Menu
Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi| Gunung Merapi...

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran Persediaan Beras, Gula, dan Minyak Goreng di Yogyakarta Aman.

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran …

Jogja-KoPi| Perum Bulog d...

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan Pokok di Jatim Dipastikan Aman

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan…

Surabaya-KoPi|Menjelang b...

Prev Next

UAJY Fasilitasi Kedutaan Besar Amerika Serikat adakan YSEALI

UAJY Fasilitasi Kedutaan Besar Amerika Serikat adakan YSEALI

Sleman-KoPi| Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) memiliki komitmen untuk membuka diri terhadap kerjasama internasional dan menjadi tempat diadakannya dialog antar budaya dari seluruh dunia.

Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan UAJY menjadi fasilitator para peserta program Young Southeast Asian Leader Initiative (YSEALI) dari Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk belajar mengenai budaya, bahasa, dan kehidupan sosial masyarakat Jawa.

Program ini diikuti oleh sepuluh mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia dan mahasiswa Puget Sound University, USA. Program ini dibentuk sejak tahun 2013 dan diinisiasi oleh mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama ini salah satunya bertujuan menguatkan hubungan antara Amerika Serikat dan komunitas negara ASEAN dalam bidang lingkungan, sumber daya alam, kewirausahaan, dan ekonomi.

Selama dua minggu berada di Yogyakarta yaitu mulai dari tanggal 24 Mei-5 Juni 2017 para peserta program YSEALI belajar tentang cara membuat batik, mengunjungi desa-desa, Candi Borobudur, belajar Bahasa Indonesia dan berusaha memahami problematika budaya masyarakat Jawa.

Setelah selama dua minggu mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan kebudayaan maka pada hari Senin, 5 Juni 2017 diadakanlah closing ceremony sebagai penutup dari program dari YSEALI ini. Acara closing ceremony dibuka dengan penampilan Tari Nawang Sekar oleh dua mahasiswa UAJY yang berasal dari Madagaskar dan Timor Leste dan dilanjutkan dengan sharing pengalaman tentang kesan dan pesan setelah mengikuti program YSEALI selama dua minggu.

“Meskipun baru dua minggu berada di Indonesia saya dan juga murid-murid lainnya yang dari Amerika sudah mendapatkan teman dekat dari Indonesia, selain itu Yogyakarta adalah kota budaya yang indah dan menakjubkan,” ujar Austin Daniel salah satu mahasiswa dari University of Puget Sound.

“Melalui program YSEALI yang diadakan di Yogyakarta dan difasilitasi oleh UAJY ini kami berharap budaya dari Yoyakarta tidak hanya dilihat dan dipelajari tapi juga bisa dikenang sehingga di masa depan para mahasiswa dari Amerika dapat mengajak orang-orang dari Amerika untuk datang ke Yogyakarta dan juga untuk memperkuat hubungan mereka dengan Yogyakarta,” ujar Agus Putranto M.Si Kepala Kantor Kerjasama dan Promosi UAJY.

.

back to top