Menu
Teroris mencoba mengebom Masjidil Haram

Teroris mencoba mengebom Masjidil H…

Makkah-KoPi| Aksi teroris...

Segera daftarkan kompetisi usaha kreatif  SOPREMA sebelum tutup 9 Juli 2017

Segera daftarkan kompetisi usaha kr…

Jogja–KoPi| Ratusan peser...

Mosul segera akan dibebaskan dari cengkeraman ISIS

Mosul segera akan dibebaskan dari c…

Baghdad-KoPi| Pembebasan ...

Instagram desainer muslimah Jogja kena hack

Instagram desainer muslimah Jogja k…

Yogyakarta-KoPi | Akun me...

Basarnas minta masayarakat cepat hubungi lewat Call Center 115 bila ada masalah

Basarnas minta masayarakat cepat hu…

Bantul-KoPi|Plt Kepala Ba...

KASAD SAFARI RAMADAHAN DI AKADEMI MILITER

KASAD SAFARI RAMADAHAN DI AKADEMI M…

Akmil – Kepala Staf Angka...

Basarnas siagakan anggotanya mengawal liburan Idul Fitri1438

Basarnas siagakan anggotanya mengaw…

Bantul-KoPi|Badan SAR Nas...

PLN janjikan tak ada pemadaman listrik selama lebaran di Jateng dan DIY

PLN janjikan tak ada pemadaman list…

Jogja-KoPI|PLN Jawa Tenga...

Inilah 5 alasan PLN mencabut subsidi istrik

Inilah 5 alasan PLN mencabut subsid…

Jogja-KoPi| Audi Damal, M...

Wakil Rektor UMP jadi Doktor ke-40 UMY

Wakil Rektor UMP jadi Doktor ke-40 …

Bantul-KoPi| Wakil Rektor...

Prev Next

Universitas Indonesia naik peringkat dari 325 menjadi 277 dunia

Universitas Indonesia naik peringkat dari 325 menjadi 277 dunia

Jakarta-KoPi| Peringkat Universitas Indonesia (UI) di level dunia naik ke posisi 277 dunia dari sebelumnya peringkat 325 dunia atau naik sebanyak 48 poin dari peringkat pada 2016.

"Pemeringkatan ini menegaskan kembali akan expertise UI sebagai universitas terbaik bangsa pada bidang sosial humaniora, kesehatan dan sains teknologi," kata Rektor UI Muhammad Anis, Kamis (8/6).

Ia mengatakan, pencapaian UI merupakan hasil kerja keras segenap sivitas akademika UI. Tahun 2017, UI tetap menggencarkan pelaksanaan konferensi internasional guna memacu pengembangan budaya riset dan inovasi serta meningkatkan jumlah publikasi jurnal ilmiah internasional.

"UI fokus pada pengembangan riset dan inovasi yang berbasis pada pemberian solusi atas permasalahan bangsa. Pada perhitungan yang dilakukan oleh tim Quacquarelli Symonds (QS), tahun ini UI mengalami peningkatan signifikan pada performa International Faculty." Jelas Muh Anis.

Dalam upaya internasionalisasi, UI menambah jumlah dosen asing dan peneliti asing untuk dapat memberikan ajaran kepada mahasiswa UI serta memberikan pengalaman kepada dosen UI untuk mengajar di universitas asing mitra UI di luar negeri, tulis Muh Anis.

Peningkatan performa berikutnya terlihat pada indikator Academic Reputation dan Employer Reputation. Berdasarkan survei yang telah dilakukan tim intelejen QS terhadap para pimpinan perusahaan, lulusan UI berkompeten, inovatif serta efektif di dalam bekerja dan mengimplementasikan keilmuannya.

"Kami bangga bahwa UI telah berhasil masuk ke dalam 300 besar perguruan tinggi terbaik di dalam peta pendidikan dunia internasional," ujarnya.

Ia menjelaskan, salah satu upaya yang UI lakukan adalah dengan pemenuhan indikator yang digunakan oleh lembaga pemeringkatan bergengsi dunia ini.

Lebih lanjut, Anis mengatakan, bahwa UI akan gencar melakukan peningkatan mutu pengajaran, pengabdian masyarakat serta terlibat dalam penelitian mutakhir untuk turut berkontribusi menghasilkan lulusan unggul untuk menciptakan nilai kompetitif dan unggul bangsa ini.

Kepala Humas dan KIP Universitas Indonesia, Rifelly Dewi Astuti mengatakan hasil pemeringkatan ini menjadi bukti bahwa Pendidikan Tinggi di Indonesia telah direkognisi dunia dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya dari negara di Asia, Australia maupun Eropa.

Ia mengatakan, pemeringkatan dilakukan oleh Quacquarelli Symonds World University Ranking 2017/2018 terhadap lebih dari 959 Perguruan Tinggi di 84 negara di duniayang dirilis pada Kamis (8/6) melalui situs https://www.topuniversities.com/university-rankings/world-university-rankings/2018

Felly mengatakan UI berhasil mempertahankan posisinya menjadi universitas terbaik di Indonesia selama 6 tahun berturut-turut menurut hasil publikasi tahunan QS University Ranking.

QS University Ranking merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI untuk mengukur kualitas kelembagaan Perguruan Tinggi di Indonesia menuju World Class University.|AntaraNews

back to top