Menu
Mahasiswa UGM Inovasikan Produk Senyawa Atasi Limbah Tambang

Mahasiswa UGM Inovasikan Produk Sen…

Sleman-KoPi| Tim mahasisw...

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letusan Efusif Yang Aman.

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letu…

Jogja-KoPi| Kepala Balai ...

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di Proses Magmatisnya.

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di…

Jogja-KoPi| Balai Penyeli...

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Prev Next

Wisuda Sarjana dan Pascasarjana UAJY Periode I Tahun Akademik 2015/2016: Menjadi Lulusan yang unggul, inklusif, humanis, dan berintegritas

Wisuda Sarjana dan Pascasarjana UAJY Periode I Tahun Akademik 2015/2016: Menjadi Lulusan yang unggul, inklusif, humanis, dan berintegritas

Jogja-KoPi|Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kembali menyelenggarakan upacara wisuda sarjana dan pascasarjana pada hari Sabtu, 28 November 2015 di Ruang Auditorium Kampus II, Gedung Thomas Aquinas, Babarsari.

Pada upacara wisuda Periode I Tahun Akademik 2015/2016 ini UAJY meluluskan 362 sarjana dengan rincian 323 sarjana strata satu dan 39 sarjana strata dua (magister). sebanyak 52 lulusan atau 14,36% dari total lulusan dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude. Prodi Ilmu Komunikasi dan Akuntansi merupakan prodi yang paling banyak memiliki lulusan dengan predikat cum laude (masing-masing sebanyak 10 wisudawan dengan komposisi 3 pria dan 7 wanita).

Dalam pidato sambutannya, Rektor UAJY, Dr. Gregorius Sri Nurhartanto, SH., LL.M. menegaskan bahwa, selain menjadi universitas dengan jumlah peminat yang besar dari berbagai daerah di Indonesia, UAJY juga merupakan universitas yang memiliki jumlah mahasiswa asing cukup banyak.

Kondisi demikian semoga menjadi penanda bahwa kualitas dan pelayanan pendidikan di UAJY mendapatkan apresiasi yang tinggi di masyarakat dan mengindikasikan bahwa beberapa program studi di UAJY telah mendapat pengakuan internasional.

Rektor juga menyinggung persoalan hilangnya jiwa berkorban yang berimbas pada degradasi kehidupan politik. Politik kemudian menjelma menjadi political crowded (kegaduhan politik), di mana para elite secara anarkhis menguras kekayaan negara untuk ongkos transasksi kekuasaan. Korupsi berkembang menjadi syndrome-anomy di mana masyarakat tidak lagi berpandangan negatif terhadap korupsi.

Kegaduhan politik ini paralel dengan kerusakan banyak aspek bernegara. Realitasnya, politik telah menginvasi hukum dan membajak institusi-institusi demokrasi serta menundukkan diri kepada berhala uang, politik suap, pasar suara, dan transasksi politik yang mengisi setiap lorong dan sudut ruang politik. Gonjang-ganjing kasus Pimpinan Lembaga Tinggi Negara baru-baru ini yang terindikasi “meminta bagian” saham PT. Freeport dapat dirujuk betapa menyedihkannya imbas dari kegaduhan politik tersebut.

Bagi UAJY yang memiliki semboyan “Bukan Ilmu Semata” maka dalam menjalankan proses belajar mengajar serta mendidik para mahasiswa menjadi lebih pintar secara akademis bukanlah satu-satunya tujuan yang hendak diraih.

“Ada tujuan dan harapan yang lebih mulia yang senantiasa ingin dicapai UAJY, yakni, agar setiap mahasiswa mampu menemukan dan mengembangkan potensi diri seutuhnya serta mengalami transformasi hidup menjadi pribadi yang bersesuaian dengan visi dan misi yang senantiasa diperjuangkan oleh UAJY, yaitu lulusan yang unggul, inklusif, humanis, dan berintegritas.

Pendidikan nilai ini akan selalu diterapkan oleh UAJY sebagai wujud tanggung jawab sekaligus pembekalan terhadap para lulusannya dalam menghadapi gempuran globalisasi yang berimbas pada pertentangan nilai dan moralitas,” tegas Rektor UAJY. (KHSP)

back to top