Menu
Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Prev Next

Workshop UAJY: Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar

Workshop UAJY: Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar

Jogja-KoPi| PP No. 24 Tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan menyebutkan bahwa Perpustakaan Sekolah/Madrasah adalah perpustakaan yang merupakan bagian integral dari kegiatan pembelajaran dan berfungsi sebagai pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang berkedudukan di sekolah/madrasah.

Untuk mendukung pengembangan pengelolaan perpustakaan sekolah terutama di SMP/SMA se-DIY, Perpustakaan UAJY bekerja sama dengan KKP (Kantor Kerjasama dan Promosi) UAJY menyelenggarakan workshop mengenai pengembangan perpustakaan di Ruang Seminar Kampus IV, Gedung Teresa, Babarsari pada Jumat, 15 Januari 2016 sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat.

Workshop pengembangan perpustakaan sekolah ini dilaksanakan dengan mengundang 36 (tiga puluh enam) pegawai atau staff perpustakaan sekolah swasta Katolik se DIY. Workshop berlangsung dalam dua sesi. Sesi pertama dibuka oleh Bp. Agus Putranto M.Si. selaku kepala KKP (Kantor Kerjasama dan Promosi). Dalam materinya Agus mengemukakan tentang profesionalisme pengelolaan perpustakaan melalui peningkatan motivasi kerja.

Pemateri kedua adalah Anastasia Trisusiati, M.A., atau dikenal sebagai Susi, selaku kepala Perpustakaan UAJY yang menyampaikan materi tentang pengembangan perpustakaan sekolah. Menurut Susi, para pengelola perpustakaan seharusnya mampu mencermati kondisi perpustakaan sekolah dalam pengembangannya melalui pendekatan standarisasi perpustakan yang meliputi enam standar perpustakaan.

Susi melihat bahwa keadaan perpustakan di sekolah swasta Katolik belum memenuhi standar yang ada, oleh karenanya workshop ini dinilai memiliki urgensi yang tinggi untuk membantu kesulitan kinerja perpustakaan sekolah.

"Workshop ini bertujuan, 1. Berjejaring dan membentuk wadah melalui Asosiasi Perpustakaan Sekolah Katolik DIY, 2. Mengupayakan agar setiap perpustakaan sekolah katolik di DIY mengembangkan perpustakaan sekolah sesuai standard nasional, 3. Mendukung dan mengembangkan minat baca peserta didik di sekolah Katolik DIY, 4. Sebagai salah satu upaya khusus untuk menurunkan gap yang terjadi pada perpustakaan sekolah katolik di DIY," demikian tegas Susi.

back to top