Menu
RUU Permusikan dan Kebrutalan Spirit Kapitalisme

RUU Permusikan dan Kebrutalan Spiri…

Anang Hermansyah, anggota...

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Prev Next

Kabupaten Jombang raih penghargaan Daerah Berprestasi dari Pemerintah RI

Kabupaten Jombang raih penghargaan Daerah Berprestasi dari Pemerintah RI

Jombang-KoPi| Untuk pertama kalinya Kabupaten Jombang meraih penghargaan bertajuk Daerah Berprestasi Penerima Dana insentif Daerah Tahun 2016. Penghargaan ini diberikan kepada Pemkab Jombang atas capaian kinerja kesehatan fiskal dalam pengelolaan keuangan daerah,kinerja pelayanan dasar publik serta kinerja ekonomi dan kesejahteraan.

Penghargaan ini diberikan Presiden Ir.H Joko Widodo kepada Bupati Nyono Suharli Wihandoko di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/12/15). Dalam kesempatan ini Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Jusuf Kalla serta Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro. Kabupaten Jombang menjadi salah satu dari 66 kota dan kabupaten yang mendapatkan anugerah itu.

"Alhamdulillah, ini merupakan anugerah bagi Kabupaten Jombang, sebab selain beberapa penghargaan yang telah diraih sebelumnya, kali ini Kabupaten Jombang kembali menjadi Kabupaten dengan pencapaian kinerja kesehatan fiskal dalam pengelolaan keuangan daerah. Apalagi ini seluruh Indonesia, hanya 66 Kabupaten dan kota yang mendapat penghargaan ini,"kata Bupati Nyono Suharli sesaat setelah menerima penghargaan.

Bupati Nyono Suharli menjelaskan, ada dua kriteria sehingga Kabupaten Jombang mendapatkan penghargaan ini. Diantaranya adalah mendapatkan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecuslisn (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait laporan keuangan pemerintah daerah. Sedangkan yang kedua adalah daerah yang menetapkan peraturan daerah (Perda) tetntang anggaran pendapatan belanja daerah tepat waktu.

“Selama tiga tahun berturut turut Kabupaten Jombang mendapatkan WTP dari BPK. Kita juga memiliki keunggulan pada pada kedisiplinanmenetapkan perda APBD tepat waktu sejak tahun 2013,sehingga penghargaan ini merupakan reward yang cukup berharga atas kerja keras semua pihak selama ini,”tambah Bupati.

Selain Opini WTP dari BPK dan ketepatan waktuPerda APBD, kriteria lainnya yakni kesehatan fiskal. Dijelaskan oleh Bupati Nyono Suharli bahwa Kabupaten Jombang mampu meningkatkan kemampuan keuangan, pendapatan asli daerah dan efektif dalam penggunaan anggaran yang dapat dikategorikan sehat fiskal.

“Jombang berhasil menaikkan pendapatan asli daerah sejak 2013 lalu dari pajak daerah dan restribusi, seperti dari Pajak Bumi dan bangunan, Pajak Restoran maupun pajak dari sektor lainnya,”jelasnya.

(Foto : Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko mendapat ucapan selamat dari Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro usai acara)

Meskipun demikian,Bupati Nyono Suharli menghimbau kepada semua pihak, baik Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) untuk terus meningkatkan semangat kinerjanya. Sehingga kedepan penghargaan seperti ini dapat dipertahankan.

“Saya minta kepada seluruh jajaran untuk terus mengoptimalkan kinerjanya, terutama kinerja dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Selain itu saya ucapkan terima kasih atas kesadaran masyarakat dalam ketaatannya membayar pajak,”tegas Bupati Nyono Suharli.

back to top