Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

UMY Kembangkan pendidikan skala nasional dan internasional

UMY Kembangkan pendidikan skala nasional dan internasional

Yogyakarta-KoPi, Pada usianya yang ke-33, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tetap meneguhkan komitmennya untuk mengembangkan pendidikan yang kompetitif. Tidak hanya dalam lingkup nasional, namun juga internasional. Kredo "muda mendunia" yang telah dicanangkan sejak Milad UMY ke-31, menjadi bukti atas komitmen UMY.

“Sekalipun dalam usianya yang masih muda, berbagai prestasi serta penghargaan tingkat nasional dan internasional juga telah berhasil dicapai oleh UMY,” jelas Rektor UMY, Prof. Bambang Cipto, MA, Rabu (30/4/2014).


Dalam perkembangannya, UMY semakin menunjukkan eksistensi, prestasi dan luasnya pergaulan UMY hingga level internasional. Jaringan kerja sama dengan berbagai partner di luar negeri dan prestasi dosen dan mahasiswa, baik di bidang akademik maupun non-akademik, telah diakui di tingkat regional, nasional maupun internasional.


Selain itu, UMY juga selalu menjaga komitmen untuk melaksanakan catur darma pendidikan tinggi: sebagai pusat pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Di samping itu, juga menjadi pusat pembinaan karakter generasi muda, dengan cara memberikan pemahaman dan memperdalam ajaran Islam secara menyeluruh agar bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.


Melalui pendidikan dan pengajaran di dalamnya, UMY bertekad melahirkan generasi muda calon pemimpin bangsa yang memiliki integritas kepribadian dan moralitas yang Islami, dalam konteks kehidupan individu dan sosial. Mahasiswa juga diberikan pembelajaran ke-Islaman dalam program Kuliah Intensif Al-Islam (KIAI) dan tadarus di awal perkuliahan. “Hal ini dilakukan sebagai upaya pembinaan terhadap mahasiswa sehingga mahasiswa dapat menjadi insan akademis yang berkarakter dan berkepribadian Muslim,” kata Bambang Cipto.


Komitmen UMY sebagai institusi pendidikan  berskala nasional dan internasional telah dibuktikan dengan berbagai capaian berharga sepanjang tahun 2013 hingga 2014. Sebagai perguruan tinggi swasta (PTS), kapasitas institusi dan efektivitas pendidikan di UMY juga telah diakui pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi dengan status akreditasi A atau sangat baik. Status akreditasi ini menjadikan UMY sejajar dengan perguruan tinggi ternama di Indonesia: Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung.


Selain itu, hingga tahun 2014, mahasiswa UMY juga banyak yang berhasil menorehkan prestasinya dalam berbagai ajang kejuaraan dan kompetisi, baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.

Reporter: Affan Safani Adham

 

back to top