Menu
Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi| Gunung Merapi...

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran Persediaan Beras, Gula, dan Minyak Goreng di Yogyakarta Aman.

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran …

Jogja-KoPi| Perum Bulog d...

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan Pokok di Jatim Dipastikan Aman

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan…

Surabaya-KoPi|Menjelang b...

Prev Next

Petahana Rektor UGM, Dwikorita dipastikan tidak maju

sumber foto Kompas Print sumber foto Kompas Print

YOGYAKARTA – Tiga Balon Rektor UGM dinyatakan lolos Seleksi di tingkat Senat Akademik (SA) kemarin sore, Rabu (5/4), dan Petahana Rektor UGM, Dwikorita tidak ada dalam list.

Ketiga calon Rektor yang dinyatakan lolos masuk tiga besar Balon Rektor UGM adalah Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., Dr. Erwan Agus Purwanto. Rencananya, ketiga Calon Rektor ini akan mengikuti proses seleksi di tingkat Majelis Wali Amanat (MWA) pada hari Senin (17/4).

Ketua Senat Akademik UGM Prof. Dr.dr. Hardyanto Soebono Sp.KK(K)., mengatakan nama ketiga calon rektor yang lolos seleksi di SA diajukan ke MWA untuk segera dipilih.

“Suratnya sudah saya tandatangani kemarin sore,” kata Hardyanto, Kamis (6/4).

Hardyanto menerangkan bahwa proses seleksi di tingkat SA berjalan dengan langcar. Menurutnya para anggota Senat Akdemik nampaknya kesulitan untuk memilih Calon Rektor yang dianggap terbaik dikarenakan hampir semua delapan calon rektor menyampaikan program kerja dengan bagus. 

“Mereka para balon rektor menguasai semuanya, namun memang yang mendapat poin paling tinggi yang dinyatakan lolos seleksi,” ujarnya.

Sedikit berbeda dengan pemilihan Rektor sebelumnya yang menggunakan mekanisme one man, one vote, dalam proses seleksi Rektor UGM di tingkat SA, anggota SA memberikan penilaian terhadap lima kriteria lewat kertas yang sudah disediakan oleh panitia. 

Kriteria yang dinilia tersebut yakni kemampuan kepemimpinan, integritas, dan penguasan nilai-nilai ke-UGM-an serta program pengembangan.

Sebelum ke proses penilaian, sebanyak delapan bakal calon rektor menyampiakan program kerja mereka selama 10 menit, lalu diikuti sesi tanyajawab selama 15 menit yang dihadapan tim panelis terdiri Mantan rektor UGM Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D., Ketua MGB Ketua  Dewan Guru Besar (DGB) UGM, Prof. Dr. Ir. Putu Sudira, M.Sc., ketua Senat Akdemik Ketua Panitia Kerja Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM, Prof. Indarto selaku sekretaris Prof. Dr.dr. Hardyanto Soebono Sp.KK(K). Ketua Senat Akademik UGM Prof. Dr.dr. Hardyanto Soebono Sp.KK(K).

Usai delapan balon Rektor menyampaikan presentasi dan tanjawab lalu para anggota Senat Akademik memberikan penilaian. Dari nilai yang diberikan oleh 114 Anggota SA tersebut lalu diakumulasi untuk mendapatkan tiga orang calon rektor yang mendapatkan nilai atau skor paling tinggi.

Setelah dilakukan penjumlahan, terdapat tiga orang calon Rektor yang mendapay poin tertinggi yakni Prof Panut Mulyono mendapat nilai 47.521, Prof Ali Agus mendapat nilai 47.451 dan Dr. Erwan Agus Purwanto mendapat nilai 46.851.

Ketiga calon Rektor yang mendapat nilai poin paling tinggi menurut Hardyanto semunya adalah Dekan yang saat ini tengah bahkan ketiganya adalah Dekan yang menjabat dua priode berturut-turut. Seperti diketahui Prof Panut adalah Dekan Fakultas Teknik, Prof Ali Agus adalah ekan Peternakan dan Dr Erwan adalah Dekan Fisipol.  

Sementara Ketua Panitia Kerja Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM, Prof. Indarto, DEA, mengatakan ketiga calon Rektor hasil seleksi SA ini akan mengikuti proses seleksi di tingkat MWA untuk dipilih satu orang yang nantinya ditetapkan sebagai Rektor UGM terpilih.

Untuk mensukseskan proses pemilihan di tingkat MWA, pihaknya telah menyiapkan berbagai keperluan logistik seperti tersedianya surat suara, video presentasi, layar dan siarkan lewat video streaming.

Rencannaya sebanyak 19 Anggota MWA, kecuali Rektor yang tengah menjabat,  akan menggunakan hak suaranya. Dalam pemilihan Rektor UGM , Menteri memiliki hak suara 35 persen.

“Semoga di hari itu, UGM sudah punya Rektor baru,” pungkasnya.(Humas UGM/Gusti Grehenson)

back to top