Menu
Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Gerakan Filantropi Islam Sebagai Deradikalisasi

Gerakan Filantropi Islam Sebagai De…

Sleman-KoPi| Dewasa ini, ...

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adalah Persatuan dan Kesatuan

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adala…

Jatim-KoPi| Salah satu ku...

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehakiman Masih Berpusat Pada Institusi Bukan Hakim Secara Personal

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehak…

Sleman-KoPi|Kemerdekaan k...

Prev Next

Workshop UAJY: Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar

Workshop UAJY: Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar

Jogja-KoPi| PP No. 24 Tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan menyebutkan bahwa Perpustakaan Sekolah/Madrasah adalah perpustakaan yang merupakan bagian integral dari kegiatan pembelajaran dan berfungsi sebagai pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berkedudukan di sekolah/madrasah.

Untuk mendukung pengembangan pengelolaan perpustakaan sekolah terutama di SMP/SMA se-DIY, Perpustakaan UAJY bekerja sama dengan KKP (Kantor Kerjasama dan Promosi) UAJY menyelenggarakan workshop mengenai pengembangan perpustakaan di Ruang Seminar Kampus IV, Gedung Teresa, Babarsari pada Jumat, 15 Januari 2016 sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat.

Workshop pengembangan perpustakaan sekolah ini dilaksanakan dengan mengundang 36 (tiga puluh enam) pegawai atau staff perpustakaan sekolah swasta Katolik se DIY. Workshop berlangsung dalam dua sesi. Sesi pertama dibuka oleh Bp. Agus Putranto M.Si. selaku kepala KKP (Kantor Kerjasama dan Promosi). Dalam materinya Agus mengemukakan tentang profesionalisme pengelolaan perpustakaan melalui peningkatan motivasi kerja.

Pemateri kedua adalah Anastasia Trisusiati, M.A., atau dikenal sebagai Susi, selaku kepala Perpustakaan UAJY yang menyampaikan materi tentang pengembangan perpustakaan sekolah. Menurut Susi, para pengelola perpustakaan seharusnya mampu mencermati kondisi perpustakaan sekolah dalam pengembangannya melalui pendekatan standarisasi perpustakan yang meliputi enam standar perpustakaan.

Susi melihat bahwa keadaan perpustakan di sekolah swasta Katolik belum memenuhi standar yang ada, oleh karenanya workshop ini dinilai memiliki urgensi yang tinggi untuk membantu kesulitan kinerja perpustakaan sekolah.

"Workshop ini bertujuan, 1. Berjejaring dan membentuk wadah melalui Asosiasi Perpustakaan Sekolah Katolik DIY, 2. Mengupayakan agar setiap perpustakaan sekolah katolik di DIY mengembangkan perpustakaan sekolah sesuai standard nasional, 3. Mendukung dan mengembangkan minat baca peserta didik di sekolah Katolik DIY, 4. Sebagai salah satu upaya khusus untuk menurunkan gap yang terjadi pada perpustakaan sekolah katolik di DIY," demikian tegas Susi.

back to top