Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Mahasiswa UGM paling berprestasi di Indonesia

Mahasiswa UGM paling berprestasi di Indonesia
Sleman-KoPi|Mahasiswa Fakultas Hukum (FH)UGM,Wycent Halim berhasil menggaet gelar juara 1 dalam kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) nasional  2017 yang digelar oleh Kemenristekdikti.
 
Ajang ini sendiri ini diikuti 26 finalis yang terbagi menjadi dua kategori yaitu program sarjana( 17 mahasiswa)dan program diploma ( 9 mahasiswa) dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kompetisi sendiri digelar di Surabaya selama 3 hari dari tanggal 10 hingga 13 Juli 2017.
 
Wyncent pun meraih gelar juara 1 setelah maju ke babak final dengan melalui 4 tahap seleksi berupa presentasi karya ilmiah,penilaian pidato bahasa inggris,wawancara  dan protofolio karya unggulan ,serta psikotes. 
 
Ia pun menyampaikan karya tulis yang ia ajukan berdasarkan isu terkini yaitu polemik taksi di Indonesia. 
 
"Karya tulis yang saya ajukan pada kompetisi ini berjudul Pengaturan Sharing Economy dalam bentuk Taksi Daring di Indonesia,"katanya saat jumpa pers di FORTAKGAMA UGM,Jumat (14/7)
 
Wycent mengungkapkan berbagai persiapan ia lakukan bersama FH UGM selama tiga tahun terakhir dari semester 1 tahun 2014 hingga semester 6 tahun 2017 untuk mengikuti ajang Pilmapres ini. Beberapa langkahnya adalah mengisi portofolionya dengan rajin mengikuti kompetisi tingkat nasional dan internasional. 
 
Berkaitan dengan pilmapres,ajang ini tidak hanya menekankan point penilaian pada nilai akademik mahasiswa namun juga partisipasi dan kegiatan pengembangan mahasiswa selama proses studinya.
 
Perwakilan Dekanat FH UGM ,Richo Andi Wibowo menuturkan bahwa kesuksesan Wycent dikawal oleh beberapa dosen FH UGM. Ia pun mengkonfirmasi bahwa dekanat sudah mengasuh mahasiswa seperti Wycent sejak masuk kedalam FH  UGM dari semester satu.
 
Sementara itu, Direktur kemahasiswaan UGM, Dr. Drs.Senawi menyampaikan bahwa ini pertama kalinya UGM berhasil meraih prestasi di ajang Pilmapres Kemenristekdikti. 
 
Ia mengimbuhkan kemahasiswaan UGM sendiri akan terus mendukung agenda dan kompetisi semacam ini untuk membuktikan bahwa mahasiswa UGM bukan sekedar pintar di akademik namun juga cerdas dan aktif diluar kegiatan perkuliahan. 
 
"Kompetisi ini membuktikan bahwa mahasiswa UGM bukan sekedar mahasiswa pintar 'kupu-kupu' (kuliah pulang,kuliah pulang) namun aktif juga dikegiatan ekskul.Direktorat kemahasiswaan sendiri akan terus mendukung kegiatan mahasiswa semacam ini,"tuturnya
 
Senawi memaparkan,selanjutnya  UGM akan terus mendata prestasi-prestasi yang ditorehkan mahasiswanya setelah gelaran ini. Salah satunya adalah dengan membuat rekam jejak dari mahasiswa UGM. 
 
"Tujuannya agar kami dapat mendeteksi mahasiswa yang menorehkan prestasi seperti Wyncent agar mereka mendapat dukungan dan pengawalan penuh dari Kemahasiswaan dengan harapan semoga sukses seperti Wyncent,"pungkasnya.|Syaiful Ardli
back to top