Menu
Gunung Merapi Berpeluang Alami Letusan Efusif Yang Aman.

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letu…

Jogja-KoPi| Kepala Balai ...

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di Proses Magmatisnya.

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di…

Jogja-KoPi| Balai Penyeli...

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Gerakan Filantropi Islam Sebagai Deradikalisasi

Gerakan Filantropi Islam Sebagai De…

Sleman-KoPi| Dewasa ini, ...

Prev Next

Prodi Pertahanan Nasional UGM bangunkan Kesbang Linmas dari tidur

Prodi Pertahanan Nasional UGM bangunkan Kesbang Linmas dari tidur

Jogja-KoPi| Modal demokrasi nusantara semakin minim guna menyikapi perubahan sosial dalam Kesejateraan Pembangunan dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas) yang terjadi di tingkat daerah maupun perkotaan.

Menanggapi persoalan itu Program Studi Pertahanan Nasional merealisasikan gagasannya melalui pelatihan bertema Revitalisasi tugas pokok dan fungsi badan Kesbang Linmas Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta guna meningkatkan kesatuan dan persatuan bangsa di Gedung Pascasarjana UGM (23/11).

Ketua panitia Imam Subkhi mahasiswa S2 Prodi Ketahanan Nasional, memaparkan bahwa Kesbang Linmas memiliki tugas pokok untuk mengumpulkan data tentang kesejahteraan pembangunan di lintas daerah untuk diusulkan pada pemerintah agar secepatnya untuk ditindaklanjuti.

Selain itu pelatihan ini bertujuan untuk “memberikan wawasan baru pada pegawai Kesbang Linmas se- Daerah Istimewa Yogyakarta karena masih banyak persoalan yang perlu diselesaikan baik ditingkat pedesaan maupun perkotaan,” ujar Imam.

Kegiatan ini juga dibuka sebagai wahana aktualisasi dari mahasiswa Pascasarjana Ketahanan Nasional melalui sharing Knowledge dengan persaonel badan Kesbang Linmas se-Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Fokus dari diskusi ini yaitu masih banyak persoalan yang perlu disikapi termasuk peraturan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya ditingkat profensi.

Sila Pemateri dalam diskusi menegaskan bahwa pemimpin di Indonesia belum sepenuhnya seperti yang kita harapkan, karena semua pemimpin dari partai politik pasti memiliki kepentingan terselubung baik dalam hal pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu Kesbang Linmas memiliki tanggung jawab penting menjadi penyelamat pemerintah baik ditingkat desa maupun di perkotaan.

"Karena dapat kita ketahui bahwa ormas dan partai politik sangat lemah menghadapi permasalahan-permasalahan tentang kesejahteraan dan pembangunan di masyarakat,"tambah Sila.

Kesejateraan Pembangunan dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas) memiliki tugas pokok dalam mengatasi pergulatan yang dapat mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara, sesuai pada undang-undang no 24 tahun 2004 yang menjelaskan Kesbang Linmas memiliki peran penting dalam menyusun kebijakan teknis dan kebijakan daerah di bidang kesatuan bangsa, politik dan perlindungan masyarakat. |Cucuk Armanto|

back to top