Menu
Teroris mencoba mengebom Masjidil Haram

Teroris mencoba mengebom Masjidil H…

Makkah-KoPi| Aksi teroris...

Segera daftarkan kompetisi usaha kreatif  SOPREMA sebelum tutup 9 Juli 2017

Segera daftarkan kompetisi usaha kr…

Jogja–KoPi| Ratusan peser...

Mosul segera akan dibebaskan dari cengkeraman ISIS

Mosul segera akan dibebaskan dari c…

Baghdad-KoPi| Pembebasan ...

Instagram desainer muslimah Jogja kena hack

Instagram desainer muslimah Jogja k…

Yogyakarta-KoPi | Akun me...

Basarnas minta masayarakat cepat hubungi lewat Call Center 115 bila ada masalah

Basarnas minta masayarakat cepat hu…

Bantul-KoPi|Plt Kepala Ba...

KASAD SAFARI RAMADAHAN DI AKADEMI MILITER

KASAD SAFARI RAMADAHAN DI AKADEMI M…

Akmil – Kepala Staf Angka...

Basarnas siagakan anggotanya mengawal liburan Idul Fitri1438

Basarnas siagakan anggotanya mengaw…

Bantul-KoPi|Badan SAR Nas...

PLN janjikan tak ada pemadaman listrik selama lebaran di Jateng dan DIY

PLN janjikan tak ada pemadaman list…

Jogja-KoPI|PLN Jawa Tenga...

Inilah 5 alasan PLN mencabut subsidi istrik

Inilah 5 alasan PLN mencabut subsid…

Jogja-KoPi| Audi Damal, M...

Wakil Rektor UMP jadi Doktor ke-40 UMY

Wakil Rektor UMP jadi Doktor ke-40 …

Bantul-KoPi| Wakil Rektor...

Prev Next

UAJY Fasilitasi Kedutaan Besar Amerika Serikat adakan YSEALI

UAJY Fasilitasi Kedutaan Besar Amerika Serikat adakan YSEALI

Sleman-KoPi| Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) memiliki komitmen untuk membuka diri terhadap kerjasama internasional dan menjadi tempat diadakannya dialog antar budaya dari seluruh dunia.

Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan UAJY menjadi fasilitator para peserta program Young Southeast Asian Leader Initiative (YSEALI) dari Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk belajar mengenai budaya, bahasa, dan kehidupan sosial masyarakat Jawa.

Program ini diikuti oleh sepuluh mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia dan mahasiswa Puget Sound University, USA. Program ini dibentuk sejak tahun 2013 dan diinisiasi oleh mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama ini salah satunya bertujuan menguatkan hubungan antara Amerika Serikat dan komunitas negara ASEAN dalam bidang lingkungan, sumber daya alam, kewirausahaan, dan ekonomi.

Selama dua minggu berada di Yogyakarta yaitu mulai dari tanggal 24 Mei-5 Juni 2017 para peserta program YSEALI belajar tentang cara membuat batik, mengunjungi desa-desa, Candi Borobudur, belajar Bahasa Indonesia dan berusaha memahami problematika budaya masyarakat Jawa.

Setelah selama dua minggu mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan kebudayaan maka pada hari Senin, 5 Juni 2017 diadakanlah closing ceremony sebagai penutup dari program dari YSEALI ini. Acara closing ceremony dibuka dengan penampilan Tari Nawang Sekar oleh dua mahasiswa UAJY yang berasal dari Madagaskar dan Timor Leste dan dilanjutkan dengan sharing pengalaman tentang kesan dan pesan setelah mengikuti program YSEALI selama dua minggu.

“Meskipun baru dua minggu berada di Indonesia saya dan juga murid-murid lainnya yang dari Amerika sudah mendapatkan teman dekat dari Indonesia, selain itu Yogyakarta adalah kota budaya yang indah dan menakjubkan,” ujar Austin Daniel salah satu mahasiswa dari University of Puget Sound.

“Melalui program YSEALI yang diadakan di Yogyakarta dan difasilitasi oleh UAJY ini kami berharap budaya dari Yoyakarta tidak hanya dilihat dan dipelajari tapi juga bisa dikenang sehingga di masa depan para mahasiswa dari Amerika dapat mengajak orang-orang dari Amerika untuk datang ke Yogyakarta dan juga untuk memperkuat hubungan mereka dengan Yogyakarta,” ujar Agus Putranto M.Si Kepala Kantor Kerjasama dan Promosi UAJY.

.

back to top