Menu
Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi| Gunung Merapi...

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran Persediaan Beras, Gula, dan Minyak Goreng di Yogyakarta Aman.

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran …

Jogja-KoPi| Perum Bulog d...

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan Pokok di Jatim Dipastikan Aman

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan…

Surabaya-KoPi|Menjelang b...

Prev Next

Adrinov A.Chaniago : Pengusaha ada persoalan dengan mentalitas

Adrinov A.Chaniago : Pengusaha ada persoalan dengan mentalitas Sumber : Sorotnews.com

Surabaya-KoPi. Reformasi birokrasi sebenarnya bukanlah hal baru yang saat ini muncul dan berkembang di masyarakat. Sejak dilengserkannya Orde Baru, banyak pihak yang memunculkan wacana reformasi birokrasi untuk menyejahterahkan masyarakatnya. Akan tetapi nyatanya, wacana reformasi birokrasi yang didengung-dengungkan tak kunjung terjadi. Justru yang terjadi adalah birokrasi yang semakin lama justru mencekik dan menyulitkan masyarakatnya.


Melakukan reformasi birokrasi bukanlah hal yang mudah, terlebih kebobrokan birokrasi yang terpupuk selama bertahun-tahun kini semakin dinikmati oleh para birokrat yang duduk di kursi jabatannya. Sulitnya mewujudkan reformasi birokrasi selama ini dianggap oleh Andrinov A.Chaniago sebagai indikasi adanya masalah dalam mentalitas masyarakatnya.

Andrinov A.Chaniago yang merupakan tim ahli Jokowi-JK dalam seminar mendalami visi dan misi program Jokowi-JK tentang reformasi birokrasi dan efektivitas pemerintahan di Hotel Santika Premiere Gubeng, Selasa (1 Juli 2014), menyatakan perlunya pembenahan pembangunan mentalitas. Dirinya memberikan contoh para pengusaha yang melakukan kong kalikong dengan birokrasi untuk memuluskan usahanya memiliki persoalan dengan mentalitas.

“Pengusaha ada persoalan dengan mentalitas, Kalau mentalitas pengusaha itu bagus, dia tidak mau ajak birokrasi untuk kongkalikong dia lebih baik pilih usaha yang lain yang tidak dipersulit birokrasi” ucap Andrinov A.Chaniago.

Uang pelicin bukanlah lagi sekedar istilah, uang pelicin memang benar-benar menjadi pelicin bagi siapapun untuk memudahkan urusan administrasinya.  Dengan uang pelicin, administrasi memang menjadi lebih mudah bagi yang mampu memberikan pelicin. Akan tetapi dampak lebih jauh dari pelicin tersebut akan menimbulkan kesenjangan di masyarakat. Oleh karena itu menurut Andrinov A.Chaniago, Revolusi mental Jokowi adalah program yang tepat untuk mengikis permasalahan tersebut.

Andrinov A.Chaniago kemudian juga menambahkan apabila birokrasi dikelola dengan tepat maka akan memunculkan keuntungan yang berguna bagi kesejahteraan rakyat. Dirinya juga menyinggung penerapan pajak online di DKI Jakarta yang merupakan hasil dari reformasi birokrasi di bidang perpajakan.***


Reporter : Aditya Lesmana

back to top