Menu
Korban Montara: Cukup Sudah 9 Tahun Menderita

Korban Montara: Cukup Sudah 9 Tahun…

Kupang-KoPi| Rakyat kor...

Tulisan “Diplomasi Panda” Hantarkan Mahasiswa HI UMY ke Tiongkok

Tulisan “Diplomasi Panda” Hantarkan…

Bantul-KoPi| Nur Indah ...

Cegah Depresi Dengan Gaya Hidup Sehat

Cegah Depresi Dengan Gaya Hidup Seh…

Jogja-KoPi| Depresu bis...

Mahasiwsa UGM Beri Pelatihan Bahasa Untuk Anak Desa Gamplong

Mahasiwsa UGM Beri Pelatihan Bahasa…

Jogja-KoPi| Unit Kegiat...

Gubernur Jatim Harapkan Lebih Banyak Investasi India di Jatim

Gubernur Jatim Harapkan Lebih Banya…

New Delhi-KoPi| Gubernu...

Bakti Sosial KBBM Bersih Sungai Kota Magelang

Bakti Sosial KBBM Bersih Sungai Kot…

Magelang-KoPi| Menyambu...

Sila Kelima Pancasila Masih Menjadi Dilema

Sila Kelima Pancasila Masih Menjadi…

Bantul-KoPi| Kemerdekaa...

GUBERNUR,DPRD DAN RAKYAT NTT MINTA KOMPENSASI BUKAN CSR

GUBERNUR,DPRD DAN RAKYAT NTT MINTA …

Kupang-KoPi| Gubernur N...

Mahasiswa Teknik Industri UAJY Gelar Workshop dan Pelatihan Make Up

Mahasiswa Teknik Industri UAJY Gela…

Jogja-KoPi| Mempunyai w...

Mantan CEO Schlumberger Beri Wawasan Bisnis Pada Calon Startup UGM

Mantan CEO Schlumberger Beri Wawasa…

Jogja-KoPi| Mantan CEO ...

Prev Next

Pascasarjana UAJY Gelar Kuliah Umum Media dan Isu Keberagamaan

uajy2

Sleman-KoPi| Perkembangan zaman sangatlah pesat, berbagai teknologi diciptakan manusia untuk mempermudah pekerjaan dan aktivitas manusia.

Perkembangan teknologi membuat manusia lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan atau memberikan informasi. Akan tetapi, informasi-informasi tersebut belum tentu semuanya benar.

Beberapa informasi atau berita yang tidak benar dibuat untuk kepentingan golongan atau pribadi. Informasi yang tidak benar tersebut misalnya mengenai keberagamaan dan politik.

Oleh sebab itu, Magister Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta mengadakan Kuliah Umum Media dan Isu Keberagamaan di Ranah Nasional dan Global pada 9 Februari 2018. Acara yang diselenggarakan di Ruang III/3, Program Pascasarjana, Gedung Bonaventura, Kampus 3 Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini diikuti oleh kurang lebih 85 peserta baik itu mahasiswa atau masyarakat umum.

Pembicara yang turut hadir dalam acara ini yaitu Trias Kuncahyono atau yang kerap disapa Trias yang merupakan Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas.

“Kuliah umum ini diadakan karena isu-isu media sangat penting untuk dipahami oleh masyarakat. Dengan kuliah umum ini, kita juga mengajak masyarakat untuk mengkritisi isu tersebut,” jelas Lukas S. Ispandriarno selaku Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi UAJY.

Fenomena yang terjadi saat ini adalah banjir informasi. Siapa saja dapat memberikan informasi sehingga banyak sekali informasi yang beredar. Hal ini disebabkan karena kemudahan dalam menyebar berita. Media sosial merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam penyebaran informasi.

Melalui media sosial semua orang dapat memberikan informasi baik itu benar atau tidak benar karena media sosial tidak memiliki sensor untuk berita yang disebarkan atau ditulis.

“Berita yang dibuat oleh perorangan dan hanya melalui media sosial dapat dikatakan produk pribadi sedangkan berita yang dibuat oleh suatu perusahaan merupakan produk pabrikan. Tentunya kedua produk tersebut berbeda. Produk pabrikan sebelum beredar ke masyarakat harus melalui banyak tahap,” jelas Trias.

Keberagamaan merupakan topik yang sering diangkat menjadi berita. Indonesia memiliki masyarakat yang plural karena di Indonesia tidak hanya terdapat satu agama. Hal tersebut sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk memecah belah negara.

“Media harus bersikap adil, tidak hanya memihak satu pihak saja,” kata Trias.

back to top