Menu
Gunung Merapi Berpeluang Alami Letusan Efusif Yang Aman.

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letu…

Jogja-KoPi| Kepala Balai ...

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di Proses Magmatisnya.

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di…

Jogja-KoPi| Balai Penyeli...

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Gerakan Filantropi Islam Sebagai Deradikalisasi

Gerakan Filantropi Islam Sebagai De…

Sleman-KoPi| Dewasa ini, ...

Prev Next

Mahasiswa UAJY pamerkan hasil pelaksanan KKN di Saptosari

Mahasiswa UAJY pamerkan hasil pelaksanan KKN di Saptosari

Pameran hasil pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke-70 Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dilaksanakan di Lapangan Ngloro, Saptosari, Gunungkidul pada Sabtu (21/1). Seluruh hasil dari pengelolaan potensi lokal di Saptosari, dipamerkan dalam acara ini sebagai hasil dari pelaksanaan KKN.

Di Saptosari, kegiatan KKN dilaksanakan di tujuh desa yang terdiri dari 60 Pedukuhan. Desa yang dijadikan lokasi KKN antara lain Kepek, Jetis, Monggol, Krambil Sawit, Kanigoro, Ngloro, dan Planjan. Jumlah mahasiswa peserta KKN tercatat sebanyak 677 orang, dan keseluruhnya berpartisipasi dalam kegiatan pameran.

Pameran sebagai kegiatan penutupan pelaksanaan KKN, menampilkan seluruh hasil dari berbagai program kerja yang telah dilaksanakan. Dikatakan oleh ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Dr. I Putu S. Sanjaya, SE., M.Si., Ak.CA.

“Program yang dilakukan antara lain program unggulan seperti pembuatan peta monografi dan peta potensi, program dari disiplin ilmu masing-masing disiplin ilmu”. Selain program unggulan, terdapat program lain seperti pemanfaatan limbah, lingkungan hidup, serta program kreativitas mahasiswa.

Pada kegiatan Pameran, hadir pula Jatmiko Sutopo sebagai perwakilan Bupati Gunung Kidul. Jatmiko Sutopo membacakan sambutan dari Bupati Gunung Kidul. Dalam sambutannya, dikatakan bahwa program KKN mampu membawa perubahan dari masyarakat.

“Dengan adanya program KKN, diharapkan dapat mewujudkan harapan masyarakat untuk mampu mengembangkan potensinya yang berdaya sosial ekonomi tinggi”, jelasnya.

Hasil dari kegiatan KKN yang dipamerkan antara lain pengolahan potensi lokal hasil pertanian menjadi berbagai olahan pangan, maupun kerajinan. Potensi lokal yang diangkat antara lain singkong, kacang, dan jagung. Selain itu juga dipamerkan peta dari masing-masing pedukuhan, serta berbagai inovasi teknologi yang dibawa dari peserta KKN.

Pentas seni juga menjadi rangkaian pelaksanaan pameran. Pertunjukan tari dan musik ditampilkan sebagai hasil karya dalam pelaksanaan KKN. Pelaksanaan ini tidak hanya melibatkan kreativitas mahasiswa, tetapi juga mengajak partisipasi masyarakat berupa beragam kearifan lokal yang dimiliki. Masyarakat juga berpartisipasi sebagai pengisi acara dengan menampilkan tarian tradisional serta menjadi pengisi acara dalam pameran.

back to top