Menu
Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredaran Tembakau Gorila di Yogyakarta.

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredara…

Sleman-kopi| Direktorat R...

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ketat Dengan Terjunnya 29 Ekor Anjing Pelacak dan Body Scanner.

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ke…

Sleman-KoPi| Komandan sat...

Prev Next

Druwo art space siap menggelar pameran seni rupa

Druwo art space siap menggelar pameran seni rupa

Jogja-KoPi| Druwo art space siap menggelar pameran seni rupa pada 14 april – 19 april 2016 di N-Workshop, Jl. Suryodiningratan No.37, Mantrijeron Yogyakarta. Event pameran tahunan ini dihelat untuk memberikan kesempatan dan peluang bagi para perupa muda di Yogyakarta dalam memberikan gagasan serta menunjukan potensi, kreativitas dan eksistensinya dalam proses berkesenian.

Pameran seni rupa ini merupakan penyelenggaraan yang ke-3, setelah sebelumnya pernah dihelat pada 2014 dan 2015, dengan mengangkat tema yang berbeda. Pada 2016 ini, pameran seni rupa ini mengusung tema “pameran bersama nyawiji”.

Tema “pameran bersama nyawiji” tersebut sengaja digagas Druwo art space untuk memperluas cakupan pemikiran dan praktik seni rupa yang tak ada batasan ruang dan media seperti ditunjukkan oleh judul. Karena itulah, perhelatan kali ini menampilkan 42 karya hasil olah cipta 21 perupa yang berasal dari berbagai macam latar.

Pameran yang akan berlangsung merupakan pameran kelompok perupa muda Yogyakarta, yang mengambil katanya dalam bahasa jawa yaitu nyawiji. Dalam bentuknya, karya seni yang akan hadir merupakan karya dua dimensi dan keramik. Secara konseptual, karya yang hadir merupakan representasi dari kata kebersamaan yang ditafsirkan oleh masing-masing perupa dengan berbagai macam teknik, jenis, media dan pola yang berbeda.

Kebersamaan dalam hal ini di hadirkan pada karya masing-masing perupa. Masyarakat umum memandang sebuah lukisan yaitu suatu bidang gambar dengan ukuran besar, menggunakan media kanvas, dan menggunakan bahan cat seperti minyak atau akrilik.

Sedangkan dalam pameran kali ini gambar-gambar yang dihasilkan secara teknis cenderung sedikit menggunakan media dan jenis-jenis cat pada umumnya dan menghadirkan bentuk ukuran yang lebih kecil dan minimalis serta lebih cenderung sederhana dengan menggunakan medium kertas dan pena, Secara umum dapat disebut sebagai seni drawing.

Kebersamaan yang ingin dibangun melalui pameran ini yaitu dari karya-karya minimalis tersebut disatukan dan ditata sedemikian rupa hingga membentuk satu bidang besar dengan penamaan satu tema karya. Ide untuk mewujudkan karya ini merupakan bentuk pemanfaatan dari keterbatasan ruang alternatif secara positif.

Pameran Seni Rupa dengan Tema “pameran bersama nyawiji” ini diharapkan secara kontinyu mampu merangsang iklim berkesenian yang positif serta produktivitas para perupa muda sehingga dapat mengangkat potensi serta mengembangkan seni rupaYogyakarta. Selain itu, juga diharapkan mampu meningkatkan apresiasi masyarakat luas terhadap seni rupa.
 

back to top