 20 Desember 2015. Diawali dengan lomba untuk anak-anak, antara lain lomba lektor, lomba mazmur, lomba mewarnai, dan lomba menggambar secara berantai. Sementara itu, di ruang terpisah lainnya berlangsung lomba vocal group yang diikuti oleh karyawan dan dosen. Semua lomba tersebut berlangsung di Gedung Thomas Aquinas Kampus 2 UAJY.

Dalam puncak perayaan Natal yang digelar pada Minggu, 10 Januari 2016, tema Perayaan Ekaristi yang diambil adalah “Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah” dan diselenggarakan di Auditorium kampus 3 Gedung Bonaventura UAJY. Acara ini dihadiri oleh keluarga karyawan dan dosen UAJY. Paduan suara SD Kanisius Pugeran yang diiringi musik angklung dan keyboard telah menyemarakkan suasana ekaristi kudus tersebut.

Pada saat kotbah misa ditampilkan pertunjukan drama anak, yang menceriterakan keinginan anak-anak untuk memiliki hadiah Natal yang tidak pernah habis. Hadiah tersebut adalah kelahiran dan kehadiran Yesus yang selalu ada dan tidak pernah habis untuk menyelamatkan umat manusia. Setelah ibadat selesai dilaksanakan, ditampilkanlah dua penampilan peserta vocal group dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Fakultas Hukum.

Rangkaian kegiatan perayaan Natal masih akan diselenggarakan pada tanggal 17 Januari 2016. Panitia berencana melaksanakan kegiatan Bakti Sosial berupa penanaman pohon di kompleks Makam Keluarga UAJY dan bakti sosial di Panti Asuhan “Hamba Allah” Pakem serta Panti Asuhan “Bina Putra”, Klodran, Bantul.|Graha | Bertha

back to top