Menu
Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Gerakan Filantropi Islam Sebagai Deradikalisasi

Gerakan Filantropi Islam Sebagai De…

Sleman-KoPi| Dewasa ini, ...

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adalah Persatuan dan Kesatuan

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adala…

Jatim-KoPi| Salah satu ku...

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehakiman Masih Berpusat Pada Institusi Bukan Hakim Secara Personal

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehak…

Sleman-KoPi|Kemerdekaan k...

Prev Next

MTCC UMY terus gerakkan kesadaran masyarakat akan bahaya rokok

MTCC UMY terus gerakkan kesadaran masyarakat akan bahaya rokok

Bantul-KoPi| Upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya merokok, terus digalakkan oleh Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Salah satu cara yang dilakukan MTCC adalah dengan melukis mural berisi pesan anti rokok diatas atap rumah warga Kali Code.

Bertepatan dengan hari kanker sedunia, pada Sabtu (04/02) di kawasan Kali Code, MTCC bekerja sama dengan warga Kalicode, seniman mural dan beberapa mahasiswi dari University Technology of Sidney, mengadakan kegiatan "Tunjukkan Warna Aslimu".

Salah satu rangkaian kegiatannya adalah peluncuran lukisan mural pada atap rumah warga kawasan Kalicode. Agenda ini merupakan bagian dari kampanye Suara Tanpa Rokok untuk terus mengurangi jumlah perokok.

Dianita Sugiyo, S.Kep, Ns.MHID, selaku wakil Ketua MTCC UMY, mengungkapkan bahwa sebelumnya atap rumah warga kawasan Kali Code ini digunakan sebagai iklan rokok oleh industri rokok, dengan mengecat atap warga sewarna dengan brand color mereka, merah-kuning-biru-hitam.

"Wilayah Code dijadikan sebagai sasaran iklan rokok karena wilayah jembatan ini dinilai sebagai titik kumpul anak-anak muda. Sehingga iklan rokok yang eye catching akan terlihat menarik bagi para pemuda. Oleh karenanya kami menggagas kegiatan ini dengan menampilkan mural yang memiliki pesan bahaya rokok," jelas Dianita.

Selain peluncuran mural, rangkaian kegiatan di wilayah Kali Code disebutkan Dianita antara lain pendidikan kesehatan kepada warga tentang bahaya rokok dan Community Empowerment melalui video making yang dipertontonkan kepada warga Kali Code pada Sabtu malam.

"Kami bersyukur warga juga merespon dengan baik atas kegiatan MTCC ini. Harapan kami agenda yang bertepatan dengan hari kanker sedunia ini akan menjadi memorable event bagi masyarakat, dan dapat memberikan dampak berupa meluasnya kesadaran masyarakat akan bahaya merokok," terang Dianita.

Hasil karya mural dapat dinikmati oleh masyarakat dari atas jembatan Kali Code di kawasan jalan Sudirman Yogyakarta. Mural tersebut, ditambahkan Dianita, menggunakan cat yang memiliki efek bersinar, sehingga dapat dilihat dengan jelas meski di malam hari.

"Selain cat yang memiliki efek bersinar di malam hari, di sekeliling mural juga diberi pencahayaan lampu ultraviolet sehingga lebih mempercantik hasil mural," tutup Dianita. |Deansa|

back to top