Menu
Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Prev Next

Festival Teater Jogja 2015 bakal digelar di Taman Budaya Yogyakarta

Festival Teater Jogja 2015 bakal digelar di Taman Budaya Yogyakarta

Jogja-KoPi| Sebanyak lima kelompok teater akan ikut ambil bagian untuk memeriahkan Festival Teater Jogja 2015 yang digelar di Taman Budaya Yogyakarta, 25-27 September 2015 setiap pukul 19.00 WIB.

"Tahun ini, penyelenggaraan Festival Teater Jogja akan memasuki tahun ke tujuh. Tema yang diangkat adalah Jogja Masa Depan yang dijadikan rujukan untuk melakukan pembacaan atas isu-isu sosial, budaya, politik, ekonomi, dan kehidupan sosial keagamaan di Yogyakarta masa depan,"kata Kepala Taman Budaya Yogyakarta Diah Tutuko Suryandaru di Yogyakarta.

Kelompok teater yang akan tampil, lanjut dia, adalah kelompok yang belum pernah tampil dalam festival teater yang digelar oleh Taman Budaya Yogyakarta sebelumnya. Selain kelima kelompok teater yang terpilih, juga akan tampil satu kelompok penampil ekspedisi yakni Teater Gunung Puyuh.

Lima kelompok yang dijadwalkan tampil dalam festival itu adalah Es Campur akan mementaskan pertunjukan berjudul BAHARI-HARU dan Teater Sarang Burung dengan judul 'Bla Bla Bla' pada Jumat (25/9) di Concert Hall Taman Budaya.

Pada Sabtu (26/9) akan tampil Teater Sawah Ladang dengan pertunjukan berjudul Mimpi Partini dan Teater Suto dengan judul DALIMIN atawa lossing control. Lokasi pentas di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta.

Sedang pada Minggu (27/9) akan tampil Teater Sawo Matang dengan judul SAKSI BISU & RASA-RASA yang BICARA dan dipungkasi penampilan eksibisi dari Teater Gunung Puyuh yang bakal menampilkan lakon garapan NYADRAN KANG SEJO MELIHAT TUHAN. Setiap kelompok teater diberi selama 45 menit dan maksimal 60 menit untuk menampilkan pertunjukannya.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Teater Jogja 2015 Sri Wahyuni mengatakan, kegiatan tersebut bisa menjadi ruang apresiasi publik dan parameter perkembangan teater di Yogyakarta. Festival ini terbuka untuk umum. Masyarakat tidak akan dipungut biaya jika ingin melihat pertunjukan ini.

Selaku ketua panitya Festival Teater Jogja 2015, Sri Wahyuni berharap festival teater ini dapat mendorong perkembangan teater di Yogyakarta, khususnya pengembangan kelompok-kelompok teater yang masih baru.

"Kelompok teater yang masih baru perlu terus dibina dan dikembangkan sehingga memiliki kualitas yang baik. Kegitan ini juga akan semakin mengukuhkan Yogyakarta sebagai kota seni dan budaya. Semoga ajang festival ini bisa menjadi ruang apresiasi publik dan parameter perkembangan teater di Yogyakarta," kata Sri Wahyuni.

back to top