Menu
Fatma Saifullah Yusuf Raih Penghargaan Certified Public Speaker Kehormatan

Fatma Saifullah Yusuf Raih Pengharg…

Surabaya-KoPi| Istri Waki...

Dari yang tersimpan

Dari yang tersimpan

Catatan Ugo Untoro atas P...

Petugas pingsan, Gus Ipul ikut panik

Petugas pingsan, Gus Ipul ikut pani…

Tuban-KoPi| Wakil Gubernu...

Muhammadiyah mendukung proses penegakkan hukum terhadap Setya Novanto

Muhammadiyah mendukung proses peneg…

Jogja-KoPi|Ketua umum PP ...

Peneliti : Mayoritas usaha persusuan dikelola secara tradisional

Peneliti : Mayoritas usaha persusua…

Jogja-KoPi| Peneliti Bida...

Gus Ipul : Industri pariwisata memerlukan infrastruktur yang memadai

Gus Ipul : Industri pariwisata meme…

Surabaya-KoPi| Pembanguna...

Alumni UAJY Raih Piala Citra FFI 2017

Alumni UAJY Raih Piala Citra FFI 20…

Jogja-KoPi| Bayu Prihanto...

Australia kabulkan gugatan Petani Rumput Laut

Australia kabulkan gugatan Petani R…

Kupang-KoPi|Pengadilan Fe...

Sektor pekerja informal tantangan terbesar target BPJS Kesehatan di 2019

Sektor pekerja informal tantangan t…

Jogja-KoPi|Pakar Jaminan ...

Prev Next

Panglima TNI Wisuda 716 Parjurit Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Dua Taruna Akpol

Panglima TNI Wisuda 716 Parjurit Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Dua Taruna Akpol

Akademi Militer - Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, mewisuda jurit 716 prajurit - bhayangkara taruna, di Stadion Sapta Marga, Kampus Akademi Militer, Magelang, JawaTengah, Upacara wisuda itu secara tradisi dinamakan Wisuda Prajurit (Wisudhajurit) menandai akhir masa pendidikan dasar terintegrasi kemitraan Akademi TNI dan Akademi Kepolisian tahun akademik 2017. Kamis (02/11).

Tahap integrasi itu dinamakan tahap Chandradimuka yang dijalani selama setahun bagi taruna, kadet, dan karbol Akademi Milter, Akademi TNI AL, dan Akademi TNI AU. Sedangkan bagi taruna Akademi Kepolisian, mereka hanya tiga bulan bersama-sama dengan rekan-rekannya dari ketiga matra TNI itu; dan kembali lagi bergabung di ujung tahun pertama tahap Chandradimuka itu.

Prajurit taruna dan bhayangkara taruna yang mengikuti Wisuda Jurit itu terdiri atas 716 taruna yang terdiri dari 230 Taruna Angkatan Darat , 105 Taruna Angkatan Laut, 100 Taruna Angkatan Udara dan 281 Taruna Kepolisian. Lama Pendidikan tiga bulan (12 minggu) yang dimulai dari 8 Agustus - 1 November 2017.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, pendidikan dasar integrasi kemitraan Akademi TNI dan Akademi Kepolisian untuk membentuk para prajurit TNI dan bhayangkara kepolisian secara bersama-sama membangun semangat integrasi.

Selain itu, katanya pendidikan dasar integrasi kemitraan Akademi TNI dan Akademi Kepolisian agar para taruna Akademi TNI maupun Akademi Kepolisian memiliki pengetahuan dan keterampilan profesi keprajuritan serta kesamaptaan jasamani untuk dapat mengikuti latihan dasar lanjutan di akademi angkatan dan akademi kepolisian.

Menurut dia pendidikan dasar integrasi kemitraan bersama diberikan agar para taruna dan taruni dari ketiga angkatan dan kepolisian mempunyai sikap dan perilaku keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian merupakan pemuda/pemudi pilihan yang disiapkan menjadi calon pimpinan TNI dan Kepolisian Indonesia pada masa depan.

"Agar mampu mengemban tugas negara, taruna harus ditempa dalam berbagai tahapan, ditempa lalu pematangan kepemimpinan secara bertahap dan berkelanjutan, untuk mencapai cita-cita tersebut, para prajurit taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian dituntut dapat mewujudkan semangat kebersamaan dan membangun soliditas antara TNI dan Polri " jelas Panglima .

Pada kesempatan itu Panglima TNI menyematkan pangkat Prajurit Taruna dan Bhayangkara dua taruna kepada ke-empat lulusan terbaik dari taruna TNI dan Polri.

Taruna Akademi TNI Putra atas nama Aji Luqman Widodo No AK. 2017.072 Matra Darat, Putri atas nama Grace Ersi Rooman S. No AK. 2017.215. Matra Darat.

Taruna Akademi Kepolisian Putra atas nama Hegar Gagagh Anantaka. No AK. 2017.589. Putri atas nama Verren Vinayaka Deva No AK. 20178.686.

Selanjut nya 435 prajurit taruna selama sembilan bulan ke depan masih menjalani pendidikan lanjutan di Resimen Chandradimuka Akademi TNI - Magelang, sedangkan 281 bhayangkara dua taruna meneruskan pendidikan lanjutan di Akademi Kepolisian di Semarang.

Tururt hadir pada acara Wisudha Prajurit Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Taruna Kepolisian adalah Para Kepala Staf Angktan (Kasad, Kasal dan Kasau) Kalemdiklat Polisi dan para Gubernur Akademi serta Gubernur Akpol.

back to top