Menu
Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Pakar UGM Ajak Masyarakat Memanen Air Hujan

Pakar UGM Ajak Masyarakat Memanen A…

Jogja-KoPi| Pakar Hidrolo...

BKP: Indonesia Fokus Pada Peningkatan Kompetitifitas Produk Agrikultur

BKP: Indonesia Fokus Pada Peningkat…

Bantul-KoPI|Pada tahun 20...

UNIVERSITAS MENYAMBUT R.I KEEMPAT

UNIVERSITAS MENYAMBUT R.I KEEMPAT

Oleh Moh. Mudzakkir(Dosen...

Pakde Karwo : 2/3 Perguruan Tinggi Swasta Sumbangkan Kaum Intelektual di Jatim

Pakde Karwo : 2/3 Perguruan Tinggi …

Surabaya-KoPi| Sebanyak 2...

Pengungsi Korban Gempa di Gumantar Banyak Terserang Ispa

Pengungsi Korban Gempa di Gumantar …

Lombok-KoPi| Sebanyak 30 ...

Prev Next

MTCC UMY terus gerakkan kesadaran masyarakat akan bahaya rokok

MTCC UMY terus gerakkan kesadaran masyarakat akan bahaya rokok

Bantul-KoPi| Upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya merokok, terus digalakkan oleh Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Salah satu cara yang dilakukan MTCC adalah dengan melukis mural berisi pesan anti rokok diatas atap rumah warga Kali Code.

Bertepatan dengan hari kanker sedunia, pada Sabtu (04/02) di kawasan Kali Code, MTCC bekerja sama dengan warga Kalicode, seniman mural dan beberapa mahasiswi dari University Technology of Sidney, mengadakan kegiatan "Tunjukkan Warna Aslimu".

Salah satu rangkaian kegiatannya adalah peluncuran lukisan mural pada atap rumah warga kawasan Kalicode. Agenda ini merupakan bagian dari kampanye Suara Tanpa Rokok untuk terus mengurangi jumlah perokok.

Dianita Sugiyo, S.Kep, Ns.MHID, selaku wakil Ketua MTCC UMY, mengungkapkan bahwa sebelumnya atap rumah warga kawasan Kali Code ini digunakan sebagai iklan rokok oleh industri rokok, dengan mengecat atap warga sewarna dengan brand color mereka, merah-kuning-biru-hitam.

"Wilayah Code dijadikan sebagai sasaran iklan rokok karena wilayah jembatan ini dinilai sebagai titik kumpul anak-anak muda. Sehingga iklan rokok yang eye catching akan terlihat menarik bagi para pemuda. Oleh karenanya kami menggagas kegiatan ini dengan menampilkan mural yang memiliki pesan bahaya rokok," jelas Dianita.

Selain peluncuran mural, rangkaian kegiatan di wilayah Kali Code disebutkan Dianita antara lain pendidikan kesehatan kepada warga tentang bahaya rokok dan Community Empowerment melalui video making yang dipertontonkan kepada warga Kali Code pada Sabtu malam.

"Kami bersyukur warga juga merespon dengan baik atas kegiatan MTCC ini. Harapan kami agenda yang bertepatan dengan hari kanker sedunia ini akan menjadi memorable event bagi masyarakat, dan dapat memberikan dampak berupa meluasnya kesadaran masyarakat akan bahaya merokok," terang Dianita.

Hasil karya mural dapat dinikmati oleh masyarakat dari atas jembatan Kali Code di kawasan jalan Sudirman Yogyakarta. Mural tersebut, ditambahkan Dianita, menggunakan cat yang memiliki efek bersinar, sehingga dapat dilihat dengan jelas meski di malam hari.

"Selain cat yang memiliki efek bersinar di malam hari, di sekeliling mural juga diberi pencahayaan lampu ultraviolet sehingga lebih mempercantik hasil mural," tutup Dianita. |Deansa|

back to top