Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Mahasiswa UAJY pamerkan hasil pelaksanan KKN di Saptosari

Mahasiswa UAJY pamerkan hasil pelaksanan KKN di Saptosari

Pameran hasil pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke-70 Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dilaksanakan di Lapangan Ngloro, Saptosari, Gunungkidul pada Sabtu (21/1). Seluruh hasil dari pengelolaan potensi lokal di Saptosari, dipamerkan dalam acara ini sebagai hasil dari pelaksanaan KKN.

Di Saptosari, kegiatan KKN dilaksanakan di tujuh desa yang terdiri dari 60 Pedukuhan. Desa yang dijadikan lokasi KKN antara lain Kepek, Jetis, Monggol, Krambil Sawit, Kanigoro, Ngloro, dan Planjan. Jumlah mahasiswa peserta KKN tercatat sebanyak 677 orang, dan keseluruhnya berpartisipasi dalam kegiatan pameran.

Pameran sebagai kegiatan penutupan pelaksanaan KKN, menampilkan seluruh hasil dari berbagai program kerja yang telah dilaksanakan. Dikatakan oleh ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Dr. I Putu S. Sanjaya, SE., M.Si., Ak.CA.

“Program yang dilakukan antara lain program unggulan seperti pembuatan peta monografi dan peta potensi, program dari disiplin ilmu masing-masing disiplin ilmu”. Selain program unggulan, terdapat program lain seperti pemanfaatan limbah, lingkungan hidup, serta program kreativitas mahasiswa.

Pada kegiatan Pameran, hadir pula Jatmiko Sutopo sebagai perwakilan Bupati Gunung Kidul. Jatmiko Sutopo membacakan sambutan dari Bupati Gunung Kidul. Dalam sambutannya, dikatakan bahwa program KKN mampu membawa perubahan dari masyarakat.

“Dengan adanya program KKN, diharapkan dapat mewujudkan harapan masyarakat untuk mampu mengembangkan potensinya yang berdaya sosial ekonomi tinggi”, jelasnya.

Hasil dari kegiatan KKN yang dipamerkan antara lain pengolahan potensi lokal hasil pertanian menjadi berbagai olahan pangan, maupun kerajinan. Potensi lokal yang diangkat antara lain singkong, kacang, dan jagung. Selain itu juga dipamerkan peta dari masing-masing pedukuhan, serta berbagai inovasi teknologi yang dibawa dari peserta KKN.

Pentas seni juga menjadi rangkaian pelaksanaan pameran. Pertunjukan tari dan musik ditampilkan sebagai hasil karya dalam pelaksanaan KKN. Pelaksanaan ini tidak hanya melibatkan kreativitas mahasiswa, tetapi juga mengajak partisipasi masyarakat berupa beragam kearifan lokal yang dimiliki. Masyarakat juga berpartisipasi sebagai pengisi acara dengan menampilkan tarian tradisional serta menjadi pengisi acara dalam pameran.

back to top